27.9 C
Jakarta
28 April 2024 - 00:11
PosBeritaKota.com
Business

Bertujuan Edukasi & Tekankan Pentingnya Literasi Saham, BANK DKI Dirikan Galeri Investasi Digital

JAKARTA [POSBERITAKOTA] – Dalam upaya meningkatkan literasi digital bagi masyarakat luas, Bank DKI tak tinggal diam dan bahkan tergerak untuk ikut berpartisipasi. Bentuk implementasinya adalah dengan mendirikan Galeri Investasi Digital yang bertujuan sebagai edukasi soal dunia pasar modal dan berbagai hal terkait.

Diterangkan Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi bahwa dengan adanya Galeri Investasi Digital, maka masyarakat bisa dikenalkan dengan pasar modal sejak dini. Lantas untuk manfaat lainnya, yakni memberikan pemahaman dan praktik investasi di pasar modal, mempermudah akses data publikasi mengenai perkembangan pasar modal serta sebagai salah satu sarana bertransaksi pasar modal secara langsung.

Bukan hanya itu saja. Dari Galeri Investasi Digital dapat pula melakukan kegiatan secara offline/tatap muka sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Bahkan program tersebut merupakan langkah inovatif dan progresif dalam memperkenalkan beragam produk investasi pasar modal bagi para nasabah dan masyarakat luas.

“Melalui Galeri Investasi Digital, Bank DKI berharap dapat memberikan manfaat yang optimal bagi karyawan, nasabah dan masyarakat. Di antaranya yakni dengan melakukan investasi di pasar modal dapat mendorong kesejahteraan finansial masyarakat sehingga berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan,” ujar Arie dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (31/10/2023) kemarin di Jakarta.

Karena itu, Arie juga turut mengajak karyawan dan nasabah untuk mengunjungi Galeri Investasi Digital Bank DKI untuk merasakan sendiri manfaatnya dalam pengetahuan dan pengelolaan produk investasi yang dimiliki.

Terkait pendirian Galeri Investasi Digital, disebutkabln juga merupakan bentuk komitmen Bank DKI untuk mewujudkan literasi saham kepada masyarakat yang disampaikan dalam acara Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2023.

Namun acara itu diselenggarakan oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama Self Regulatory Organization (SRO) dengan tema ‘Aku Investor Saham’ pada 26-28 Oktober 2023. Gelaran tersebut menjadi salah satu upaya stakeholder pasar modal untuk meningkatkan literasi saham, inklusivitas, dan investasi kepada masyarakat.

Menjadi salah satu rangkaian acara utama pada CMSE 2023, diadakan seremonial dengan tema : ‘Pembukaan Perdagangan dalam rangka Pencanangan Literasi dan Inklusi bagi Industri Perbankan‘ pada Jumat (27/10/2023) yang lalu, di Main Hall Gedung Bursa Efek Indonesia.

Sedangkan Bank DKI ditunjuk sebagai perwakilan BPD bersama perwakilan dari Bank BUMN, Bank Syariah dan Bank Swasta yang masing-masing diwakili oleh Bank BNI, Bank Muamalat dan Bank BCA,l dengan secara simbolis menekan tombol secara bersamaan untuk menandai komitmen bersama dalam pencanangan literasi dan inklusi pasar modal kepada 10.000 karyawan di industri perbankan.

Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono merasa antusias atas terjalinnya sinergi antara BEI, SRO dan industri perbankan dalam upaya meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal melalui edukasi.

“Tentunya sebagai langkah awal, kami wujudkan melalui pendirian Galeri Investasi Digital, secara seremonial dilakukan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Bank DKI, BEI dan PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, yang merupakan sarana mengakses informasi pasar modal serta memudahkan akses investasi bursa saham bagi basis pegawai/karyawan, serta nasabah/ investor,” ucap Amirul.

PENYELENGGARAAN CMSE 2023 DIRAMAIKAN 17.466 PENGUNJUNG

Seperti dikutip dari laman resmi Bursa Efek Indonesia, Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik dalam laporan penutupan CMSE 2023 pada Sabtu (28/10) menyampaikan bahwa pelaksanaan CMSE 2023 disambut dengan sangat antusias oleh seluruh pemangku kepentingan pasar modal Indonesia. Tercatat dari 65 booth terisi oleh 83 exhibitor, serta terdapat 9 seminar dan 1 workshop Go Public yang selalu dipenuhi oleh penonton.

Sepanjang 3 hari pelaksanaan, sebanyak 50 narasumber dan moderator telah hadir untuk berbagi ilmu sekaligus pengalaman berinvestasi, tercatat sebanyak 8.444 pihak yang telah melakukan pendaftaran ke situs web cmse2023.id.

Untuk total pengunjung yang mengikuti rangkaian CMSE 2023 ini berjumlah 17.446, terdiri dari 10.101 kali total pengunjung yang hadir secara fisik dan sebanyak 7.345 viewer mengikuti sesi seminar dalam rangkaian CMSE 2023 secara daring melalui YouTube. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Selama 3 Tahun Berturut – turut, JBX Sukses Raih Sejumlah Penghargaan Bergengsi dari Ajang BEMA 2023 yang Digelar Markplus

Redaksi Posberitakota

Pasok BBM & Pelumas Berkualitas Tinggi, PERTAMINA Perkuat Sinergi dengan Dukung Penuh Operasional Polda Banten

Redaksi Posberitakota

Melalui Event ‘4th Indonesia Public Relations Award 2023, BANK DKI Terima 2 Kategori Penghargaan Sekaligus

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang