29.2 C
Jakarta
29 April 2024 - 11:57
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Dari KemenPAN-RB, PEMPROV DKI Sabet Dua Penghargaan Pembangunan Zona Integritas

JAKARTA (POSBERITAKOTA) Berkat hasil evaluasi Reformasi Birokrasi, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) serta Zona Integritas di tahun 2023, Pemprov DKI Jakarta meraih dua penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Terkait penghargaan tersebut diberikan dalam kegiatan RB Xperience oleh KemenPAN-RB di Bali Nusa Dua Convention Center pada 5-6 Desember 2023. Sedangkan acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan MenPAN-RB Azwar Anas.  

Menurut Kepala Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi Setda Provinsi DKI Jakarta, Yayan Yuhanah, terdapat dua penghargaan yang diraih oleh Pemprov DKI Jakarta. Masing-masimg predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru, serta predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi DKI Jakarta. 

“Syukur alhamdulillah atas penghargaan ini. Sebab, ini sebagai wujud komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk tetap transparan dan akuntabel dalam menjalankan pemerintahan. Tentunya, ini bukan sekadar euforia dan pencapaian predikat semata, tetapi sebagai pemantik untuk organisasi ke depannya lebih baik lagi dari segi pelayanan dan pencegahan praktik korupsi,” ujar Yayan di Balaikota Pemprov DKI Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Dalam keterangan lebih lanjut, Yayan bilang bahwa dengan penghargaan yang diberikan ini, menambah capaian predikat Zona Integritas WBK/WBBM di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Total, ada 16 Perangkat Daerah/Unit Kerja Perangkat Daerah yang meraih predikat WBK dan tiga Unit Kerja Perangkat Daerah yang meraih predikat WBBM.

Sedangkan sesuai Peraturan MenPAN-RB Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) di Instansi Pemerintah, Tim Penilai Nasional (TPN) telah melakukan evaluasi atas Pembangunan Zona Integritas pada unit/satuan kerja yang diusulkan berpredikat menuju WBK/WBBM di Provinsi DKI Jakarta.

Namun untuk kegiatan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM bertujuan mewujudkan peningkatan kinerja pemerintah yang bersih dan akuntabel, serta mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan/atau pengguna layanan lainnya. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Kok Pemkab Bekasi Cuek, JALAN RAYA BABELAN Makin Tak Layak Jika Dilalui Kendaraan

Redaksi Posberitakota

Siap Wujudkan Jakarta Kota Global, PEMPROV DKI Buktikan Kinerja APBD Tumbuh Optimal

Redaksi Posberitakota

Negatif Menilai Kinerja Heru Budi, KETUA FPPJ ENDRIANSAH : “Jelas Pernyataan PKS Itu Tendensius & Kudu Banyak Baca Berita”

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang