34.3 C
Jakarta
29 April 2024 - 13:01
PosBeritaKota.com
Business

Dari Hasil Penilaian Selama 2023, APLI GELAR AWARDS KE-4 & Dibuka Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Gelaran ‘APLI Awards’ ke-4 yang mengacu dari hasil penilaian selama tahun 2023 (JanuariDesember), kembali dihelat Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), bertempat di Hotel Ritz Carlton – Mega Kuningan – Jakarta, Sabtu (13/1/2024) malam.

Dalam kegiatan itu dibuka langsung oleh Penasehat APLI yang juga dikenal sebagai Ketua MPR RI, Dr H Bambang Soesatyo SE SH MBA. Ajang ‘APLI Awards‘ ke-4 merupakan rangkaian suatu kegiatan tahunan Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) Convention 2023 dengan mengusung tema yang diadopsi dari WFSDA World Congress XVII, Dubai, UAE, yakni ”REIMAGINE, REINVENT, REDEFINE”.

Namun disebutkan bahwa makna dari REIMAGINE adalah “building a direct selling business in a digital world”, REINVENT yaitu “understanding the profile of a direct seller”, sedangkan REDEFINE yaitu “quantifying collective impact on societies”.

Patut diketahui bahwa pada era digital saat ini, hampir semua proses bisnis di dunia telah memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik, pertukaran, penjualan barang, pelayanan jasa dan informasi secara elektronik.

Oleh karenanya, maka tema tersebut diatas memberikan pesan agar industri penjualan langsung (Direct Selling) harus segera bertransformasi dari yang bersifat konvensionaldoor to door” menjadi bersifat “digital”, sehingga dapat memasarkan secara luas untuk membangun, meningkatkan dan mempertahankan reputasi dan  kelangsungan industri penjualan langsung dengan cara membangun bisnis penjualan langsung di dunia digital (REIMAGINE), memahami profil penjual langsung secara menyeluruh (REINVENT) dan mengukur dampak kolektif terhadap loyalitas dan kepercayaan masyarakat (REDEFINE).

Sebagai contoh di beberapa negara di dunia, telah mengizinkan penjualan produk-produk penjualan langsung untuk dijual melalui Marketplace yang antara lain di Malaysia. Sedangkan di Thailand, Brazil dan China dapat menjual produk-produk penjualan langsung melalui platform Digital Marketing. 

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini juga dihadiri para pelaku industri Penjualan Langsung serta pemangku kepentingan guna mensosialisasikan kembali industri Penjualan Langsung serta dampak positif secara ekonomi dan sosial terhadap masyarakat

Pada gelaran ‘APLI Awards 2023’ ini merupakan penyelenggaraan kegiatan tahun ke-4 yang sebelumnya diawali oleh ‘APLI Awards‘ di tahun 2020, 2021 dan 2022. Sedangkan tujuannya untuk memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para mitra usaha yang telah mencapai peringkat tertinggi untuk kategori Top Sales Volume dan Top Sponsoring di perusahaan penjualan langsung khususnya perusahaan anggota APLI. Dan, ini merupakan bukti bahwa industri Penjualan Langsung memberikan peluang tak terbatas untuk menjadi seorang ENTREPREUNER tanpa harus dari pemilik modal, tanpa melihat latar belakang pendidikan.

Seperti dikatakan Ketua Umum APLI, Kany V. Soemantoro bahwa pihaknya justru ingin mengajak para mitra usaha yang terdaftar di perusahaan Penjualan Langsung yang bernaung di APLI, yakni untuk tetap memiliki semangat yang tinggi membangun bangsa melalui kiprahnya di bisnis Penjualan Langsung secara sehat dan benar. Saat ini industri Penjualan Langsung mampu mendongkrak perekonomian negara dengan cukup signifikan, sumbangan terhadap produk domestik bruto di dominasi oleh konsumsi rumahtangga serta berkontribusi positif dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Sementara itu selaku Sekjen APLI, Ina Rachman, ikut menambahkan agar industri Penjualan Langsung ini terus bertumbuh di abad digital. Maka agar industri Penjualan Langsung ini tidak punah, karena ketinggalan zaman, diperlukan peraturan yang khusus untuk mengatur dan membolehkan kegiatan industri Penjualan Langsung ini melalui platform digital sehingga dapat merubah paradigma “bisnis klasik” dengan menumbuhkan model-model interaksi dan transaksi yang modern antara perusahaan Penjualan Langsung dengan para mitra usahanya secara virtual tanpa menghilangkan ciri distribusi eksklusifnya.

Di ajang ‘APLI Awards ke-4 2023’ kali ini, disponsori banyak pihak. Mereka antara lain dari oleh NU SKIN INDONESIA, HERBALIFE, BERKAH AMANAH SELALU (BASU), PM INTERNATIONAL DEPINDO dan FITLINE. Selain itu juga bertabur doorprizes dan para tamu yang hadir akan membawa pulang goodie bag mewah persembahan dari JAFRA, TUPPERWARE, HWI, ATOMY, MILAGROS, HDI dan ORIFLAME serta dukungan dari para mitra afiliasi APLI © (RED/AGUS SANTOSA)



Related posts

Dari Warta Ekonomi, BANK DKI Menerima Penghargaan Sebagai ‘Top BUMD 2024’ Atas Kinerja Pengembangan Produk & Layanan Berbasis Digital

Redaksi Posberitakota

Hingga September Naik 2% Dibanding Tahun Lalu, BANK DKI Tingkatkan Rasio Kredit untuk UMKM

Redaksi Posberitakota

Job numbers show tremendous growth in state’s travel industry

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang