27.5 C
Jakarta
28 April 2024 - 05:40
PosBeritaKota.com
Politik

Temui Ketum TPN Ganjar-Mahfud, TIM EXTRAVAGANJAR Serahkan 8 Gagasan Luar Biasa Industri Musik Indonesia

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sebanyak ‘8 Gagasan Industri Musik Indonesia’ yang diyakini sangat luar biasa, disampaikan Ketum Organ Relawan Pendukung Extravaganjar (XVG) Adi Adrian kepada Ketum Tim Pemenangan (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, kemarin bertempat di Markas XVG di Jalan Tangkas Baru, Jakarta Selatan.

“Kami sudah menyerahkan secara resmi 8 Gagasan Industri Musik Indonesia untuk Mas Ganjar dan Prof Mahfud, yakni melalui Pak Arsjad Rasjid. Semoga setelah keduanya memimpin Indonesia 2024, 8 gagasan tersebut bisa digunakan sebagai referensi utama, di dalam mengelola ekonomi kreatif, khususnya sektor musik,” ucap Adi Adrian dalam keterangan tertulisnya yang diterima POSBERITAKOTA, Kamis (16/11/2023) malam.

Oleh karenanya, Adi Adrian (Ketum XVG) yang didampingi Fendy Murni (Sekjen), menyampaikan rasa terima kasih. Selain itu, Ketum TPN Ganjar-Mahfud, juga sekaligus menerima map yang berisi Berita Acara Rapat Kerja XVG, karena telah memutuskan dan menetapkam 8 Gagasan Industri Musik Indonesia tersebut.

Karuan saja segenap anggota Tim Khusus 8 XVG, hadir menyaksikan peristiwa sakral tersebut. Mereka antara lain :

  1. Prof. Franki Raden (Musisi & Budayawan)
  2. Buddy ACe (Pengamat Musik & Wartawan Senior),
  3. Kadri Mohamad (Advokat & Musisi)
  4. Tamara Geraldine (Presenter Senior & Penggiat Rohani)
  5. Febrian Nindyo (Musisi & Sekjen FESMI)
  6. Fendy Mugni (Promotor Musik
  7. Once Mekel (Musisi & Politisi),
  8. Venny Asyita (Peneliti Pasar & Kebijakan Ekonomi Kreatif).

“Tentunya sebagai think tank, Tim Khusus 8 sudah bekerja lebih kurang 3 bulan untuk menyiapkannya. Selain diskusi intens, juga melalui proses studi banding atas program ekonomi kreatif selama ini. Kami berharap 8 Gagasan ini bisa melengkapi kebutuhan pemerintah mendatang, dengan semangat, Jago Kandang, Jago Tandang, ” imbuh Kadri Mohamad, anggota Tim Khusus 8 yang juga adalah seorang advokat dan vokalis Makara Band.

Dalam kesempatan cara yang sangat dinantikan oleh keluarga besar XVG itu, juga disaksikan oleh Anang Hermansyah, Pembina XVG, dan para Ketua Bidang XVG, seperti; Ade Andrini, Ayu Soetopo, Jimmo, Tofan, Raiden Soedjono (sekaligus Ketua Panitia XVG Talents), Alam Ganjar yang hadir bersama Bagas, Ketua Umum Bareng Ganjar Mahfud. Keduanya, sebelumnya hadir dalam konferensi pers ‘XVG Talents‘, lomba cipta lagu dan covering lagu, berhadiah ratusan juta rupiah.

“Jadi, setelah mengumumkannya ke publik usai Rapat Kerja XVG pada akhri bulan Oktober lalu. Lalu, kami memutuskan untuk menyerahkannya kepada Pak Arsjad Rasjid, agar bisa segera digunakan sebagai bahan kampanye bagi pasangan Ganjar-Mahfud dalam program Ekonomi Kreatif,” timpal Fendy Mugni selaku Sekjen XVG.

Berikut ini rincian dari ‘8 Gagasan Industri Musik Indonesia‘ tersebut.

Gagasan 1: Presiden adalah “Aktor Utama” untuk memastikan ekosistem dan mesin industri kreatif berjalan dengan optimal. Mekanisme pengelolaan industri kreatif tersebut, melalui institusi negara khusus ekonomi kreatif setara kementerian. Tugasnya membuat regulasi, melakukan pengawasan dan fasilitasi industri kreatif, serta roadmap jangka pendek dan Panjang menyambut Indonesia Emas 2045. Prosesnya, mulai dari kegiatan hulu (produksi) sampai hilir (penjualan) yang pada akhirnya akan mampu menyumbangkan kontribusi pada PDB yang signifikan.

Gagasan 2: Pemerintah meningkatkan dana abadi (endowment find) yang melibatkan partisipasi dan sinerji pihak swasta besar dan BUMN. Para pihak diharapkan untuk berinvestasi dan membiayai kegiatan industri kreatif andalan, melalui penyediaan infrastruktur fisik ruang kreatif dan gedung pertunjukan, termasuk membuat Creative Hub di daerah-daerah strategis.

Gagasan 3: Pemerintah mengambil peran penting untuk mempersiapkan proses produksi karya industri kreatif andalan. Tahapannya, mulai dari pencarian bakat, pelatihan, hingga kesetaraan dan perlindungan pekerja seni. Termasuk menyediakan fasilitas kearsipan dan data base, standarisasi kualitas pelaku industri kreatif dan ekosistem-nya. Serta penguatan komunitas dan local hero musik tradisi dengan menambah value creation pada industri di daera-daerah agar dapat berorientasi kualitas dan pasar.

Gagasan 4: Pembenahan sistem tata kelola karya kreatif dan ekosistemnya. Termasuk tata kelola lisensi dan royalti musik, dengan melakukan restrukturisasi sistem yang sudah ada, serta perbaikan regulasi, digitalisasi pengumpulan royalti, sosialisasi, edukasi dan penegakan hukum.

Gagasan 5: Akses kapital dan pembiayaan perbankan bagi pelaku ekonomi kreatif sebagai UMKM dengan menggunakan jaminan kekayaan intelektual.

Gagasan 6: Produksi industri kreatif (khususnya musik) dilakukan dengan berorientasi pada penguatan pasar dalam negeri (Jago Kandang) dan fasilitasi terhadap ekspor karya kreatif ke luar negeri (Jago Tandang). Pemerintah harus mendukung upaya ini dengan melakukan kampanye promosi dan diplomasi industri kreatif. Termasuk promosi atas kegiatan pop culture, membuat agen, kantor perwakilan dan kerjasama dengan negara negara target ekspor regional dan international.

Gagasan 7: Pemerintah harus memberlakukan perizinan usaha Industri Kreatif yang tersentralisasi secara digital. Khususnya perizinan konser satu pintu oleh institusi kreatif yang dibentuk, dalam rangka melahirkan kenyamanan dan keamanan konser, berbasis green music yang bebas dari emisi. Pemerintah juga harus memastikan ketaatan pembayaran royalti untuk setiap konser musik. Tujuannya agar konser dan festival musik Indonesia dilaksanakan dengan standar international, agar menarik wisatawan regional untuk menyaksikan secara langsung konser dan festival musik di Indonesia.

Gagasan 8: Industri kreatif dari hulu ke hilir dilakukan dengan basis pengembangan industri Intellectual Property (IP based), digitalisasi dan teknokrasi (keputusan diambil secara profesional oleh ahli yang memiliki kompetensi dibidangnya). Dengan demikian, maka program kerja pemerintah dibidang industri kreatif (termasuk musik sebagai lokomotif andalan) akan membuka lebih banyak lagi lapangan kerja baru, mulai dari hulu sampai hilir. Program tersebut diharapkan bermanfaat untuk seluruh masyarakat. Terutama untuk generasi muda yang kelak akan memegang peranan penting dalam industri kreatif sebagai andalan alternatif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Sebagai keluarga besar Extravaganjar nampak sumringah usai acara penyerahan 8 Gagasan itu selesai. Kini, mereka.kembali bekerja dengan program kampanye untuk kemenangan Ganjar-Mahfud 20203, seperti ‘XVG Nongkrong’, ‘XVG Talent’, XVG Podcast ‘Ngobras’ dan XVG ‘Suara Kita’. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Hadapi PKI Bangkit, HAMZAH TUN MR SH : FB Laskar Merah Putih Siap jadi Garda Terdepan

Redaksi Posberitakota

Di Tanah Kelahiran, CALEG CAMELIA PANDUWINATA LUBIS Dekati Kalangan Emak-emak

Redaksi Posberitakota

Sahabat Dailami dan BKMT Deklarasi Dukungan pada Paslon Anies-Sandi

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang