31.5 C
Jakarta
27 April 2024 - 19:28
PosBeritaKota.com
Politik

Sempat Turun Hujan,  1650 WARGA RW 025 VGH BABELAN BEKASI Tetap Semangat untuk ‘Nyoblos’ di Pemilu Serentak 2024

BEKASI (POSBERITAKOTA) – Meski sempat diguyur hujan deras saat mau memulai (dibuka) waktu pencoblosan, ternyata tak mengurangi 1650 warga RW 025 Perumahan Villa Gading Harapan (VGH) Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi (Jawa Barat) untuk datang ke bilik suara dari 6 TPS (tempat pemungutan suara) yang sudah tersedia.

Setelah rada molor sekitar satu jam lebih, akhirnya satu persatu warga masyarakat setempat pun, mulai berdatangan. Dengan cara melakukan registrasi sambil menyodorkan surat pemanggilan sebagai pemilik hak suara, panitia memberikan 5 surat suara yang terdiri untuk Pemilihan Presiden (Pilpres), Caleg DPR RI, DPR   TK I Provinsi Jabar, DPR TK II Kabupaten Bekasi serta DPD RI Provinsi Jabar.

Yang pasti, mereka terlihat begitu bersemangat untuk berpatisipasi dalam hajatan nasional ‘Pesta Demokrasi / Pemilu 2024‘ yang diadakan serentak, Rabu (14/2/2024) sejak pagi  hari hingga penutupan pendaftaran pada pukul 12.00 WIB. Selanjutnya, dibuka lagi untuk pemilih tambahan, antara pukul 12.00 – 14.00 WIB. Sedangkan untuk rekapitulasi atau perhitungan suara, dilakukan tepat pada pukul 15.00 WIB hingga selesai.

Tim Monitoring dari Kelurahan Kebalen untuk pelaksanaan Pemilu 2024 yang dipercayakan kepada Ujang Dirman selaku Ketua RW 025 VGH setempat, nampak ikut sibuk terjun ke lapangan. Tujuannya tentu saja demi melalukan koordinasi kepada semua pelaksana (panitia) di 6 TPS yang sudah siap menampung 1500 orang DPT dari warga RW 025 dan tambahan 150 orang DPT dari RW 024 VGH.

“Saya melihat seluruh panitia yang berjumlah antara 40 sampai 60 orang dengan di bidang masing – masing begitu bersemangat. Tentu hal itu patut diapresiasi. Alhamdulillah, pelaksanaan pencoblosan sejak awal hingga selesai, berjalan lancar dan aman,” tegas Ujang Dirman kepada POSBERITAKOTA, Rabu (14/2/2024).

Pada intinya, ditambahkan Ketua RW 025 VGH itu lebih lanjut, pelayanan terbaik telah dilakukan oleh seluruh yang terlihat di kepanitiaan. Meski ada muncul protes dari warga, karena mereka ada yang harus menunggu terlalu lama, perlu dipahami, karena memang sejak awal sudah ada kendala alam, yakni turunnya hujan.

Suyatno yang ‘mengkomandoi‘ seluruh panitia, menegaskan berdasar pengalaman dari Pemilu-Pemilu sebelumnya, diupayakan agar bisa meminimalisir kendala. Warga pun bisa dengan nyaman untuk melaksanakan hak konstitusionalnya (memberikan suara) di Pemilu Serentak 2024.

“Bicara puas atau nggak puas itu, sangat relatif. Tapi, saya bersama teman-teman panitia lain, lebih mengutamakan kemudahan kepada warga yang ingin mencoblos. Syukur alhamdulillah, bisa berjalan lancar, aman dan nyaris tak ada kejadian yang bisa dianggap mengganggu,” terang Suyatno, lagi.

Dari ke-6 TPS terlihat dibuat senyaman mungkin. Bahkan, bisa disebut memenuhi unsur pelaksaan yang diharapkan, yakni ‘Luber & Jurdil (langsung – bebas – rahasia, jujur dan adil). Warga yang datang pun sangat tertib serta terlihat cukup sabar dalam menunggu giliran untuk mencoblos.

Unsur keamanan baik dari Mapolsek Babelan maupun keamanan Linmas, juga terlihat mampu memberikan rasa aman. Namun ada hal yang bisa dikatakan sangat positif, terkait pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, khususnya di wilayah RW 025 VGH.

“Momentum pencoblosan Pemilu 2024 ini, lagi-lagi menjadi arena atau simpul seluruh warga RW 025 VGH untuk bersilaturahmi. Ada yang bisa dirasakan sisi positifnya. Dari yang jarang atau tak pernah bertemu muka, nah saat Pemilu 2024 ini, kembali terbangun ajang silaturahmi,” tutur Rohmat Triyanto, warga RT 12/RW 025 VGH.

Dari pantauan POSBERITAKOTA hingga sore hari waktu perhitungan suara, Paslon 03 Prabowo Subianto –  Gibran Rakabuming Raka, memang di 3 TPS. Sedangkan di 2 TPS, justru Paslon 01 Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar juga memenangi perolehan suara. Sementara Paslon 03 Ganjar Pranowo – Mahfud MD, kurang maksimal dalam hal perolehan suara di 6 TPS yang ada. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Pilih Dukung Prabowo, RHOMA IRAMA Bilang Demokrasi Itu Perbedaan & Harus Dihormati

Redaksi Posberitakota

Dibahas Dalam RAPBD DKI 2019, DANA BANTUAN Parpol Naik Dua Kali Lipat

Redaksi Posberitakota

Tetap Dukung Ganjar, KETUA DPP THOBAHUL AFTONI Sebut Pihak Pejuang PPP Cari Peluang Membelot ke Prabowo

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang