34.1 C
Jakarta
16 April 2024 - 15:59
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Kirim Tim ke Tokyo, ANIES Bilang DKI Perlu Belajar Penanggulangan Penurunan Muka Tanah

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mengatakan pihaknya akan belajar penanggulangan soal penurunan muka tanah ke Jepang. Ia memilih negara tersebut karena telah berhasil mengatasi masalah yang pernah terjadi di kota Tokyo.

Anies menyebutkan bahwa Tokyo adalah salah satu kota yang mengalami hal serupa dan pemerintah Jepang mampu menanggulanginya. “Untuk itulah kami akan mengirim tim untuk belajar soal penanggulangan penurunan permukaan tanah,” ujar Anies usai rapat Joint Coordinating Committee (JCC) bersama Japan International Cooperation Agency (JICA), Rabu (16/1).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan bersama JICA telah menyusun beberapa kelompok kerja yang akan melaksanakan beberapa tugas. Pertama melakukan pengumpulan data, analisis data, serta membuat sistem pengendalian melalui pembangunan sumur pantau.

Pihaknya juga tengah menyusun rencana tindakan mitigasi berupa pembatasan pengambilan air tanah dan alternatif penyediaan sumber air bersih dalam jangka menengah maupun jangka panjang.

Langkah lainnya adalah melakukan investigasi risiko dan kerusakan akibat penurunan muka tanah melalui survei dan wawancara, serta menyusun rencana adaptasi termasuk perkiraan biaya yang akan digunakan.

Selanjutnya, kata Anies yakni menyiapkan alat bantu visual yang mudah dimengerti oleh masyarakat umum melalui aktivitas seperti halnya kuliah umum. Serta membuat peta jalan (road map) serta menyusun rencana aksi.

“Tadi saya sampaikan juga dalam kesempatan ini bahwa pengukuran itu penting sekali, karena dengan pengukuran yang tepat, dengan lokasi yang akurat maka kita bisa menemukan sebab-sebabnya,” jelasnya. ■ RED/JOKO

Related posts

Melalui Kios & Berbagi Sembako, PAM JAYA Sediakan Akses Air Bagi Warga Muara Angke Jakarta Utara

Redaksi Posberitakota

Raperda Perubahan APBD 2023 Disahkan, PJ GUBERNUR Heru Budi Berharap Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi Jakarta

Redaksi Posberitakota

Meski PAD Sektor Pariwisata Meningkat, GUBERNUR ANIES Minta Jangan Cepat Berpuas Diri

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang