PosBeritaKota.com
Megapolitan

Per 1 Nopember Besok, PEMPROV DKI & Polda Metro Jaya Kembali Gelar Razia Uji Emisi

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dengan menggandeng institusi Polda Metro Jaya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan kembali melakukan razia uji emisi dengan menerapkan sanksi tilang bagi kendaraan bermotor yang tidak lulus uji emisi, mulai 1 November 2023. Bahkan langkah tersebut diambil setelah evaluasi yang melibatkan berbagai pihak.

Dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Asep Kuswanto, razia uji emisi ini dinilai sangat efektif untuk memperbaiki kualitas udara Jakarta. “Ini sangat efektif. Dari hasil kajian kami bersama NGO (Non-Governmental Organization) internasional, Vital Strategies, menunjukkan bahwa intervensi sumber emisi dari sumber bergerak yang terbesar adalah dengan uji emisi,” ujar dia.

Namun atas dasar itu pula, tambah Asep, razia uji emisi harus terus digalakkan. Diawali dengan pelaksanaan pada September lalu dan dilaksanakan kembali pada November, razia uji emisi akan berjalan dengan mekanisme yang sudah disempurnakan.

Menurut Asep untuk pelaksanaan razia uji emisi ini akan dijalankan secara konsisten dan menyasar lebih banyak kendaraan bermotor yang tak lulus uji emisi. “Hingga akhir tahun ini, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya akan melaksanakan razia uji emisi sebanyak 51 kali dan tersebar di sejumlah titik di lima wilayah DKI Jakarta,” paparnya.

Selain itu, Asep juga mengingatkan kepada seluruh warga yang bermobilitas di wilayah DKI Jakarta agar segera melakukan uji emisi pada kendaraannya, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. “Segera uji emisi, karena razia uji emisi sekarang jangkauannya lebih luas, kami sudah sosialisasikan sejak jauh-jauh hari. Langkah ini untuk pengendalian pencemaran udara,” ucapnya dia.

Dalam kesempatan sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menjamin, pelaksanaan razia uji emisi yang memberikan sanksi tilang pada kendaraan bermotor ini tak akan menyusahkan masyarakat. “Tentunya, Pemerintah melakukan penindakan ini bukan untuk membuat susah masyarakat. Tapi, untuk menjaga kesehatan masyarakat, untuk mendisiplinkan,” ujarnya pada Minggu (15/10/2023). 

Patut diketahui bahwa untuk lokasi uji emisi telah tersedia di 342 bengkel bagi kendaraan roda empat dengan 950 teknisi dan 114 bengkel bagi kendaraan roda dua dengan 195 teknisi yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta. Lokasi bengkel penyedia uji emisi dapat dilihat pada aplikasi e-Uji Emisi atau melalui aplikasi JAKI dengan mengetik “emisi” pada kolom pencarian. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

LIHAT WARGA MASYARAKAT MAKIN SULIT DITENGAH PANDEMI, QUBIL AJ TAK MAU KENDOR BERBAGI LEWAT PROGRAM ‘GANASTRI’

Redaksi Posberitakota

Dilakukan Penghuni Bantaran Kali, DEWAN Desak Pemprov DKI Tertibkan Buang Sampah Sembarangan

Redaksi Posberitakota

BAKAL DISIARKAN SECARA VIRTUAL, REUNI AKBAR 212 DIADAKAN DI MASJID AZ ZIKRA SENTUL BOGOR & BERKONSEP JADI MUNAJAT

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang