29.2 C
Jakarta
29 April 2024 - 09:43
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Berkat Sukses Program Ekologi, HERU BUDI Antarkan Jakarta Raih Enam Penghargaan Adipura

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pengamat Kebijakan Publik GMT Institute, Agustinus Tamtama Putra, menyatakan apresiasinya atas prestasi yang diraih Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dibawah Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono dan berhasil mendapatkan enam penghargaan piala Adipura.

Dikatakan pria yang akrab disapa Tamtam bahwa penghargaan tersebut tidak terlepas dari komitmen Heru Budi dalam menggenjot kesadaran warga terhadap lingkungan alam sekitar. Tamtam menyebutkan, aksi menjaga kebersihan lingkungan tersebut adalah upaya Heru Budi membangun Jakarta Ekologis.

“Jadi, Piala Adipura dianugerahkan sebagai bentuk motivasi untuk terus meningkatkan upaya dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan hidup. Sedari awal ini memang diusahakan oleh Pj Heru Budi dalam program yang saya sebut Jakarta Ekologis,” ujar Tamtam dalam keterangannya kepada POSBERITAKOTA, Rabu (20/3/2024).

Pada bagian lain, Tamtam juga menegaskan bahwa prestasi Jakarta menjadi peraih dan pemenang Penghargaan Adipura 2023, bukan datang dalam semalam atau semudah membalikkan telapak tangan, melainkan hasil kerja keras Heru Budi mengkonsolidasi birokrasi sampai terbentuknya dedikasi dan semangat juang lintas sektor dan lini di seluruh Pemprov DKI Jakarta.

“Tentu semua elemen kota maupun kabupaten administrasi DKI Jakarta mengupayakan layanan prima dan terbaik untuk memperoleh penghargaan bergengsi tersebut. Patut diakui bahwa memang pada masa Heru Budi Hartono memimpin Jakarta, banyak perkembangan positif terjadi,” ujarnya.

Ditambahkan Tamtam bahwa ekologis terkait erat dengan ekosistem dan keanekaragaman biodiversitas. Sebab, menurut ahli filsafat ini, Jakarta pelan-pelan namun pasti semakin hijau dari hari ke hari seiring dengan semakin lebatnya dedaunan dan tumbuhnya pepohonan yang secara massif ditanam di seantero Jakarta.

Dalam penilaian Tamtam bahwa perhatian besar pada lingkungan hidup tersebut telah menjadikan Jakarta dibawah komando Heru Budi sebagai kota yang ramah lingkungan, bersih dan rapi. Ia menyampaikan, kerja kerasnya dalam pembangunan, selaras dengan cita-cita Jakarta sebagai Kota Global pasca pemindahan ibu kota ke Kalimantan.

“Hal yang positif, karena betapa segar dan sejuk bila di seluruh kota semakin banyak ruang terbuka hijau yang bukan hanya menyalurkan oksigen. Tetapi juga sanggup menyerap radikal bebas dan karbondioksida yang menyebar dalam partikel yang dikeluarkan oleh asap kendaraan dan polusi lainnya,” paparnya, lagi.

Perlu dan patut diketahui bahwa penilaian Adipura secara fisik dilakukan di 20 lokasi dengan 124 komponen dan 268 sub-komponen penilaian. Lima kota administrasi di DKI Jakarta yakni Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Jakarta Timur meraih penghargaan Anugerah Adipura kategori Kota Metropolitan. Sementara Kabupaten Kepulauan Seribu meraih Adipura kategori Kota Kecil.

“Saya melihatnya, jika yang lain masih bermimpi memimpin Jakarta, tapi Pj Gubernur Heru Budi Hartono justru sudah memimpin Jakarta dan mewujudkan kemajuan tersebut secara nyata dalam realitas. Jadi, bukan dalam bentuk angan-angan,” pungkas Tamtam.© RED/PBK/AGUS SANTOSA

Related posts

Jangan Cuma di K3, AMLI Dukung Pemprov DKI Copot Reklame Langgar Izin

Redaksi Posberitakota

Diikuti 772 Anak Didik TK-SMA, SUDIN PUSIF Jakarta Pusat Gelar Hanjaba

Redaksi Posberitakota

Jika Disusupi LGBT, EKI PITUNG Serius Bakal Tegas Bubarkan Ajang ‘Citayam Fashion Week’ di Dukuh Atas

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang