27.5 C
Jakarta
28 April 2024 - 04:18
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Deras tapi Singkat, BMKG Prakirakan Jakarta Memasuki Masa Pancaroba dari Kemarau ke Musim Penghujan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Turunnya hujan deras tapi berlangsung singkat yang melanda sebagian Jakarta pada Selasa (31/10/2023) malam kemarin, apa lagi pascakemarau panjang, identik dengan ciri-ciri periode (pancaroba) atau masuknya masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan.

Menurut prakirawan cuaca BMKG, Anistia Malinda Hidayat, terkait hujan dengan intensitas cukup deras namum periode singkat yang melanda kemarin, yakni identik dengan ciri ciri masuknya masa pancaroba.


“Jadi untuk di wilayah Jakarta saat ini, masih diprediksi masuk masa transisi atau biasanya masyarakat kenal periode pancaroba. Hujan deras kemudian juga disertai dengan angin kencang. Namun begitu, periodenya singkat. Ya seperti yang terjadi di Jakarta Pusat dan sekitarnya, kemarin,” terang Anistia di Jakarta, Rabu (1/11/2023)

Tentang masa pancaroba, diprediksinya, masih akan terjadi hingga awal November nanti. Namun begitu, untuk awal musim hujan, justru baru akan terjadi pada dasarian kedua atau periode tanggal 11-20 November.

“Sedangkan puncak musim penghujan yang ditandai dengan durasi hujan lebih lama serta intensitas lebih tinggi. Prediksinya baru akan terjadi pada bulan Februari 2024 mendatang,” jelas Anistia, mengakhiri. © [RED/THONIE AG/EDITOR : GOES]

Related posts

Dinas PUPR Bekasi ‘Omdo’, SEBULAN PASCA LEBARAN Belum Perbaiki Jalan Raya Perjuangan Babelan

Redaksi Posberitakota

Gelar Media Gathering, DINAS KOMINFOTIK Ingin Perkuat Sinergitas dengan Insan Media yang Bertugas di Balaikota & DPRD DKI JAKARTA

Redaksi Posberitakota

Sambut Wisatawan dari Mancanegara, KOTA JAKARTA Siap Kembangkan Wisata Tematik

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang