PosBeritaKota.com
Megapolitan

Tampilkan Jakarta Berbagai Perspektif, DINAS KOMINFOTIK DKI Sukses Gelar Lomba Fotografi ‘CoJ’ 2023

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Lomba fotografi ‘Color of Jakarta‘ (CoJ) 2023 yang menampilkan Jakarta dari berbagai perspektif, sukses digelar Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta, Kamis (27/7/2023). Sedangkan ajang tersebut mengangkat tema ‘Karya untuk Jakarta’ yang diikuti sebanyak 3.115 karya foto dari 640 peserta.

Dalam kesempatan menyerahkan hadiah kepada para pemenang yang telah dikurasi tim juri profesional, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono, memberikan apresiasi kepada seluruh peserta CoJ 2023. Bahkan peraih gelar juara dari empat nominasi untuk mengikuti Upacara Penurunan Bendera 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Tak hanya itu saja bentuk apresiasi yang diberikan. Karya mereka juga akan ditampilkan dalam salah satu acara penting bertaraf internasional. “Jadi, nanti karya mereka akan ditampilkan di Meeting of Mayors and Governors of ASEAN Capital 2023 (MGMAC 2023),” janji Heru Budi dalam acara Awarding CoJ 2023 di Balai Agung, Balaikota Jakarta.

Menurutnya setelah melihat begitu besar antusiasme warga Jakarta berpartisipasi dalam CoJ 2023, merasa senang dan bangga. Karenanya, ia juga mengajak seluruh pihak untuk terus berkarya dan mengasah kreativitas dengan terus menghasilkan karya foto yang luar biasa untuk membingkai Jakarta.

“Di ajang lomba ini ada sebanyak 3.115 karya foto yang terkumpul dari para peserta menjadi wujud kepedulian dan kecintaan warga terhadap kotanya. Karya Anda untuk Jakarta akan jadi karya untuk Nusantara,” ucapnya, lagi.

Di sisi lain, Heru Budi juga turut mengapresiasi panitia dan dewan juri yang berhasil menyelenggarakan acara ini. Sebagai harapannua agar ajang tersebut dapat menjadi tolok ukur dan referensi para fotografer dalam menghasilkan karya foto yang berkualitas. Bukan hanya dari segi visual, tapi juga dari seberapa berdampak pesan yang disampaikan oleh foto tersebut.

Sementara itu (Plt) Kepala Dinas Kominfotik DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menuturkan bahwa kegiatan tersebut dibangun dengan semangat kemitraan untuk dapat menghasilkan karya-karya terbaik bagi Jakarta.

“Tentu sebagai rangkaian lomba, Dinas Kominfotik juga menyelenggarakan kegiatan photo hunting dan workshop. Terkumpul sebanyak 455 karya foto kategori Jakarta Landscape, 557 karya foto kategori Public Space, 491 karya foto kategori Human in Jakarta dan 1.612 karya foto kategori Photo Series,” papar Sigit.

Dalam sesi penjurian, Dinas Kominfotik DKI Jakarta melibatkan tiga orang dewan juri profesional yaitu Arbain Rambey (Pewarta Foto Indonesia), Barry Kusuma (Travel Fotografer dan Videografer), dan Yusie Meiti (Digital Creator @geonusantara).

“Makanya, terkait dengan momentum kegiatan pada hari ini, kami berharap dapat menjadi sarana kemitraan antara Pemprov DKI Jakarta dengan komunitas fotografi dan content creator baik secara langsung maupun melalui karya-karya fotografi,” tambah dia.

Ajang ‘Color of Jakarta 2023′ merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 Kota Jakarta. Lomba berlangsung pada 6 Juni-9 Juli 2023. Juara 1 mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 15.000.000, juara 2 senilai Rp 10.000.000 dan juara 3 senilai Rp 8.000.000. Berikut pemenang Color of Jakarta 2023 sebagai berikut:

  • Kategori Human in Jakarta
    Juara 1: Miftahul Hayat – Pekerja Gedung Jakarta
    Juara 2: Galuh Azhar Wicaksana – Gadis Kecil di Jendela Kereta
    Juara 3: Gunawan Rustandi – Berkebun di Bawah Tol
  • Kategori Public Space
    Juara 1: Ares Jonekson – Menikmati Kopi, Kota dan Senja
    Juara 2: Gerdie Hutomo Nurhadi – Asyik Berfoto di Halte Bundaran HI
    Juara 3: Indra Ardiaputra – Keindahan GBK Saat Dipadati Pecinta Girlband Asal Korea
  • Kategori Jakarta Landscape
    Juara 1: Gerdie Hutomo Nurhadi – Keindahan Halte Tosari
    Juara 2: Nofianto – Jakarta Panoramic
    Juara 3: Ari Wib © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Patut Diwaspadai, IBUKOTA JAKARTA Sangat Rawan Kena Bencana Longsor

Redaksi Posberitakota

Acara Gema Waisak 2562 BE, PULUHAN BIKKHU Jalan Tanpa Alas Kaki Sejauh 5 KM

Redaksi Posberitakota

Gedung Tinggi Segera Dirazia, DPE DKI Punya Alat Ukur Baru Sumur Artesis

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang