27.9 C
Jakarta
28 April 2024 - 00:50
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Rute Transjakarta ke Bandara, HERU BUDI Bilang Silahkan Sudah Siap Diujicoba Publik

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Setelah menjajal ujicoba penggunaannya Rabu (5/7/2023), Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyatakan kesiapannya bahwa rute baru Transjakarta dari Terminal Kalideres Jakarta Barat ke Bandara Soekaro-Hatta (Soetta) Tangerang Banten, sudah bisa dipergunakan oleh publik atau masyarakat luas.

Disebutkan dengan melewati jalan arteri, ujicoba tersebut hanya memakan waktu 43 menit. Sedangkan sebelumnya, ujicoba secara umum telah dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub)DKI Jakarta dengan rata-rata waktu tempuh 45 menit.

Heru Budi mengatakan bahwa rute baru Transjakarta dari dan menuju Kalideres-Bandara Soetta dibuka karena melihat mobilitas warga yang tinggi. Baik itu bagi pekerja di sekitar bandara maupun masyarakat yang akan menuju atau dari Bandara Soetta. Bahkan, diharapkan bisa jadi solusi mengurangi kemacetan lalulintas di Jakarta.

“Tentunya, tadi kita sudah dengar, rute ini merupakan rute strategis yang memang banyak masyarakat membutuhkan pelayanan transportasi. Bahkan, rute ini juga sudah kita analisa. Selama ujicoba nanti masyarakat yang menggunakan layanan ini bisa mengisi kuesioner yang sudah disiapkan di dalam bus,” tutur Heru Budi.

Sementara dalam pelaksanaan ujicoba, Transjakarta rute baru Kalideres-Bandara Soetta bakal melayani dua periode waktu jam sibuk, yakni pagi hari pukul 06.00-09.00 WIB dan malam hari pukul 18.00-21.00 WIB. Pihak PT Transjakarta bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyediakan sepuluh bus yang dapat mengangkut sekitar 2.500 penumpang.

Masih menurut Heru Budi, meski tahap awal pengoperasian baru ada dua periode waktu, kedepan pihaknya akan terus menyempurnakan layanan tersebut. “Kami dari PT Transjakarta dan Dinas Perhubungan, juga akan membenahi diri supaya bisa tetap melayani. Ini kan pasti akan tumbuh terus,” katanya, lagi.

Dalam ujicoba akan berlangsung selama dua pekan dengan tarif Rp 0. Selama dua pekan ini, PT Transjakarta dan Dinas Perhubungan DKI akan bersama-sama membahas tarif yang dihitung sesuai hasil survei dan analisa oleh lembaga independen.

Karena itu, Heru Budi tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada semua pihak yang telah membantu ujicoba layanan baru Transjakarta ini. “Kami pun bakal terus mohon dukungan sinergi kepada Kapolres Bandara, Dirut Angkasa Pura, Polda Metro Jaya dan Pangdam Jaya untuk bersama-sama melayani masyarakat dalam penyediaan transportasi publik,” imbuhnya.

Melalui kesempatan di acara yang sama, perwakilan penumpang penyandang disabilitas Maria Goretta menyambut baik layanan Transjakarta rute Kalideres – Bandara Soetta. Sebab, menurut dia, layanan tersebut akan sangat memberikan kemudahan bagi dirinya dan kawan-kawan penyandang disabilitas menuju bandara.

“Sudah pasti, manfaatnya bagi saya sebagai penyandang disabilitas, sungguh luar biasa. Sangat membantu untuk saya dan teman-teman. Jadi, jangan biarkan kami hanya cuma dikasihani. Tapi lebih kepada bagaimana dibantu untuk lebih mandiri,” katanya.

Ditambahkan Maria bahwa dirinya hampir setiap saat biasa menggunakan pesawat ke luar kota atau ke luar negeri pun jadi lebih nyaman. “Tidak perlu menggunakan transportasi yang mahal. Sebab, sekarang sudah ada Transjakarta yang jauh lebih efisien dan biayanya murah,” pungkas Maria dengan wajah sumringah. ® [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Di Glodok Jakbar, JELANG IMLEK Pedagang Pernak-Pernik Kebanjiran Pembeli

Redaksi Posberitakota

Berdasarkan Data Dinas Lingkungan Hidup, KOTA TANGERANG Sudah Bersihkan ‘Produksi’ 278 Ton Sampah Akibat Banjir

Redaksi Posberitakota

Bikin Kecewa, PELAYANAN GANGGUAN 24 JAM PLN Rayon Babelan Bekasi Lamban Merespon

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang