PosBeritaKota.com
Megapolitan

Mulai Dikerjakan PAM Jaya, PJ GUBERNUR DKI HERU BUDI Resmikan Kick Off Pembangunan IPA Pesanggrahan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) –
Perumda Air Minum (PAM) Jaya  memulai pengerjaan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Jumat (3/10/2023). Sedangkan peresmikan Kick Off Pembangunan IPA Pesanggrahan, dilakukan oleh Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono sebagai upaya peningkatan ketersediaan air bersih di Jakarta tersebut.

“Saya titip wilayah ini untuk bisa tetap melayani air bersih ke masyarakat. Maka dengan mengucapkan Bismillah hirrahman nirrahim, Kick Off IPA Pesanggrahan saya nyatakan dimulai. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan bagi kita untuk memperkuat sinergi dan mengupayakan peningkatan ketersediaan air dan perpipaan air bersih di Jakarta,” ucapnya saat beri sambutan di PAM Jaya DCR 5, Cilandak, Jakarta Selatan.

Dijelaskan Pj Gubernur Heru Budi, Pemprov DKI Jakarta mengalokasikan dana Penyertaan Modal Daerah (PMD) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2023 untuk pembangunan IPA Pesanggrahan yang direncanakan akan rampung pada 2025.

“Namun, Pak Dirut (PAM Jaya) pengerjaan berlangsung) selama 1,5 tahun. Mudah-mudaham sehat semua dan sampai 2025. Anggaran dari Pemprov DKI melalui PMD sekitar Rp 200 miliar,” katanya. 

Sementara itu Direktur PAM Jaya, Arief Nasrudin, mengungkapkan dengan luas 4.000 meter persegi, kapasitas IPA Pesanggrahan mencapai 750 liter/detik untuk melayani kebutuhan air bersih warga di 20 kelurahan di Jakarta Selatan dan dapat melayani 45 ribu pelanggan. Terdapat pula tempat penyimpanan cadangan air/reservoir untuk mengalirkan air agar lebih merata bagi warga yang membutuhkan.

“Namun untuk total reservoir yang ada di Pesanggarahan ini, nanti akan mencapai 2,1 hektare. Juga akan ada dua reservoir yang kapasitasnya mencapai 2.500 liter per second (lps),” jelasnya dia.

Diharapkan Arief lebih lanjut bahwa dengan pembangunan IPA Pesanggrahan dapat membantu mencukupi kebutuhan dasar warga terhadap air bersih. “Jadi, ini akan kami sambungkan ke rumah Bapak/Ibu semua, sehingga air di rumah Bapak/Ibu akan semakin lebih baik. Dan, investasinya pasti akan lebih baik. Juga karena airnya mengalir,” ucapnya, lagi.

Sedangkan kelurahan yang akan dialiri air bersih dari IPA Pesanggrahan di antaranya Kecamatan Pesanggrahan, mencakup Kelurahan Bintaro, Pesanggrahan, Ulujami, Petukangan Selatan dan Petukangan Utara.

Namun untuk Kecamatan Kebayoran Lama mencakup Kelurahan Cipulir, Kecamatan Kembangan mencakup Kelurahan Joglo, Srengseng, Meruya Selatan, dan Meruya Utara. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Lantik 321 Pejabat, PJ GUBERNUR DKI HERU BUDI Berpesan Agar Bisa Jaga Kepercayaan Masyarakat

Redaksi Posberitakota

Melalui Online, RSUD TAMANSARI JAKBAR Terima Pendaftaran Diduga Caleg Stress karena Tak Lolos di Pemilu 2024

Redaksi Posberitakota

Sudah Ada 6 Bulan Berjalan, DUNIA HIBURAN MALAM di Ibukota Sepi Bagai Sarang Hantu

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang