29.2 C
Jakarta
29 April 2024 - 10:07
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Terima Rombongan Indonesia Trek 2024, PJ GUBERNUR HERU BUDI Paparkan Prosfektif Jakarta Sebagai Kota Global

JAKARTA [POSBERITAKOTA] – Kunjungan rombongan Indonesia Trek 2024 pada Kamis (4/2/2024) malam kemarin di Balaikota, disambut hangat Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. Sedangkan acara tersebut dibuka langsung oleh Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta, Sri Haryati.

Selanjutnya, Heru Budi melakukan pemaparan dihadapan 31 mahasiswa dari Universitas Harvard, Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan University of Pennsylvania. Ia memaparkan dengan membahas masa depan Jakarta pascarelokasi Ibukota Republik Indonesia ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang perlu disiapkan dengan matang.

Oleh karenanya, Heru Budi juga mengajak para peserta untuk menjalin kemitraan. Baik itu untuk semakin mengembangkan potensi Jakarta sebagai Kota Global maupun guna mendukung pengembangan IKN Nusantara sebagai pusat administrasi pemerintahan baru Indonesia.

“Jadi, kota perlu bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah di sekitar, masyarakat dan komunitas internasional untuk menghasilkan kebijakan-kebijakan publik yang berdampak. Maka, saya berharap para mahasiswa peserta Indonesia Trek 2024 dapat memberikan masukan terhadap kebijakan pembangunan yang berkelanjutan di Jakarta,” pinta Heru Budi.

Sedangkan mahasiswa Harvard Kennedy School of Government asal Indonesia, Neta Cynara Anggina, menyambut baik ajakan Pj Gubernur DKI Heru Budi untuk menjajaki kemitraan. “Bapak Pj Gubernur Heru Budi, tidak hanya memperkenalkan tradisi dan cita rasa Indonesia kepada para mahasiswa asing yang kami bawa, tetapi juga perspektif tentang Jakarta sebagai ibu kota dan berbagai tantangan maupun kesempatan yang akan dihadapi dalam beberapa tahun ke depan,” katanya.

Ungkapan sama juga diutarakan oleh mahasiswa Harvard Kennedy School of Government asal Kanada, Harout Manougian. Ia menyatakan rasa cinta untuk Jakarta. Jakarta berada dalam posisi yang baik untuk menyambut peralihan Ibu Kota Negara dan sekaligus tetap menjadi pintu gerbang ke Indonesia dan Asia Tenggara.

“Banyak sekali acara besar yang telah diselenggarakan di Jakarta, mulai dari turnamen sepakbola FIFA hingga KTT ASEAN. Sangat mudah untuk jatuh cinta dengan kota ini dan saya berharap untuk kembali,” ucap Harout.

Sementara itu Kepala Biro Kerja Sama Daerah DKI Jakarta, Marulina Dewi, menyampaikan bahwa Biro Kerja Sama Daerah berkomitmen memperluas jejaring kerja sama untuk terus meningkatkan daya saing Jakarta sebagai Kota Global.

“Jadi, pada hari ini kami mempertemukan sejumlah mahasiswa dari universitas terkemuka Amerika Serikat dengan pejabat tinggi Jakarta. Semoga di masa depan, kami dapat menciptakan wadah tukar pikiran serupa untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) potensial Jakarta,” tutur Dewi.

Ikut hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DKI Jakarta Atika Nur Rahmania, Kepala Badan Pembinaan Sumber Daya Manusia DKI Jakarta Mochamad Miftahulloh Tamary, Kepala Jakarta Investment Center Tona Hutauruk, Direktur MRT Jakarta Tuhiyat dan Direktur PAM JAYA Arief Nasrudin.

Seperti diketahui bahwa Indonesia Trek adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Harvard Indonesian Students Association (HISA) dalam rangka memperkenalkan budaya dan mempromosikan Indonesia sebagai tujuan wisata, bisnis, dan pekerjaan. Tahun ini, kegiatan tersebut diikuti oleh 31 mahasiswa dari Indonesia, Amerika Serikat, Australia, Brazil, Kanada, Republik Rakyat Tiongkok dan India. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Segera Akhiri Jabatan Gubernur, ANIES BASWEDAN Minta Doa Husnul Khotimah ke Jamaah Majelis Rasulullah

Redaksi Posberitakota

Stok Buat Ramadhan-Lebaran Aman, ANIES Imbau Warga Tak Perlu Menimbun Beras

Redaksi Posberitakota

Selain Masjid Apung, KOMISI B DPRD DKI Bersama PT JAYA ANCOL Bahas Kelanjutan Pembangunan Museum Nabi Muhammad SAW

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang