PosBeritaKota.com
Megapolitan

Di Anjungan Sarinah, PEMPROV DKI Gelar BBI-BBWI 2023 Jadi Momentum Produk UMKM Jakarta Naik Kelas

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjadi tuan rumah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI-BBWI) di tahun 2023 ini. Sedangkan untuk Kick Off Gernas BBI-BBWI itu sendiri, digelar Jumat (8/9/2023) kemarin, bertempat di Anjungan Sarinah, Jakarta Pusat.

Dengan mengusung tema ‘Karya Jakarta untuk Indonesia Hebat’, Gernas BBI-BBWI diselenggarakan berkat sinergi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama PT Telkom Indonesia dan BUMN lainnya, Bank Indonesia Kanwil Provinsi DKI Jakarta, lembaga/asosiasi di dunia usaha, para perajin dan para pelaku usaha di DKI Jakarta. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono berkesempatan membuka acara tersebut.

Joko Agus memaparkan bahwa semangat bersama dalam menggunakan produk dalam negeri harus dilakukan di berbagai tingkat. Tentu dengan adanya Gernas BBI-BBWI, diharapkan pula dapat membangkitkan semangat para pelaku usaha dan industri dalam negeri bahwa Indonesia, khususnya UMKM Jakarta, memiliki produk yang mampu bersaing dan dapat naik kelas hingga menembus pasar global.

“Jadi, semangat kita adalah bagaimana kita semua, baik itu pemerintah maupun swasta, bangga menggunakan produksi dalam negeri. Sehingga, perekonomian negara ini akan dari kita untuk kita semua,” paparnya, lagi.

Agus Joko menambahkan bahwa sebesar 61% sektor perkonomian Indonesia ditopang dari sisi UMKM. Selain itu, 97% penyediaan tenaga kerja juga dari sektor UMKM. “Oleh karena itu, kita semua bersama – sama, dari pemerintah, masyarakat dan semua stakeholder harus semangat dan bangga dalam menggerakkan produk Indonesia,” imbuhnya.

Sekda DKI Jakarta tersebut juga menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta terus mendorong produk UMKM agar naik kelas dan bisa unjuk gigi di berbagai event bergengsi serta menembus pasar global. “Kami di Pemprov DKI Jakarta sudah membina lebih dari 300 ribu pelaku UMKM dan ini yang sedang terus kita naikkan kelasnya. Harapannya, semakin banyak yang go international, bisa ekspor, menggelar pameran, dan yang sudah berhasil akan melatih yang pemula,” tuturnya.

Ditambahkan lebih lanjut soal Gernas BBI-BBWI ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya penggunaan serta pengembangan beragam produk dan pariwisata di Indonesia. Perlu adanya peningkatan kepercayaan diri bangsa terhadap potensi serta kualitas produk buatan dalam negeri.

Bahkan, menurutnya, hal tersebut sejalan dengan Keputusan Presiden RI No. 15 Tahun 2021 tentang Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia bahwa Gernas BBI diluncurkan untuk lebih mendorong penguatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan usaha mikro, kecil dan menengah, termasuk industri kecil dan menengah.

Pada acara kick off tersebut, Sekda Joko bersama Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Odo R. M. Manuhutu; Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto S. Ginting; Deputi Kepala Perwakilan BI Prov. DKI Jakarta, Musni Hardi K. Atmaja, beserta jajaran terkait lainnya, turut mengunjungi pameran produk unggulan UMKM yang terdiri dari 28 booth UMKM binaan Pemprov DKI Jakarta, Bank Indonesia, dan BUMN.

Momentum Gernas BBI-BBWI ini berlangsung hingga 10 November 2023 dengan beragam agenda menarik, mulai dari pelatihan, bazar, business matching dan business competition, walking tour urban tourism, dan job fair, sebagai rangkaian kegiatan pre-event hingga malam awarding. Ada pula pagelaran seni budaya, fashion show, dan pertunjukan musik, yang akan diselenggarakan dalam kegiatan harvesting ceremony.

Melalui gelaran Gernas BBI-BBWI, Pemprov DKI menargetkan sebanyak 500 UMKM binaan di Provinsi DKI Jakarta dapat bertransformasi digital. Selain itu, dalam kegiatan yang berlangsung selama dua bulan ini, jumlah transaksi ditargetkan dapat mencapai Rp 100 miliar. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Hasil Keputusan Sudah Tepat, FAHIRA IDRIS : “Panja Sepakati Soal Gubernur DKJ Dipilih Langsung”

Redaksi Posberitakota

Tinjau Proyek MRT Sepanjang 13 KM, WAPRES JK Bilang DKI Butuh Jalur Minimal 200 KM

Redaksi Posberitakota

Masih jadi Primadona, KB Ragunan Dipadati 200 Ribu Pengunjung saat Lebaran

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang