27.5 C
Jakarta
28 April 2024 - 05:47
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Ada Ratusan Judul, DINAS PUSIP DKI JAKARTA Terima Koleksi Buku dari Keluarga Almarhum Ridwan Saidi

JAKARTA [POSBERITAKOTA] – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (PUSIP) DKI Jakarta menerima sebanyak ratusan buku dan koleksi milik almarhum budayawan Betawi, H. Ridwan Saidi. Sedangkan penyerahannya dilakukan oleh pihak keluarga dan diterima langsung Kepala Dinas (Kadis) Pusip H. Firmansyah, bertempat di Aula Pusat Dokumen Sastra (PDS) HB Jassin, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Jumat (11/8/2023).

“Tentunya, kami mengucapkan terima kasih atas keikhlasan dari pewaris, anak dan istri almarhum. Mudah-mudahan ini menjadi penambahan koleksi di Dinas Pusip DKI Jakarta sebagai sumber pengetahuan,” ucap H. Firmansyah.

Menurut mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD DKI Jakarta, almarhum Ridwan Saidi merupakan sosok multi dimensional. Bukan hanya dikenak sebagai budayawan Betawi. Tapi juga pernah menjadi politisi, aktivis dan sosial sehingga memiliki banyak buku bacaan.

H. Firmansyah menjelaskan bahwa Dinas Pusip DKI Jakarta saat ini, paling banyak menyimpan koleksi karya milik sastrawan kenamaan HB Jassin. Ada sekitar 170 ribu koleksi dalam bentuk kliping, buku dan naskah kuno berkaitan dengan sastra.

“Untuk ratusan koleksi karya sastra HB Jasin dirawat, diperbaiki dan sebagian besar telah didigitalisasikan untuk diwariskan kepada generasi mendatang,” ungkapnya, lagi.

Sementara itu putri pertama almarhum H. Ridwan Saidi, Syarifah Jihan Marina, mengungkapkan bahwa sebelumnya perwakilan perpustakaan PDS HB Jassin datang menemui pihak keluarga yang meminta pengelolaan buku dan koleksi milik budayawan Betawi, H. Ridwan Saidi untuk dilestarikan.

“Dari situ, setelah enam bulan almarhum berpulang, kami mulai mengumpulkan buku dan koleksi lainnya milik almarhum dan diserahkan pengelolaannya ke Dinas Pusip DKI Jakarta,” jelas dia.

Syarifah juga menambahkan bahwa pihak keluarga bersyukur telah datang ke Gedung Perpustakaan PDS HB Jassin serta ikhlas menyerahkan buku dan koleksi agar dilestarikan demi kebaikan amal jariyah almarhum Babeh Ridwan Saidi dan semoga bermanfaat bagi masyarakat.

“Bahkan, kami sudah melihat bagaimana proses karya sastra yang dilestarikan. Semoga buku dan koleksi Babeh (Ridwan Saidi -Red) ini bisa dilestarikan dan dinikmati banyak orang,” pungkasnya. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Gelar JakOne Beach Festival, BANK DKI Ikut Berperan Memeriahkan Jakarta E-Prix 2023 di Pantai Timur Ancol

Redaksi Posberitakota

Terlalu, DIDUGA ADA WARGA & OKNUM PEDAGANG Buang Sampah Sembarangan di Pintu Gerbang VGH Kebalen

Redaksi Posberitakota

Jadi Kado Terindah Tutup Tahun 2023, PEMPROV DKI Sabet 2 Penghargaan di Hari HAM se-Dunia ke-75

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang