29.5 C
Jakarta
28 April 2024 - 20:20
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Bentuk Kepedulian Sosial, KETUM HIKMU NABIL M SALIM Bantu Proses Pengobatan Warga Maluku Utara Pasca Operasi di RSCM

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Menebar kebaikan atau melaksanakan niat untuk membantu kepada sesama merupakan perintah agama. Tanpa kecuali jika berniat membantu terhadap siapa pun, insya Allah dapat bernilai ibadah dengan balasan tak terhingga dikemudian hari.

Filosofi tersebut nampaknya yang ingin terus ditebar melalui aura positif oleh wadah atau Himpunan Keluarga Maluku Utara (HIKMU). Utamanya bagi warga Maluku Utara di Jakarta yang memantik kepedulian dan uluran tangan dalam bentuk bantuan sosial.

Hal itu pula yang dilakukan Ketua Umum HIKMU, Nabil M. Salim, Sabtu (23/9/2023). Ia bersama sejumlah pengurus, datang menjenguk seorang warga asal Maluku Utara yang baru saja menjalani operasi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) , Jakarta Pusat.

“Apa yang kami lakukan ini merupakan bentuk kepedulian HIKMU pada warga Maluku Utara yang ada di Jakarta dan sangat membutuhkan bantuan. Mudah-mudahan, HIKMU akan selalu hadir disetiap persoalan yang dihadapi warga Maluku Utara yang berada di Jabodetabek,” ucap Nabil yang ditemui di RSCM, Jakarta Pusat.

Ditambahkan Nabil lebih lanjut bahwa secara pribadi dirinya kerapkali memberikan bantuan pada warga Maluku Utara. “Bahkan, sebelum menjadi Ketum HIKMU pun, kepedulian pada warga Maluku sudah saya lakukan. Meski hal itu sifatnya aksidental, khususnya bagi warga Maluku Utara yang mengenal saya secara pribadi,” ucapnya.

Menurutnya, pemberian bantuan pada hari ini Sabtu (23/9/2023), yakni pasca dirinya terpilih menjadi Ketua Umum HIKMU. Sedangkan bentuk bantuan diberikan kepada putri dari Sangaji Tinamba yang merupakan warga asli Pulau Hiri, Maluku Utara.

Diceritakan Nabil bahwa dirinya mendapatkan aduan dari salah satu warga Maluku Utara. Jika saat ini, lanjut dia, ada salah satu warga Maluku Utara yang membutuhkan bantuan pengobatan terhadap anaknya.

“Dengan kemampuan yang ada, tentunya saya berupaya semaksimal mungkin bisa menolong Bapak Sangaji Tinamba untuk mengobati putrinya. Saat ini sudah berhasil menjalankan operasi di RSCM,” tuturnya.

Pada bagian lain, diharapkan Nabil, aksi kepedulian yang dilakukan juga bisa diikuti oleh warga Maluku Utara se-Jabodetabek lainnya. Dengan begitu akan semakin menguatkan rasa kebersamaan dan kepedulian sesama warga Maluku Utara di Jakarta.

Sementara itu Sangaji Tinamba yang merupakan orangtua dari pasien bernama Sri Heryanti Sangaji, mengucapkan rasa syukur dan terima kasih pada HIKMU. Apalagi, lanjut dia bahwa putri sulungnya tersebut, harus mengalami kesulitan dalam melakukan BAB selama 15 tahun.

“Syukur alhamdulillah berkat adanya bantuan dari Ketua Umum HIKMU, Pak Nabil M Salim, anak saya pun bisa menjalani operasi oleh ahli bedah di RSCM dalam waktu yang singkat dan tanpa proses berbelit-belit,” paparnya.

Dikatakan Sangaji, sebenarnya sudah tiga bulan datang ke Jakarta, karena adanya rujukan dari RSUD Dr H Chasan Boesoirie Ternate, Maluku Utara. Bahkan, hanya bermodalkan uang Rp 500 ribu, datang ke Jakarta. Hal itu diperkuat oleh tekadnya untuk memperjuangkan kesehatan anaknya.

“Sampai akhirnya saya dipertemukan dengan Pak Nabil M Salim. Selama dua pekan ini dan langsung mendapatkan bantuan beliau untuk semua persoalan untuk pengobatan putri sulung saya,” ceritanya.

Masih dalam pengakuannya, Sangaji mengenang masa-masa sulit sebelum bertemu dengan Ketum HIKMU. “Saya merasakan ada ketulusan dan niat baik dari Pak Nabil. Beliau langsung menghubungi kepala rumah sakit dan ahli bedah yang berada di Australia untuk segera menangani anak saya untuk segara diambil tindakan operasi,” tutup Sangaji dengan kalimat haru. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Di Malam Tahun Baru, KAWASAN MABES KOTA Tak Bakal Semarak Era 90-an

Redaksi Posberitakota

Selain Menanam 200 Pohon, PJ GUBERNUR DKI HERU BUDI Tebar 10.000 Benih Ikan di TPU Waduk Cipayung

Redaksi Posberitakota

Dewan Nilai Plintat-plintut, SGY Justru Tegaskan Anies Tak Langgar Aturan Beri IMB di Pulau Reklamasi

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang