28.6 C
Jakarta
27 April 2024 - 23:09
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17 di JIS, PEMPROV DKI Sudah Lengkapi Transportasi & Fasilitas Latihan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sebagai tuan rumah untuk pelaksanaan Piala Dunia Sepakbola FIFA U-17 di tahun 2023 bersama Kota Solo, Bandung dan Surabaya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah melengkapi fasilitas latihan dan transportasi menuju ke Jakarta International Stadium (JIS).

Terhadap dukungan kegiatan internasional yang dihelat mulai 10 November – 2 Desember 2023 mendatang tersebut, sudah  menyiapkan dukungan fasilitas latihan sepakbola di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro dan lapangan sepakbola Taman Lapangan Banteng. Yakni sesuai dengan arahan Instruksi Sekda (Insekda) Nomor e-0044 Tahun 2023 dalam mendukung kesiapan penyelenggaraan FIFA World Cup U-17 2023.

Menurut Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta, Wisnu Darmanto, pihaknya berkomitmen akan mendukung penuh penyelenggaraan Piala Dunia Sepak Bola FIFA U-17 melalui sinergi dengan berbagai SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) hingga BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) di DKI Jakarta.

“Namun JIS (Jakarta International Stadium) digunakan untuk salah satu fasilitas pertandingan yakni untuk Grup C dan Grup D. Untuk latihan pertama ada di Lapangan Sumantri, kedua di Lapangan Banteng dan sudah siap untuk digunakan. Kemarin Prancis dan Amerika Serikat sudah latihan di sana. Kami pun memberikan dukungan keringanan biaya penggunaan fasilitas prasarana dan sarana milik DKI Jakarta,” jelas Wisnu di Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Begitu pun Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta turuflt mendukung penyelenggaraan Piala Dunia Sepakbola FIFA U-17 tahun 2023. Ketua Sub Kelompok Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, Horale Tua Simabullang, menjelaskan bahwa pihaknya akan melibatkan dua belas Sekolah Menengah Atas (SMA) dan dua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jakarta untuk menyaksikan pertandingan secara bergantian. 

“Jadi, kita berikan tiket pertandingan sebanyak 250 tiket, nanti bergantian nontonnya. Mereka sudah kita arahkan untuk bersiap di JIS pada pukul dua siang untuk mengikuti acara bertemu legenda,” papar Horale.

Selain itu Direktur Pelaksana Operasional dan Keselamatan PT Transjakarta, Daud Joseph, mengatakan kalau saat ini pihaknya telah menjangkau hingga 85 persen transportasi di wilayah DKI Jakarta. Ia mengungkapkan, Transjakarta turut menyambut perhelatan akbar ini khususnya dalam mengoptimalkan transportasi pada akhir pekan. Adapun transportasi yang disediakan yaitu bus ukuran sedang, bus besar, dan Mikrotrans.

“Untuk pertandingan di Jakarta akan dimulai besok, Sabtu. Oleh karenanya, kita sudah siapkan berbagai rute yang menjangkau kawasan JIS. Bisa langsung menuju JIS kalau naik dari Pasar Senen, Harmoni, dan Tanjung Priok. Begitu juga dengan wilayah lainnya yang dapat dijangkau melalui berbagai koridor Transjakarta,” kata Daud Joseph.

Terkait layanan parkir juga telah disediakan di area Jiexpo, Kemayoran. Selain itu, fasilitas bus Transjakarta khusus pengantaran secara gratis juga disediakan dari Jiexpo ke JIS. Layanan bus pengantaran gratis tersebut berlangsung dari jam lima pagi sampai jam sebelas malam. “Jika Nlnantinya ada lonjakan penumpang, juga sudah diantisipasi dengan penambahan shuttle gratis dan tidak perlu menggunakan kartu (tap) untuk bayar,” tambah Daud Joseph.

Ternyata bukan hanya itu saja. PT Jakarta Tourisindo (JXB) telah menyiapkan dukungan penginapan untuk tenaga kesehatan yang bertugas di JIS sepanjang penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Kemudian, sejumlah ruang dan fasilitas juga disediakan untuk dimanfaatkan sebagai pusat informasi bagi media yang tidak memiliki akses/akreditasi untuk meliput langsung ke stadion. 

“Yang jelas, kami juga siap menerima kunjungan penonton domestik atau mancanegara yang ingin menginap di tempat kami,” tutur Direktur Administrasi dan Keuangan PT. Jakarta Tourisindo, Zulfarshah.

Pada sisi lain juga lerlu diketahui bahwa Dinas Komunikasi, Informasidan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta turut memberikan dukungan sosialisasi, publikasi serta peliputan kegiatan penyelenggaraan Piala Dunia Sepak Bola FIFA U-17 Tahun 2023 melalui media sosial dan media luar ruang yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, seperti:
A. Menyusun Composite Logo Host City DKI Jakarta;
B. Menyiapkan titik-titik publikasi dan daftar sosial media pemerintah untuk publikasi;
C. Menyiapkan publikasi advertising via OOH (Out of Home advertising) atau Billboard;
D. Memberikan dukungan pendistribusian press release dari FIFA/LOC (Local Organizing Commitee) ke media lokal setempat;
E. Memberikan dukungan penyampaian daftar media lokal (terutama radio) untuk media partner Piala Dunia Sepak Bola FIFA U-17;
F. Menyiapkan dukungan press conference terkait aktivitas Piala Dunia Sepak Bola FIFA U-17 di Host Cities; dan
G. Berkoordinasi dengan Perangkat Daerah dalam hal penayangan materi promosi Piala Dunia Sepak Bola FIFA U-17 di beberapa lokasi strategis. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Terancam Dilaporkan ke BKD, OKNUM DEWAN Tolak 2 Nama Cawagub DKI

Redaksi Posberitakota

Kerjasama dengan PT ILA, PEMPROV DKI Luncurkan Aplikasi Jakarta Aman

Redaksi Posberitakota

Gelar Kampanye Keselamatan, SOFT LAUNCHING MRSF di Bundaran HI

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang