PosBeritaKota.com
Megapolitan

Jadi Kado Terindah Tutup Tahun 2023, PEMPROV DKI Sabet 2 Penghargaan di Hari HAM se-Dunia ke-75

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Hadiah terindah pada penutupan tahun 2023, berhasil disabet Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, yakni dengan peraihan dua penghargaan dalam Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) se-Dunia ke-75 Tahun 2023. Sedangkan momentum tersebut digelar oleh Kementerian Hukum dan HAM, bertempat di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (10/12/2023).

Namun kedua penghargaan itu sendiri diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, yaitu kepada Kabupaten/Kota atas capaian terbaik dalam Program Kabupaten/Kota Peduli HAM (KKPHAM) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) sebagai instansi pembina KKPHAM.

Untuk penghargaan Pemprov sebagai Instansi Pembina KKPHAM diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. Sedangkan penghargaan Kabupaten/Kota atas capaian terbaik dalam Program Kabupaten/Kota Peduli HAM diterima oleh Walikota Administrasi Jakarta Timur, M Anwar.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur DKI Heru Budi, mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Prestasi tersebut tentu saja bakal. menjadi pengingat bagi Pemprov DKI untuk terus merefleksikan nilai dan prinsip HAM dalam pelaksanaan pelayanan publik serta kehidupan bermasyarakat di Kota Jakarta.

“Syukur alhamdulillah. Dan, terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan kepada Pemprov DKI dari Kementerian Hukum dan HAM. Kami akan semakin berkomitmen untuk melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemajuan, penegakan serta pemenuhan HAM di seluruh wilayah DKI Jakarta,” tegas Heru Budi.

Sementara itu Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, mengungkapkan bahwa Peringatan Hari HAM Sedunia memiliki makna yang mendalam. Apa itu? Yakni menjadi momentum bagi semua pihak untuk bersama-sama merefleksikan prinsip-prinsip HAM dan merenungkan perjalanan dari Universal Declaration of Human Rights. Dimana pemilihan tema Peringatan Hari HAM se-Dunia tahun 2023 adalah ‘Harmoni dalam Keberagaman’, dipandang relevan dan penting. 

Menurutnya karena hal itu dapat menjadi pengingat akan pentingnya mengakui, menghormati, dan merayakan keberagaman Indonesia yang berlimpah. Selain itu, Yasonna mengimbau seluruh pihak agar dapat menjaga keharmonisan dalam keberagaman pandangan politik jelang Pemilu 2024.

One important thing to take note, mempromosikan keharmonisan dalam keberagaman berarti memerangi diskriminasi, prasangka, intoleransi, dan ketidaksetaraan. Terkait Pemilu, Pemerintah berkomitmen kuat dalam menyukseskan Pemilu yang damai dan mengedepankan nilai-nilai HAM,” ucap Yasonna, menambahkan.

Saat pelaksanaan Peringatan Hari HAM se-Dunia ke-75, Yasonna memberikan penghargaan kepada lima Kabupaten/Kota atas Capaian Terbaik dalam Program KKPHAM, yakni Kota Jakarta Timur, Kota Mojokerto, Kabupaten Tapin, Kabupaten Purworejo dan Kota Tasikmalaya. Sementara itu, Pemerintah Provinsi sebagai Instansi Pembina KKPHAM yang diberikan penghargaan, yaitu Provinsi DKI Jakarta, Banten, Bangka Belitung, DI Yogyakarta dan juga Jawa Tengah. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Disepakati Pemprov DKI, KETUA KOMISI D IDA MAHMUDAH Bilang Pembayaran Sewa Rusunawa Baru Akan Ditagih Juli 2024

Redaksi Posberitakota

Sepatu Bekas Anda Dihargai Rp 1 Juta, BOCOROCCO Gelar Trade In All Brand Sambut Lebaran

Redaksi Posberitakota

Jika Terkena Proyek Normalisasi Kali Ciliwung, PJ GUBERNUR DKI Janji Bakal Ganti Rugi Warga Korban Penggusuran

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang