PosBeritaKota.com
Megapolitan

Wafat di Usia 80 Tahun, ‘BABEH’ RIDWAN SAIDI Merupakan Sosok yang Getol Berjuang bagi Kemajuan Betawi

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Sosok yang getol dan selalu berjuang bagi kemajuan Betawi, Drs. H. Ridwan Saidi wafat dalam kondisi usia 80 tahun, saat masih dalam perawatan di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Bintaro, Tangerang Selatan, Minggu (25/12/2022) sekitar pukul 08.00 WIB.

Seperti diinformasikan oleh pihak keluarga sebelumnya bahwa tokoh budaya dan sejarah yang akrab dipanggil ‘Babeh‘ tersebut, sempat mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius. Akibat mengalami pecah pembulu darah di otak sehingga nyawanya pun tak bisa tertolong.

Kabar kepergian ‘Babeh‘ untuk selamanya, mengejutkan sejumlah pihak dan termasuk para kerabat yang mengenal sosoknya sebagai orang yang kritis dalam melihat segala persoalan bangsa, termasuk soal Betawi atau Batavia sebelum berganti nama menjadi Jakarta.

Sebelum diberangkatkan ke tempat peristirahatannya yang terakhir di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, almarhum sempat disemayamkan di rumah duka Jalan Merak II Blok N-3/No.31, Bintaro Jaya I, Jakarta Selatan. Sejumlah handai taulan pun berdatangan untuk bertakjiah. Dua di antaranya yang datang melayat adalah Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Deputi Gubernur Bidang Pariwisata, Marulah Matali.

Untuk prosesi pemakaman almarhum di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, baru bisa dilaksanakan pada pukul 16.30 WIB. Sejumlah tokoh yang dikenal dekat oleh almarhum ‘Babeh‘ datang dan ikut mengantar saat pemakaman. Mereka di antaranya terlihat ada Menparkeraf Sandiaga Uno, Fadly Zon, Fauzi Bowo, Akbar Tanjung, Jimly Asshidiqie, Amir Hamzah serta puluhan kerabat lainnya.

Jimly Asshidiqie yang bertindak sebagai wakil kerabat dekat saat pemakaman, mengucapkan sepatah dua kata. “Kita semua yang hadir di sini, sudah kenal dan bergaul, bisa menjadi saksi bahwa almarhum Ridwan Saidi adalah orang baik-baik,” ucapnya.

Selanjutnya wakil dari pihak keluarga langsung, juga ikut menyampaikan ungkapan terakhir. “Pada intinya, kami dari pihak keluarga, mohon almarhum dimaafkan atas segala kesalahannya selama ini. Baik sengaja maupun yang tidak disengaja.” ■ RED/THONIE AG/EDITOR : GOES

Related posts

Payung Hukumnya Sudah Diketuk Palu, PEMPROV DKI Tinggal Eksekusi Bangun Pengolahan Sampah Jadi Energi Alternatif via RDF

Redaksi Posberitakota

Sukseskan Asian Games, DINAS LINGKUNGAN HIDUP Jaga Kebersihan Rute Atlet

Redaksi Posberitakota

PROF DAILAMI FIRDAUS Apresiasi Langkah Ketum Jajaka Nusantara Menyikapi Ade Armando

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang