25.1 C
Jakarta
24 July 2024 - 10:25
PosBeritaKota.com
Business

Tandatangani MoU, ASPARINDO Gandeng Kemitraan Bersama CC Palm Tranding untuk Penyediaan Minyak Goreng & Produk Lain

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Perusahaan CC Palm Tranding and Asia Oil Product asal Malaysia, digandeng sebagai mitra strategis oleh Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) untuk melakukan kerjasama dalam penyediaan minyak goreng, sabun, pakan ternak dan produk lainnya. Kemitraan keduanya ditandai dengan penandatanganan kerjasama (MoU), di kantor DPP Asparindo Jl Kayu Putih Raya, Jakarta Timur, Kamis (14/9/2023).

Dalam penandatanganan MoU dilakukan oleh Ketua Umum DPP Asparindo Y. Joko Setiyanto dan CEO Palm Trading and Asia Oil Products Mr Chua Chee Koon disaksikan sejumlah pimpinan dari dua pihak. Bahkan, disebutkan bahwa melalui rencana kerjasama tersebut, guna membantu pemerintah turut mengatasi kelangkaan minyak yang sering terjadi di Indonesia.

“Jadi, kami juga berkomitmen mendukung penggunaan energi bahan bakar nonfosil,” tegas Joko, seusai acara penandatanganan MoU. Lantas, kerjasama ini juga menunjuk PT Danu Agro Masindo sebagai partner strategis.

Ditambahkan Joko lebih lanjut bahwa langkah yang ditempuh Asparindo bertujuan mendukung Pemerintah dalam penyediaan minyak goreng, energi bahan bakar, makanan ternak sapi/kerbau, sabun dan produk lain dari hasil olahan industri kelapa sawit dan turunannya.

“Melalui kerjasama ini, kami mendorong tumbuhnya industri peternakan terutama ternak sapi dan kerbau, sehingga bisa mengurangi import daging yang pada akhirnya akan menambah cadangan devisa. Hal lainnya industri sabun dan industri turunan kelapa sawit yang mana market ekspornya sangat besar,” tutur Joko sambil menambahkan Asparindo berkomitmen meningkatkan kemajuan pasar rakyat.

Masih terkait kerjasama dengan perusahaan dari Malaysia tersebut, menurut Joko, akan fokus pada penyediaan minyak goreng, pakan ternak, sabun dan lainnya.

“Kerjasama dalam waktu cukup panjang ini, nilainya antara Rp 1,5 triliun dan Rp 2 triliun serta akan menyerap banyak lapangan kerja,” ucap dia seraya menambahkan asosiasi yang dipimpinnya membawahi sekitar 14 ribu pasar rakyat di Indonesia. Namun bahan komoditas tersebut, nantinya didistribusikan oleh Asparindo ke seluruh pasar.

Kembali ditegaskan Joko bahwa Asparindo dan Palm Trading and Asia Oil Products berkomitmen untuk memberikan harga bagus di pasaran. Nantinya hasil olahan berupa minyak goreng dan lainnya akan dipasarkan dengan harga bagus alias tidak mahal.

“Kami berkomitmen untuk ambil untung sedikit. Yang penting distribusi lancar,” urai Joko sambil menambahkan pihaknya sedang mencari lokasi untuk pembangunan industri yang dimaksud.

Sementara itu Mr Chua Chee Koon mengatakan bahwa pihaknya merasa optimis dapat memenuhi kewajibannya dalam kerjasama tersebut. Apalagi perusahaan yang dipimpinnyan itu telah berpengalaman sekitar 30 tahun dalam industri pengolahan berbahan baku kelapa sawit

“Bahkan, kami pun optimis terkait kerjasama ini, dapat berjalan secara terus-menerus. Dan, pada akhirnya bisa meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan peningkatan skill dalam pengolahan industri sawit dan turunannya,” kata Chua selaku CEO Palm Trading and Asia Oil Products yang didampingi Direktur Operasional, Looi Yik Loong serta sejumlah kolega lainnya. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Konsisten Dalam Hal Penerapkan Prinsip ESG, BANK DKI Meraih Apresiasi Penghargaan ESG Recognized Commitment

Redaksi Posberitakota

Bergerak di Bidang Kecantikan & Kesehatan, KESADARAN KOLEKTIF MCI Sebuah Bisnis yang Memanusiakan Manusia

Redaksi Posberitakota

Saat Momentum 28th Infobank Award 2023, BANK DKI Dapat Apresiasi dengan Meraih 2 Kategori Penghargaan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang