31.1 C
Jakarta
29 April 2024 - 21:58
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Selain Kota Global & Pusat Ekonomi, PJ GUBERNUR DKI Dorong Transformasi Jakarta Sebagai Pusat Medical Tourism

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Selain tekad menjadikan Kota Global dan Pusat Ekonomi, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dorong transformasi Jakarta sebagai pusat Medical Tourism.

Pernyataan tersebut di atas disampaikan Heru Budi pada Sabtu (16/9/2023) kemarin ketika membuka secara resmi Seminar Ilmiah Jakarta Internal Medicine in Daily Practice (JIM DACE) 2023 yang mengusung tema ‘Reinforcing Reliable and Competent Internist in Daily Practice’ di Hotel JW Marriot, Jakarta Selatan.

Menurut Pj Gubernur DKI bahwa hal yang harus disyukuri adalah rasio dokter spesialis di Jakarta sudah memenuhi standar WHO. Karena itu, hal yang perlu diupayakan bersama adalah meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Jakarta sesuai dengan standar internasional. 

“Sedangkan Kota Jakarta sedang bertransformasi, yakni dari Ibu Kota Negara menjadi Kota Global dan Pusat Ekonomi Indonesia. Plus berbenah untuk menjadi pusat Medical Tourism. Pelayanan kesehatan harus bisa meningkatkan rasa percaya masyarakat Jakarta yang berobat ke luar negeri,” tegasnya.

Akibat masa pandemi COVID-19, imbuh Heru Budi, ternyata masih berdampak terhadap pelayanan kesehatan di Indonesia. Bahkan penyakit menular pun, belum bisa diatasi dengan baik dan kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) cenderung meningkat setiap tahunnya. 

“Karenanya, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dapat berperan besar untuk menurunkan kasus PTM, karena cakupan diagnosis yang luas. Maka itu, para dokter diharapkan terus mengikuti perkembangan keilmuan dan teknologi kedokteran dan terus memperbarui cara pendekatan diagnosis terhadap gejala-gejala yang dialami pasien,” ujarnya.

Tidak sampai di situ, Heru Budi bilang bahwa memberikan apresiasi kepada Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia Cabang Jakarta Raya (PAPDI JAYA) atas komitmen dan konsistensinya dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia dan Jakarta pada khususnya.

“Untuk itu pula, selamat mengikuti seminar, semoga dapat meningkatkan ilmu pengetahuan. Termasuk daya saing dan produktivitas Dokter Spesialis Penyakit Dalam demi terwujudnya pelayanan kesehatan berstandar internasional di Kota Jakarta. Selamat atas terselenggaranya Seminar Ilmiah Jakarta Internal Medicine in Daily Practice (JIM DACE) yang kesepuluh pada tahun ini,” pungkasnya. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Setiap Menjelang Imlek, RATUSAN PENGEMIS Dadakan Berharap Rejeki dari Ang Pao

Redaksi Posberitakota

Bawang Putih Langka, ADA PIMPINAN PARPOL Diduga Bermain Dibalik Kebijakan Impor Sembako

Redaksi Posberitakota

Rute Transjakarta ke Bandara, HERU BUDI Bilang Silahkan Sudah Siap Diujicoba Publik

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang