PosBeritaKota.com
Megapolitan

Melalui Online, RSUD TAMANSARI JAKBAR Terima Pendaftaran Diduga Caleg Stress karena Tak Lolos di Pemilu 2024

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Selain Timses, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tamansari Jakarta Barat (Jakbar) menerima pendaftaran sejumlan Caleg yang diduga stress, karena tak lolos di Pemilu 2024. Meski mereka melakukan pendaftaran melalui jalur online.

Sedangkan RSUD Tamansari seperti dikatakan Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD Tamansari, dr Ngabila Salama, menyediakan layanan uji stress. Bahkan, sudah mulai dibuka bagi peserta Pemilu yang gagal lolos atau terpilih, Rabu (14/2/2024).

“Sebenarnya, biaya uji stres di rumah sakit, bisa dikenakan Rp 250.000 per orang. Namun pada saat pengujian Selasa (20/2/2024) mendatang, pasien dapat memanfaatkannya secara gratis,” tutur dr Ngabila seraya memyarankan bagi peminat agar  mendaftar di bit.ly/skriningjiwarsudtamansari.

Ditambahkan bahwa untuk program tersebut, RSUD Tamansari juga bekerjasama dengan RS Soeharto Heerdjan. Selain itu juga akan ada interpretasi hasil tes canggih ini oleh psikiater dan psikolog klinis dan sekaligus penyuluhan.

“Pada saat ini sudah 40 orang mendaftar dan beberapa di antaranya tertulis di kolom institusi sebagai timses caleg di bit.ly/skriningjiwarsudtamansari,” ungkap dr Ngabila, Kamis (15/2/2024).

Untuk mempermudah pelayanan, RSUD Tamansari juga berencana membuka layanan konsultasi online lewat aplikasi Zoom selama 15 menit per pasien sebagai penapisan awal kasus.

Upaya ini dilakukan untuk memutuskan apakah perlu tatap muka dengan psikiater RSUD Tamansari untuk konseling dan atau pengobatan atau tidak.

“Dalam pencegahan dan pengendalian penyakit termasuk kesehatan mental, ingat konsep cegah sakit dan cegah komplikasi atau meninggal,” imbuhnya.

Selain itu, kata dia, RSUD Tamansari juga siap menerima konsultasi secara langsung terhadap indikasi gangguan mental dari Caleg, Timses Caleg, KPPS, fans fanatik dan partisipan Pemilu lainnya.

Untuk layanan dibuka dari hari Senin-Sabtu pada pukul 12.00-21.00 WIB atau sesuai jadwal praktek psikiater. Sedangkan pendaftaran dapat menghubungi HP 085892481576.

“Namun untuk tarif pasien umum konseling dengan psikiater dikenakan biaya Rp 60.000 saja. Jika ada rujukan BPJS dari FKTP maka gratis,” ucapnya.

Di sisi lain, dr Ngabila juga menghimbau masyarakat untuk melakukan pencegahan misalnya membaca rutin tentang kesehatan mental dari sumber yang valid. Jangan lupa selalu berpikir positif dan mengambil hikmah positif dari setiap peristiwa.

“Ketiga, harus ceria sesuai anjuran Kemenkes yakni cerdas intelektual, spiritual, emosional, empati, rajin ibadah, interaksi yang bermanfaat, asah asih asuh pada keluarga,” paparnya, lagi.

Keberadaan RSUD Tamansari pada kondisi tertentu yang terkontrol juga merawat kasus gangguan jiwa di rawat inap seperti: Skizofrenia, Skizoafektif, Bipolar, Gangguan mental organik, dan lainnya. Tetapi jika tidak memungkinkan akan dirujuk ke RS Soeharto Heerdjan / RSKD Duren Sawit. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Bersama Kapolda Metro, PJ GUBERNUR DKI HERU BUDI Ujicoba Rekayasa Lalin Urai Kemacetan Simpang Santa

Redaksi Posberitakota

Gelontorkan Rp 9,4 T, PEMPROV DKI & KEMENKEU Bikin Perjanjian Hibah Proyek MRT Fase 2

Redaksi Posberitakota

Info Penting BPBD DKI, FENOMENA Tanah Bergerak Bisa Terjadi di Jakarta

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang