28.4 C
Jakarta
29 April 2024 - 01:29
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Dampak Kemarau, BAZNAS BAZIS DKI Salurkan 6000 Liter Air Bersih Demi Bantu Warga di Kalideres

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sebanyak 6000 liter air bersih disalurkan BAZNAS (Bazis) DKI Jakarta guna membantu warga yang tinggal di kawasan pemukiman padat penduduk di Jalan Utan Jati, Kampung Tebaci RT 10 RW 11, Kelurahan Pegadungan Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

Bentuk bantuan tersebut diberikan untuk warga yang terkena dampak dari musim kemarau panjang. Sedangkan salah satu wilayah yang didasarkan dan mengalami kekurangan air bersih adalah warga RW 11 RT 5 hingga RT 10, Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres Jakarta Barat.

Seperti diketahui bahwa kekurangan air bersih, mulai dirasakan oleh warga selain efek dari musim kemarau panjang, juga berasal dari perbaikan saluran air yang dilakukan oleh pihak PAM Jaya.

“Jadi, kekeringan yang dialami masyarakat di RW 11 ini sudah berjalan seminggu. Namun kondisi kekurangan air bersih paling parah terjadi di RT 5,6,7,8,9 dan 10. Mereka pun sangat membutuhkan bantuan air bersih untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup serta untuk di gunakan sehari-hari,” ucap Arif Rahman selaku Ketua RW 11 dalam keterangannya.

Sedangkan untuk merespon kesulitan warga, BAZNAS (Bazis) Provinsi DKI Jakarta melalui program tanggap bencana mendistribusikan 6000 liter air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan dan kesulitan air bersih di kawasan Kalideres, Jakarta Barat.

“Namun pendistribusian air bersih ini bertujuan untuk mengatasi kekeringan dan kekurangan air bersih yang terjadi di wilayah Kalideres, Jakarta Barat dalam beberapa waktu terakhir,” terang Nasir Tajang, Wakil Ketua IV BAZNAS (Bazis) DKI Jakarta.

Sementara itu Koordinator Baznas Bazis Tanggap Bencana Provinsi DKI Jakarta, Yudiman, menjelaskan bahwa air bersih sangat penting untuk kesehatan manusia. Air yang terkontaminasi dapat menyebabkan penyakit seperti diare, kolera, dan penyakit lain yang disebabkan oleh mikroorganisme patogen.

“Untuk air bersih membantu mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kesehatan masyarakat, yang juga membutuhkan air bersih untuk konsumsi dan hidrasi tubuh. Jadi, BAZNAS (Bazis) Provinsi DKI Jakarta ingin meminimalkan dampak kekeringan ini, salah satunya dengan pendistribusian air bersih di wilayah Kalideres, dimana sebanyak 800 jiwa menerima manfaat dari bantuan air besih ini” ujar Yudiman, Senin (18/9/2023).

Masih terkait pendistribusian air bersih di wilayah Kalideres, Jakarta Barat adalah bentuk kepedulian dari BAZNAS (Bazis) DKI Jakarta kepada warga Jakarta yang mengalami kesulitan air bersih akibat dari cuaca panas di musim kemarau panjang yang cukup ekstrem. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Ribuan Motor Mudik Lebaran Padat Merayap di Jalur Kalimalang 

Redaksi Posberitakota

Atas Inisiatif Pasangan ‘AMIN’, SEBANYAK 700 PESERTA Meriahkan Kejuaraan & Festival Pencak Silat Forum Bersama Indonesia

Redaksi Posberitakota

Kawal & Amankan Demo UU Cipta Kerja, POLDA METRO JAYA Bersama TNI Kerahkan 12.000 Personel Gabungan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang