32.7 C
Jakarta
28 April 2024 - 14:06
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Gairahkan Minat Baca, DINAS PUSIP DKI Gelar ‘Festival Literasi Jakarta 2023’ di Taman Ismail Marzuki

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Guna menggairahkan minat baca di kalangan masyarakat luas, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Provinsi DKI Jakarta menggelar ‘Festival Literasi Jakarta 2023′ di Galeri Emiria Soenassa dan Galeri S. Sudjojono, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, 8-12 September 2023. Bazar buku hingga pameran kegiatan komunitas turut memeriahkan acara yang bertemakan ‘Mengasah Literasi Menjalin Relasi’.

Melalui kesempatan tersebut, Dinas Pusip DKI Jakarta juga mengukuhkan Mirdiyanti yang merupakan istri dari Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, yakni sebagai Bunda Literasi. Saat diminta memberi sambutan, Mirdiyanti menuturkan bahwa hadirnya teknologi dapat mendorong minat baca bagi masyarakat.

“Jadi dengan digitalisasi, orang jadi banyak minat baca. Saat ini bacaan tidak selalu berbentuk buku fisik, versi digitalnya juga sudah ada. Malah sejak dini harus kita biasakan anak-anak untuk membaca. Mulai dari PAUD sampai 8 tahun juga harus dibiasakan membaca, sehingga kebiasaan itu tumbuh seiring bertambahnya usia,” katanya, Jumat (8/9/2023). 

Mirdiyanti mengungkapkan bahwa sejak pandemi COVID-19, kehadiran teknologi harus disikapi dengan baik, termasuk sebagai medium untuk membaca. “Pada masa pandemi, mau tidak mau kita akrab dengan gadget dan teknologi. Bahkan kita bisa memanfaatkan teknologi itu sendiri untuk menambah minat baca,” ucapnya lagi menambahkan.

Sedangkan Kepala Dinas Pusip DKI Jakarta, Firmansyah, mengatakan bahwa ‘Festival Literasi Jakarta 2023‘, diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Literasi Internasional yang jatuh pada 8 September dan mendukung Jakarta sebagai City of Literature.

Kegiatan tersebut berisi berbagai rangkaian acara yang dikemas dalam satu wadah agar masyarakat dapat lebih mudah memperoleh informasi dan pengetahuan serta menghasilkan karya yang bermanfaat bagi bersama.

“Untuk penyelenggaraan Festival Literasi Jakarta 2023 untuk kedua kalinya ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap informasi pengetahuan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat. Selain itu, menyediakan bahan bacaan terjangkau bagi masyarakat, serta meningkatkan peran komunitas penggiat literasi dalam mengembangkan dan membudayakan kegemaran membaca,” jelas Firmansyah, lagi.

Ditambahkan bahwa ‘Festival Literasi Jakarta 2023‘ terselenggara atas sinergi bersama Ikatan Penerbit Indonesia, Forum TBM DKI Jakarta, Kargo Baca, Baca Bareng, dan Fun Garden of Literacy, serta didukung penuh oleh PT Jakarta Propertindo selaku pengelola gedung Taman Ismail Marzuki. 

“Berbagai aktivitas literasi yang digelar selama festival, antara lain seminar, workshop, pameran kegiatan komunitas, bazar buku untuk buku lokal dan internasional, perpustakaan keliling, pembacaan dongeng, ajakan berdonasi untuk membaca bersama, pameran arsip dan aktivitas literasi menarik lainnya,” katanya. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

PROF DAILAMI FIRDAUS Apresiasi Langkah Ketum Jajaka Nusantara Menyikapi Ade Armando

Redaksi Posberitakota

Ada 8000 Buku Romo Heuken, KADIS ‘PUSIP’ DKI H. FIRMANSYAH Dorong Pengelolaan Digitalisasi Arsip

Redaksi Posberitakota

Tak Mau Tinggal Diam, PEMPROV DKI Jakarta Bikin Jaring Pengaman Sosial Cegah Imbas BBM Naik

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang