Dukung Asian Games, PEDAGANG SATE TAICHAN Direlokasi ke Depan Senayan City

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Sebanyak 100 pedagang Sate Taichan di Jalan Asia-Afrika, Senayan, Jakarta Pusat akan direlokasi ke depan Senayan City (Sensi). Pemindahan sementara itu dilakukan dalam rangka mendukung suksesnya perhelatan Asian Games (AG).

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah serta Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, Irwandi, mengatakan relokasi tersebut untuk merapikan kawasan di sekitar Gelora Bung Karno (GBK) Senayan yang akan digunakan untuk kegiatan Asian Games.

“Supaya kawasan tertib dan lancar sepanjang Jalan Asia Afrika, tidak boleh ada pangkalan PKL. Sekitar 100 pedagang Sate Taichan di dekat pintu gerbang GBK Senayan, kita pindahkan dulu,” ujar Irwandi saat meninjau lokasi, Jumat (20/7).

Langkah relokasi dilakukan tak jauh dari tempat lama, jaraknya hanya beberapa ratus meter saja. “Mereka kami tempatkan sementara di depan gedung Senayan City, tepatnya di tikungan kampus Universitas Prof Dr Moestopo,” kata Irwandi didampingi sejumlah anak buah, termasuk perangkat kelurahan setempat.

Dia meminta kepada para pedagang selaku binaannya untuk mematuhi kebijakan tersebut. “Relokasi ini untuk kepentingan negara yang akan menggelar hajat besar pesta olahraga yang diikuti 50-an negara di Asia,” tambahnya.

Baca Juga:  H-7 Harga Sembako Stabil, PEMPROV DKI Tak Perlu Gelar Operasi Pasar

Kegiatan Asian Games akan berlangsung dari 18 Agustus sampai 2 September. Sedangkan relokasi sementara akan dilakukan mulai 1 Agustus sampai 15 September. “Saya minta petugas Sudin KUMKMK Jakpus berkordinasi dengan kecamatan dan kelurahan untuk memantapkan sosialisasi kepada seluruh pedagang agar semua berjalan sesuai rencana,” tandas Irwandi lagi.

Hasan, salah satu pedagang sate mengaku siap direlokasi ke tempat baru. “Mau nggak mau, para pedagang harus mendukung aturan Gubernur DKI Jakarta, apalagi ini sifatnya hanya sementara,” ujarnya sambil menambahkan tidak ada pedagang yang melawan relokasi tersebut.

Sekitar 100 pedagang Sate Taichan tiap malam berjualan di depan pintu gerbang GBK. Tiap hari, tempat tersebut selalu ramai pembeli, baik yang mengendarai mobil, motor maupun angkutan umum. Aktivitas parkir kadang mengganggu lalulintas dari arah Blok M menuju Semanggi, terutama kalau lagi ramai week end.RED/JOKO

Beri Tanggapan