27.1 C
Jakarta
20 June 2024 - 02:58
PosBeritaKota.com
Top News

Secara Aman, BDDC Beri Solusi Terbaik Kebutuhan untuk Penyimpanan Data

JAKARTA [POSBERITAKOTA] – Tak bisa dipungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi saat ini, diiringi dengan meningkatnya kebutuhan terhadap penyimpanan data. Sedangkan kebutuhan penyimpanan data itu sendiri mulai dari dunia kerja, baik yang dilakukan oleh instansi pemerintah maupun swasta hingga personal (pribadi-red).

Terkait hal di atas, bakal dijawab bersama kehadiran Bersama Digital Data Centres (BDDC). Dimana kehadirannya ternyata dapat memberikan solusi kebutuhan terhadap penyimpanan data secara aman.

Bahkan, BDDC pun menjadi fasilitas yang dirancang khusus untuk menyimpan dan mengelola data digital dalam jumlah besar dengan pertumbuhan internet, cloud computing dan teknologi baru, kebutuhan akan penyimpanan data, pemrosesan serta konektivitas yang lancar semakin meningkat.

Dikatakan Direktur Bisnis dan Komersil BDDC, A Yudha Permana, dibawah naungan Bersama Digital Infrastructure Asia Pte Ltd, BDDC lewat fasilitas khusus menyediakan pondasi untuk ekosistem digital kita, memastikan bahwa bisnis, individu, dan komunitas dapat berkembang di dunia data yang terus berevolusi.

“Sedangkan salah satu value utama dalam bisnis BDDC adalah interkonektivitas. Makanya, guna mendukung pertumbuhan bisnis bagi para pengguna layanan data center, BDDC dibangun di lokasi yang sangat strategis dan berada di pusat kota Jakarta. Yakni dengan interkonektivitas tinggi serta didukung standar operasional dan sistem keamanan kredensial yang ketat,” kata A Yudha Permana, melalui keterangan tertulisnya yang diterima POSBERITAKOTA, Rabu (16/8/2023).

Masih menurut keterangan Yudha bahwa sampai saat ini BDDC secara intens melakukan pembangunan data center di berbagai lokasi untuk menjawab kebutuhan yang semakin meningkat.

“Malah, kita melakukan pembangunan – pembangunan data center, baik di lokasi yang sekarang ini kita miliki hingga bisa mencapai lebih dari 60 MW ataupun juga di lokasi-lokasi baru yang kita lihat potensi pasarnya bagus,” papar dia, lagi.

Ditambahkan Yudha, terkait Data Center terdiri dari beberapa komponen penting. Pertama; Koneksi yang sangat penting untuk kinerjanya dengan memastikan konektivitas satu dengan lainnya yang andal dan cepat serta pilihan koneksi yang beragam, data dapat diakses dan dikirim dengan cepat dan mudah.

Kedua; Infrastruktur Fisik karena Data Center terdiri dari beberapa lapisan infrastruktur fisik. Lapisan pertama adalah gedung itu sendiri, yang dirancang untuk menahan berbagai faktor lingkungan dan memastikan keamanan peralatan penting. Gedung ini dilengkapi dengan sistem distribusi daya, sistem pendingin, dan sistem pemadam kebakaran untuk menjaga kondisi optimal untuk peralatan sensitif yang ada di dalamnya.

Ketiga; Sistem Daya dan Pendinginan yang bertujuan menjaga server agar tetap berjalan dengan lancar dan mencegah overheating, data center memerlukan sistem daya dan pendinginan yang andal. Sistem UPS (Uninterruptible Power Supply), pembangkit listrik cadangan, dan CRAH (computer room air handler) memastikan bahwa server menerima pasokan daya yang konstan dan stabil sambil mempertahankan suhu pengoperasian yang optimal.

Keempat; Keamanan yang artinya Data Center adalah benteng yang dijaga ketat, yang melindungi data berharga dari ancaman fisik dan digital. Tindakan keamanan termasuk kontrol akses, kamera pengintai, dan biometric authentication. Lapisan-lapisan perlindungan fisik ini memastikan kerahasiaan, integritas dan ketersediaan data yang disimpan.

Namun hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih Data Center, tentunya ada banyak sekali jenis Data Center yang ada di pasaran. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih data center:

Kelima; Ekosistem Interkonektivitas, Data Center memainkan peran penting dalam memastikan bahwa layanan dan aplikasi digital tersedia 24/7. Dari layanan aplikasi perbankan, komunikasi, streaming dan platform media sosial hingga situs e-commerce dan ke service berbasis cloud, data center adalah infrastruktur yang memungkinkan kita mengakses dan menggunakan layanan ini dengan lancar.

Keenam; Skala dan Fleksibilitas dimana kebutuhan digital terus berkembang dan data baru diterima setiap detik. Data center harus dapat dikembangkan untuk memperluas dan mengakomodasi pertumbuhan data dan pengguna yang terus meningkat. Baik itu memperluas kapasitas penyimpanan atau meningkatkan kemampuan pemrosesan, data center harus dapat dengan cepat beradaptasi dengan kebutuhan yang berubah, memastikan pengalaman pengguna yang lancar.

Selanjutnya ditambahkan bahwa Data Center menawarkan kemampuan redundansi dan pemulihan bencana, yang memungkinkan bisnis untuk terus beroperasi bahkan dalam menghadapi kejadian tak terduga. Hal ini dapat dilakukan dengan memastikan bahwa sistem daya dan pendinginan tersedia dan redundant, operator pusat data dapat melindungi data mereka dari kehilangan atau kerusakan jika terjadi pemadaman listrik atau kegagalan pendinginan.

“Unruk efisiensi dan kesinambungan menjadi pertimbangan yang semakin penting bagi Data Center. Banyak penyedia Data Center mengadopsi teknologi hemat energi, memanfaatkan sumber energi alternatif, dan menerapkan strategi pendinginan untuk meminimalkan jejak emisi karbon mereka. Komitmen ini terhadap keberlanjutan membantu mitigasi dampak lingkungan Data Center sambil berkontribusi pada masa depan yang lebih hijau,” ungkapnya, panjang lebar.

Data Center, dijelaskan Yudha lebih lanjut jelas merupakan fasilitas penting yang mendukung transformasi digital Indonesia melalui menyediakan penyimpanan data, pemrosesan, dan konektivitas yang andal, data center memungkinkan bisnis, individu, dan komunitas untuk berkembang di dunia data yang terus berevolusi.

BDDC merupakan salah satu data center yang dibangun di lokasi strategis di Jakarta yang menawarkan lingkungan yang aman, andal, dan memiliki skalabilitas untuk penyimpanan dan pemrosesan data,” ucapnya.

Pada bagian akhir, Yudha menjelaskan bahwa BDDC juga berkomitmen untuk melanjutkan dan telah menerapkan berbagai teknologi hemat energi untuk mengurangi dampak lingkungannya.

Hanya saja seiring dengan perkembangan teknologi, BDDC akan tetap berada di garis depan, memberdayakan inovasi dan mendorong transformasi digital masyarakat Indonesia. Sementara itu masih menurut Yudha, sampai saat ini transformasi digital membutuhkan berbagai layanan teknologi serta inovasi.

“Jadi, sekali lagi BDDC selalu terbuka untuk bekerjasama dengan penyedia teknologi di Indonesia maupun global untuk memberikan solusi terbaik dan menyeluruh bagi semua pelanggan kami,” tuturnya, mengakhiri keterangannya. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Datangi Lokasi di Kabupaten Tanah Datar & Agam, PANPEL MALAM SERIBU DOA PEDULI BENCANA RANAH MINANG Serahkan Bantuan Perantau

Redaksi Posberitakota

Dirilis Gratis di SiPena iPerpusnas, BENNY BENGKE Lahirkan Karya Gress ‘Jualan Ka’bah & Kisah-kisah yang Terserak’

Redaksi Posberitakota

Butuh Waktu 3 Tahun, METTY NOVIANTY Sulap Dirinya dari Mustahik Usaha Roti jadi Muzaki Berkat Binaan BAZNAS

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang