PosBeritaKota.com
Politik

Bikin Warga Menteng Terharu, RELAWAN PRABOWO RABU BIRU UNTUK INDONESIA Beri Layanan Periksa Kesehatan Lengkap

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Tidak hanya merasa senang, kedatangan Tim Relawan PrabowoRabu Biru Untuk Indonesia’ (RBUI), disambut penuh haru oleh warga RW 02 Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (23/12/2023) pagi.

Penyebabnya, karena Tim Relawan RBUI sebagai pendukung setia pasangan Capres/Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tersebut, membawa tim medis lengkap, obat-obatan serta 2 unit mobil Rumah Sehat Keliling RBUI untuk mengobati warga yang sakit.

“Saya melihatnya aksi RBUI di sini sangat bagus dan simpatik. Mereka mengobati 150 warga yang sakit dan sekaligus memeriksa kadar gula darah, kolesterol serta asam urat kami,” curhat Ny. Tina (32), warga setempat seusai mendapat layanan kesehatan di Balai RW 02, Jalan Anyer, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Bukan hanya pemeriksaan kesehatan saja yang diterima Ny. Tina yang kondisinya tengah hamil 5 bulan. Ia juga mengaku diberi edukasi hidup sehat oleh Tim Medis RBUI yang menerjunkan 3 dokter, 6 perawat dan 4 peracik obat. Bentuk penyuluhan hidup sehat diterimanya agar dapat terhindar dari stunting (gizi buruk), risiko saat hamil dan melahirkan kelak.

Sedangkan Wahyu (43), warga lainnya juga merasa terharu dan berterima kasih kepada RBUI yang rela ‘jemput bola‘ alias datang ke tengah pemukiman warga untuk melayani kesehatan dengan ramah. “Saya tadi malah diperiksa tim dokter RBUI, ternyata ada tekanan darah tinggi dan kolesterol. Lalu, saya diberi atau dikasih obat,” ucap Wahyu yang sehari-hari berprofesi sebagai ojek online.

Masih di tempat sama, Ketua Umum Rabu Biru Untuk Indonesia (RBUI), Henny Daeng Parani, mengutarakan bahwa pihaknya tetap konsisten mengupayakan layanan kesehatan masyarakat di berbagai tempat.

“Kami menyadari masih banyak warga yang belum sempat mendatangi Puskesmas atau rumah sakit karena kesibukan mereka. Makanya, kami jemput bola dengan terjun langsung ke tengah pemukiman,” ucap wanita asal Sulawesi Selatan ini yang membawa relawan sebanyak 50 orang.

Hampir selama tiga pekan terakhir, lanjut Henny, RBUI sudah menggelar serangkaian bakti sosial di 3 Kotamadya Jakarta. Yakni di Cikoding (Cilincing, Koja dan Kelapa Gading) Jakarta Utara serta kawasan Cengkareng, Jakarta Barat. Kali ini RBUI hadir kembali di Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. “Agustus 2023 lalu kami juga baksos di Bogor melakukan pemeriksaan kesehatan dan edukasi terhadap 100 ibu hamil dan 100 Balita,” urai Henny.

Tentang dana kegiatan Baksos tersebut, Henny juga menyatakan rasa terima kasihnya kepada sesama relawan RBUI dan beberapa pihak yang mau menyumbangkan dukungan untuk diberikan kepada warga yang membutuhkan. Dukungan relawan RBUI dan sejumlah pihak itu berupa dana, konsumsi, air mineral, obat-obatan, vitamin, peralatan, 2 unit mobil sehat keliling, tenaga medis dan lain-lain.

Sementara itu Roy Maningkas selalu penasehat RBUI, menambahkan bahwa pihaknya terjun ke tengah masyarakat dengan hati dan kasih. RBUI juga akan memperluas cakupan bakti sosial ke beberapa daerah seperti Jabodetabek, Cikarang, Karawang dan banyak lagi.

“Maka itu kepada masyarakat luas, marilah kita bergandengan tangan dengan RBUI untuk membantu sesama di tiga bidang kehidupan. Yakni kesehatan, pendidikan dan kelestarian lingkungan,” ungkapnya.

Ditambahkan Roy lebih lanjut untuk pemeriksaan kesehatan warga penting dilakukan karena sering terjadi hasil cek kolesterol, gula darah, asam urat dan tekanan darah di luar perkiraan warga. “Dan, ternyata banyak hasil cek menunjukkan kadar yang tinggi dan membahayakan. Jadi, inilah langkah preventif kami agar warga tetap sehat,” bebernya.

Tentang pemeriksaan kesehatan dan edukasi hidup sehat warga secara berkala oleh RBUI ini, kata Roy lagi, sesuai program Asta Cita keempat yang dicanangkan pasangan Capres/Cawapres Prabowo-Gibran, yakni memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda serta penyandang Disabilitas. © [REL/AGUS SANTOSA]

Related posts

Bacaleg DPRD Partai Golkar Kota Depok, RIDWAN FUADY Tiap Hari Gelar Kegiatan Sosial Pengobatan Gratis

Redaksi Posberitakota

Blusukan ke Pemukiman Padat di Brebes, CALEG-CALEG PARTAI PERINDO ‘Turba’ Gelar Fogging

Redaksi Posberitakota

Jika Sistem Pemilu Balik ke Proporsional Tertutup, JUPITER ‘NASDEM’ Bilang Demokrasi Kita Diambang Kehancuran

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang