34.3 C
Jakarta
29 April 2024 - 12:49
PosBeritaKota.com
Daerah

Berdiri di Komplek Sport Center, SATPOL PP INDRAMAYU Tegas Bongkar Puluhan Bangunan Liar

INDRAMAYU (POSBERITAKOTA) – Puluhan bangunan lair (Bangli) yang berdiri di Jalan Olahraga, Komplek Sport Center Indramayu digusur (bongkar-red) Kamis (27/7/2023) kemarin oleh jajaran Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Dalam penertiban Bangli tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu melibatkan cukup banyak instansi terkait. Hal itu mengingat jumlah Bangli yang menjadi target penertiban lumayan banyak. Selain itu, beberapa bangunan di antaranya sudah berdiri cukup lama.

Upaya penertiban tak hanya dilakukan jajaran Satpol PP dan Damkar saja. Tapi juga melibatkan jajaran Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Kawasan Permukiman, Perumahan, dan Pertanahan (Diskimrum) juga Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indramayu.

Untuk bangunan liar yang ditertibkan aparat itu semula dipergunakan masyarakat sebagai tempat usaha atau berjualan. Ada lapak pedagang makanan dan minuman, perlengkapan rumah tangga, termasuk pakaian serta aksesoris lainnya.

Namun sebelum dilakukan penggusuran, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Indramayu mengeluarkan pemberitahuan. Intinya akan dilakukan penertiban terhadap sejumlah bangunan liar yang berdiri di Jalan Olahraga Kawasan Sport Center Indramayu. Karena itu mereka dihimbau agar pemilik bangunan membongkar sendiri bangunannya.

Seusai beri peringatan dan mengindakan, akhirnya selang beberapa waktu kemudian atau tepatnya pada Kamis (27/7/2023), jajaran Satpol PP dan Damkar dipimpin Kepala Satpol PP dan Damkar, Teguh Budiarso melakukan pembongkaran terhadap puluhan bangunan liar itu.

Meski begitu pasca melakukan pembongkaran Bangli di kawasan Sport Center Indramayu, DPUPR menyiapkan sejumlah lapak untuk ditempati para pedagang eks penertiban. Lokasinya masih berada di sekitar kawasan Sport Center atau tidak terlalu jauh dari lokasi penertiban.

Kepala DPUPR Kabupaten Indramayu, Asep Abdul Mukti yang dihubungi POSBERITAKOTA saat meninjau langsung pembersihan material eks Bangli di Sport Center, Kamis (27/7/2023) mengemukakan, penataan di lokasi eks Bangli akan segera dilakukan. Antara lain meliputi pembersihan sisa-sisa material, pelebaran jalan, dan juga penataan taman.

“Jadi, mulai Jumat ini, kita kirimkan alat berat untuk menata lokasi. Harapan kita bersama tentu agar kawasan Sport Center menjadi lebih indah,” ujar Asep.

Selain DPUPR, penataan juga tengah disiapkan Dinas Kawasan Permukiman, Perumahan dan Pertanahan (Diskimrum) Kabupaten Indramayu dengan menata dan normalisasi saluran di Jalan Olahraga atau Kawasan Sport Center tersebut.

“Sebab, pada tahun ini juga Diskimrum melakukan normalisasi saluran di sekitar Sport Center. Jadi kita ini sinergi dengan berbagai pihak, sehingga kawasan ini kalau hujan tidak banjir lagi,” pungkas Asep. © [RED/TARYANI /EDITOR : GOES]

Related posts

Saat di Pagelaran ‘Toba Lake Fashion Week’s, BATIK GEDONGAN INDRAMAYU Banyak Diminati Wisatawan

Redaksi Posberitakota

Tak Cuma Wakafkan Al-Qur’an, TEH CAMEL Gelar Dialog Bersama Tokoh Masyarakat & Warga Selajambe di Cianjur

Redaksi Posberitakota

Raih Dukungan Berbagai Pihak, GUS LILUR Berkomitmen Siap Dongkrak Suara NasDem di Situbondo

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang