PosBeritaKota.com
Hukum

Diduga Gelapkan Rp 35 Miliar, EKS KETUA & PENGURUS P3SRS Apartemen Taman Rasuna Dilaporkan ke Bareskrim Polri

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Kendati sudah dilakukan pergantian ketua dan pengurus untuk masa transisi, namun masih menyisakan persoalan serius terkait kasus dugaan penggelapan dana puluhan miliar milik Perhimpunan Pemilik Penghuni Satuan Rumah  Susun (P3SRS) Apartemen Taman Rasuna, Jakarta Selatan. Oleh karenanya, setelah dilaporkan kini penyidik dari Bareskrim Polri pun, melakukan pendalaman untuk mengusut secara tuntas.

Kasus dugaan penggelapan dana milik ratusan warga atau penggelapan dalam jabatan serta tindak pidana pencucian uang (TPPU) itu, disematkan kepada kepengurusan P3SRS Apartemen Taman Rasuna, Jakarta Selatan periode 2018 – 2021 yang dipimpin Naufal Firman Yurzak. Sedangkan pelapornya adalah Olivian Mazaid pada 17 Juli  2023 lalu yang bertindak mewakili beberapa warga.

“Dalam kasus ini, kami melaporkan saudara Naufal Firman Yurzak dan  sejumlah orang (13 orang) di jajaran kepengurusan P3SRS Apartemen Taman Rasuna periode 2018-2021 (diperpanjang hingga 2022 karena pandemi COVID-19) yang kita duga telah menyalahgunakan dana P3SRS Apartemen Taman Rasuna. Untuk jumlah dana yang diduga digelapkan berkisar Rp 35 miliar,” ujar Olvian Mazaid kepada sejumlah wartawan di kantornya di Jakarta, Senin (11/9/2023).

Sedangkan Ketua P3SRS Apartemen Taman Rasuna Transisi, M Ruslan Dahlan SH yang didampingi Sekretaris Andrian Nasution membenarkan bahwa Ketua, Sekretaris dan sejumlah pengurus P3SRS yang lama, telah dilaporkan ke Bareskrim Polri  atas dugaan penggelapan dana P3SRS Apartemen Taman Rasuna yang besarnya dikisaran Rp 35 miliar.

“Pada periode sebelum 2018 dana P3SRS Apartemen Taman Rasuna  selalu surplus Rp 35 miliar. Pada periode 2021 devisit Rp 6 miliar dan tahun 2022 devisit Rp 22 miliar. Nah, di kemanakan dana Iuran Pemeliharaan Lingkungan (IPL) atau Service Charge sampai puluhan miliar itu?” Begitulah ucap M Ruslan penuh nada tanya. 

Dijelaskan M Ruslan lebih lanjut seraya menyebut periode kepemimpinan Naufal Firman Yurzak telah berakhir pada tahun  2022. Lantas diganti oleh orang kepercayaannya, yakni Lim Bambang Subianto yang dilantik pada Mei 2023. Selanjutnya, pada bulan Juli atau tepatnya tanggal 22 Juli dilaksanakan Rapat Umum Anggota (RUA) dan terpilih pasangan pengurus transisi, yakni M Ruslan Dahlan SH (Ketua) dan Andrian Nasution (Sekretaris) yang terpilih secara aklamasi.

Sementara itu Kepala Unit (Kanit) IV Tipidum Bareskrim Polri Kompol Dr Sukardi SH M.Hum kepada POSBERITAKOTA membenarkan bahwa pihaknya telah menerima laporan dugaan penggelapan dan atau penggelapan dalam jabatan atau TPPU yang dilakukan terlapor, eks pengurus P3SRS Apartemen Taman Rasuna, Jakarta Selatan.

“Kami pun tengah mendalami laporan tersebut. Bahkan mencari serta mengumpulkan data-data lengkap yang kami perlukan. Selain itu sambil menunggu audit forensik dari penyidik kami,” tegas Kompol Sukardi, lagi. 

Ditambahkan perwira muda tersebut, pihaknya pun bakal memberikan perhatian khusus terhadap penanganan kasus dugaan penggelapan dana P3SRS Apartemen Taman Rasuna ini.

“Kami berharap kepada pihak pelapor, secepatnya melengkapi data-datanya agar segera memeriksa terlapor. Kalau sudah jelas dan ada kerugian P3SR, kami akan periksa seluruh terlapor. Mudah-mudahan, sebelum akhir tahun 2023, kasus ini sudah terang benderang. Jika terindikasi ada tindak pidana dan cukup bukti, kami akan segera menetapkan tersangka,” ucap Kompol Sukardi, mengakhiri keterangannya. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Kasasi Kabul, LQ INDONESIA : Ribuan Nasabah Asuransi Kresna Life Hanya Akan Dapat Tulang Belulang

Redaksi Posberitakota

Dirut PT Elva Primandiri, HJ ELVA WANIZA Curhat Bangun Gedung Mapolda Aceh Belum Dibayar Kemenkeu

Redaksi Posberitakota

Guspurla Koarmabar Tangkap KIA Berbendera Malaysia Pelaku Ilegal Fishing

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang