PosBeritaKota.com
Megapolitan

Songsong Tahun Baru 2024, ‘MALAM MUDA – MUDI JAKARTA KOTA GLOBAL’ Bakal Digelar Pemprov DKI

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pesta ‘Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global’ untuk menyongsong pergantian tahun dari 2023 ke 2024, bakal digelar Pemprov DKI, pada Minggu (31 Desember) mendatang di sepanjang Jalan Sudirman – Thamrin.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata, acara tersebut dihadirkan untuk seluruh warga yang ingin menikmati malam pergantian tahun. Acaranya itu sendiri diusung dengan konsep ‘Car FreeNigh

“Keseluruhannya akan ada 11 panggung hiburan yang tersebar di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Sedangkan untuk puncak perayaan pergantian tahun berada di panggung utama Bundaran Hotel Indonesia dengan menampilkan artis-artis Ibukota. Dari situ harapannya agar seluruh warga yang ada di Jakarta bisa terhibur dan bisa menghabiskan Malam Tahun Baru dengan penuh sukacita,” Jelas Andhika, Jumat (22/12/2023) malam kepada wartawan, di Ganara Art, Lantai 6 Plaza Indonesia.

Ditambahkannya bahwa dengan mengusung konsep ‘Car Free Night‘, warga nantinya bakal dimanjakan dengan berbagai kegiatan seperti pertunjukan Gemilang Silang Monas, video mapping, panggung hiburan serta parade Jakarnaval yang akan menampilkan 10 IP-Based Character Jakarta. Mereka adalah Maskot Jakarta-JeKaTe, Fun Cican, Our Happiness, Cute Monster, Si Juki, Si Unyil, Sayuti Koboi Betawi, Sri Asih, Si Buta dari Gua Hantu dan Satria Dewa Gatot Kaca.

Pada bagian lain, juga siap ditampilkan beragam genre musik, pertunjukan humanoid (manusia patung) serta ragam kegiatan kesenian lainnya juga akan dihadirkan di lokasi panggung hiburan di beberapa titik. Berbagai sinergi dengan para stakeholder turut dilakukan, seperti Cityvision, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) serta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati, mengutarakan sikap antisipasi kegawatdaruratan dengan menyediakan mobil ambulans, posko pelayanan kesehatan, petugas medis di titik-titik lokasi panggung hiburan, serta koordinasi kesiapan ambulans di RSUD terdekat.

“Jadi, kami siapkan 88 petugas medis, 16 unit ambulans mobil, 15 unit ambulans motor, dan 2 unit ambulans sepeda serta layanan kesehatan keliling menggunakan skuter untuk memudahkan pelayanan kesehatan bagi warga dan mengantisipasi apabila terjadi kegawatdaruratan,” tutur Ani.

Namun Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta, Ratu Rante Allo, menambahkan bahwa pihaknya akan menyediakan 42 unit warung listrik yang diisi oleh 84 UMKM pada gelaran bazar. “Pengujian keamanan pangan pada produk makanan UMKM juga akan kami lakukan untuk memastikan makanan yang dijual aman dikonsumsi dan bebas dari bahan berbahaya,” imbuh Ratu.

Selanjutnya Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengutarakan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan para stakeholder terkait untuk mendukung kesuksesan acara perayaan malam tahun baru. Untuk Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada 31 Desember ditiadakan dan digantikan dengan Jakarta Car Free Night dengan penutupan jalan secara bertahapbertaha

“Tentunya, kami sudah menyiapkan 24 titik lokasi parkir yang tersebar di sepanjang area kegiatan. Jalan yang ditutup mulai dari Bundaran Patung Kuda sampai Bundaran Senayan. Namun untuk menyukseskan acara ini, semua akses yang akan menuju ke jalan tersebut akan ditutup dan bersifat situasional,” tutur Syafrin.

Sementara itu Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi DKI Jakarta, Heri Purnama, mengatakan terdapat 1.270 personel gabungan Satpol PP DKI Jakarta disiagakan di 53 titik lokasi pengamanan dan 11 lokasi panggung hiburan. Tujuannya untuk mengantisipasi dari hal yang tidak diinginkan. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Jalan Jembatan & Dermaga Rusak, FASUM KAWASAN KREMATORIUM Cilincing Diperbaiki

Redaksi Posberitakota

Ditengah Ramainya Gemuruh Politik, LUKMAN ABIDIN Terpilih Sebagai Ketua DPC Syarikat Islam Jaktim

Redaksi Posberitakota

Setelah Ketemu Anies Baswedan, KAPOLDA METRO JAYA Jalani Swab Tes & Hasilnya Negatif

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang