Bawa Tangki Gendong, POLSEK TERISI Gerak Cepat Atasi Kebakaran Hutan di Petak 16 RPH Cipondoh

INDRAMAYU (POSBERITAKOTA) – Jajaran Polsek Terisi bersama petugas Perhutani dan masyarakat berjibaku mematikan kobaran api yang sedang melahap kawasan hutan pada Petak 16 Resort Pemangku Hutan (RPH) Cipondoh, Badan Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaen Indramayu.

Titik kobaran api sempat terpantau melahap rumput kering seluas 2 hektar. Melihat hal itu, jajaran Polsek Terisi yang mendapat laporan kebakaran bergerak cepat menuju ke lokasi kebakaran.

Tanpa membuang-buang waktu, petugas bergerak cepat memadamkan kobaran api walaupun dengan cara manual. Menggunakan ranting pohon mematikan kobaran api.

Langkah selanjutnya, para petugas Perhutani bersama masyarakat yang membawa tangki gendong menyemprotkan air ke arah rumput kering atau ilalang serta pepohonan di sekitarnya untuk memblokir kobaran api agar tidak meluas dan membesar. Sehingga kobaran api pada Jumat (8/9/2023) kemarin, akhirnya berhasil dipadamkan

Kapolres Indramayu AKBP M. Fahri Siregar melalui Kapolsek Terisi, AKP Hendro Ruhanda, menjelaskan bahwa kebakaran hutan itu menimpa lahan seluas sekitar 2 hektar.

“Dalam upaya pemadaman, petugas menggunakan ranting pohon dan melakukan penyemprotan air dari tangki gendong untuk membasahi rumput kering agar tidak terbakar,” ujarnya.

Polsek Terisi juga aktif memantau lokasi hutan dan mengimbau warga setempat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran hutan.

Selain itu, masyarakat Desa Jatimunggul yang berdekatan dengan kawasan hutan diimbau tidak membuang puntung rokok sembarangan. Sebab membuang rokok sembarangan dapat menyebabkan kebakaran pada kawasan hutan dan lahan sawah.

“Masyarakat juga diminta untuk tidak membakar rumput kering di area perkebunan atau sawah,” tambahnya.

Pada saat penanganan kebakaran hutan, Polsek Terisi berhasil memadamkan titik kobaran api menggunakan ranting pohon sehingga api tidak merembet lebih luas.

Upaya ini merupakan bagian dari tindakan preventif untuk menghindari terjadinya kebakaran kawasan hutan yang lebih luas lagi sehingga mengancam wilayah Kabupaten Indramayu.

“Kami juga menegaskan pentingnya kerja sama antara pihak kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan serta mencegah bencana kebakaran hutan dan lahan,” tutur AKP Hendro Ruhanda, mengakhiri. © RED/TARYANI/EDITOR : GOES

Related posts

Berkat Kepedulian Bupati Indramayu, 2400 Rumah Bakal Peroleh Air Bersih Perumdam Tirta Darma Ayu

Demi Melindungi Kesehatan Warganya, PEMKAB INDRAMAYU Kucurkan Anggaran Rp 59 Miliar

Sigap Bertindak Cepat, BUPATI INDRAMAYU Jemput Warganya yang Terlantar di Kota Tarakan