26.3 C
Jakarta
29 March 2024 - 00:53
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Peringati Hari Air Sedunia, DLH DKI Jakarta Gelar Berbagai Kegiatan Pelestarian Alam

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan menggelar berbagai kegiatan yang bersifat mendukung pelestarian alam. Kegiatan yang digelar meliputi lomba foto, susur sungai, pembuatan lobang biopori dan lainnya.

Adapun kegiatan lomba foto yang terbuka bagi masyarakat luas sudah berlangsunf sejak tanggal 1 Maret hingga 15 Maret. Sedangkan Hari Air Sedunia tepatnya jatuh pada tanggal 22 Maret, namun puncak acara akan dilaksanakan pada tanggal 23 Maret.

“Dalam momen ini kami ingin mengingatkan masyarakat Jakarta untuk lebih peduli terhadap kelestarian alam dan menyadari pentingnya air sebagai sumber kehidupan,” ujar Djoko Rijanto, Kepala Bidang Peran Serta Masyarakat DLH DKI di Jakarta, Rabu (13/3).

Sedangkan dalam kegiatan ini tema yang diangkat adalah “Leaving No One Behind” dengan taghar #WaterForAll. “Tema itu mengarah kepada ketersediaan air yang bersih dan aman untuk dikonsumsi bagi semua orang, tanpa terkecuali,” tambahnya.

Djoko menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi, Lomba Foto pada 1-15 Maret dan pada tanggal 23 Maret akan dilakukan Susur Sungai Ciliwung, Gerakan Hijaukan Bantaran Kali, serta Gerakan Menabung Air dengan Lubang Resapan Biopori (LRB) dan Sumur Resapan.

“Kami juga akan melakukan kampanye Tidak Cemari Badan Air dan Air Tanah melalui semua kanal media sosial milik DLH,” terangnya.

Menurutnya, di tingkat Suku Dinas LH di masing-masing wilayah dan Satuan Pelaksana (Satpel) LH akan secara masif mengadakan Gerakan Hijaukan Bantaran Kali dan Gerakan Menabung Air dengan Lubang Resapan Biopori pada 15 dan 20 Maret.

“Itu akan menjadi bagian dari edukasi dan sosialisasi kepada warga untuk merawat ekosistem air,” ungkapnya.

Ia berharap, warga akan semakin bijak dalam menggunakan air. Sebab, air juga sangat dibutuhkan generasi mendatang. ■ RED/JOKO/G

Related posts

Ditengah Derasnya Guyuran Hujan, SI JAGO MERAH Lumat 5 Rumah di Jalan Dr Saharjo Menteng Atas Setiabudi Jaksel

Redaksi Posberitakota

Salurkan Santunan Rp 2 Miliar, HUT KE-62 BANK DKI Gelar Tasyakuran Bertema ‘Transformasi Menuju Ekosistem Digital’

Redaksi Posberitakota

DENGAN RIANO JADI PLT, HAJI BECENG BERHARAP SEGERA DIADAKAN MUBESLUB BAMUS BETAWI DEMI PERSATUAN SELURUH ORMAS PENDUKUNG PEMILIK KEDAULATAN

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang