32.7 C
Jakarta
28 April 2024 - 13:32
PosBeritaKota.com
Daerah

Bisa Menciptakan Alat Usir Burung, ABDUL WAHAB Sabet Juara 3 Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

INDRAMAYU (POSBERITAKOTA) – Seorang pemuda kelahiran Kabuapaten Indramayu, Jawa Barat, Abdul Wahab berhasil meraih Juara 3 Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2023 kategori Bidang Inovasi Teknologi.

Pemuda ini mewakili peserta dari Jawa Barat berhasil menciptakan salah satu teknologi pengusir burung yang merupakan hama perusak tanaman padi yang seringkali memusingkan para petani. Teknologi yang diciptakan Abdul Wabah bernama Averefelin.

Dewan juri menilai Averefelin bermanfaat bagi para petani. Khususnya yang senantiasa dilanda kecemasan lantaran tanaman padinya diserang kawanaan burung sehingga pendapatan hasil panen berkurang.

Abdul Wahab memperoleh piagam dan piala dari dewan juri setelah sukses menyisihkan sejumlah kompetitor. Penjurian yang dilakukan kantor Kemenpora R.I dilaksanakan Senin, 16 Oktober 2023 hingga Kamis, 19 Oktober 2023 di Hotel Ciputra, Jakarta.

Putra kelahiran Desa Dukuh Jeruk, Kecamatan Karangampel, Kabupaten Indramayu ini berhasil memperoleh Juara 3 setelah sukses mempresentasikan Bidang Inovasi Teknologi, salah satu alat pengusir burung yang bermanfaat bagi para petani.

Teknologi Averefelin dinilai tepat dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Indramayu, khususnya para petani. Berkat inovasi menciptakan Averefelin, mampu menjadi solusi para petani menghadapi problematika serangan hama burung pemangsa tanaman padi.

Ia menyatakan terima kasih kepada Pemkab Indramayu yang telah mendukung serta mensupport perjuangannya sehingga buah pemikiran dan inovasinya oleh dewan juri dinyatakan keluar sebagai Juara 3 Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2023.

“Alhamdulillah atas dukungan dari Ibu Bupati Nina Agustina dan motivasi dari Ibu Kadis Para Trinani R dan pembinaan yang dilakukan Bapak Media Heriyanto, Kasi Pemberdayaan Pemuda, saya bisa meraih Juara 3,” ujarnya, Jum’at (20/10/2023).

Ia berkomitmen dengan penghargaan ini tak menjadi jumawa. Tetapi akan terus mengembangkan inovasi Averefelin atau alat pengusir burung sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat khsusunya para petani.

Kawanan burung kerapkali memangsa tanaman padi di lahan persawahan. Dampaknya, pendapatan petani berkurang. Dengan hadirnya Averefelin diharapkan kawanan burung terusir dan pendapatan petani tidak berkurang. © [RED/TARYANI/EDITOR :GOES]

Related posts

Usai Ketemu Kang Irwan, LETKOL PURN H RUSMIN Akhirnya Kepincut & Pilih Bergabung ke PKS

Redaksi Posberitakota

Dukung Pencegahan Stunting, CAMELIA PANDUWINATA Getol Berbagi Telor & Susu ke Sejumlah Tempat

Redaksi Posberitakota

DIBENARKAN PJR POLDA JATIM, VANESSA ANGEL & BIBI ARDIANSYAH TEWAS DALAM KECELAKAAN TRAGIS DI RUAS JALAN TOL JOMBANG

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang