PosBeritaKota.com
Nasional

Dengan Memperluas Aksebilitas Layanan Perbankan Berbasis Digital, BANK DKI Ingin Wujudkan Jakarta Sebagai Kota Global

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Selain terus menginisiasi pengembangan, Bank DKI juga tak mandek berinovasi produk dalam hal layanan berbasis digital untuk perluasan aksesibilitas. Tekad itu dilakukan karena ingin mewujudkan visi Jakarta sebagai Kota Global di masa mendatang.

Sedangkan untuk pengembangan layanan perbankan digital JakOne Mobile, juga telah dilakukan sebagai pembayaran elektronik berbasis kartu JakCard. Termasuk dukungan UMKM dengan sistem keagenan JakOne Abank dengan berbagai upaya kolaborasi, misalnya elektronifikasi pembayaran terintegrasi pada moda transportasi.

Terkait layanan tersebut, juga mencakup pembayaran tempat wisata kelolaan Pemprov DKI, digitalisasi pembayaran pasar kelolaan Perumda Pasar Jaya hingga berbagai kolaborasi digital dengan BPD, BUMD dan entitas lainnya.

Namun terkait jumlah pengguna aplikasi JakOne Mobile mobile banking Bank DKI periode Q4 2023 mencapai 2,23 juta orang. Hal itubtumbuh 12,11% (YoY) dibanding periode yang sama pada Q4 2022, dengan volume transaksi sebesar 29,62 juta transaksi dan nominal transaksi mencapai Rp 30,63 triliun.

Sedangkan jumlah pengguna aplikasi JakOne Abank yang merupakan layanan perbankan sistem keagenan dengan menggunakan perangkat Mobile Point of Sale (MPOS) pada Q4 2023 mencapai 4,99 ribu agen, dimana tumbuh 170,42% (YoY) dibanding periode Q4 2022 dengan volume transaksi sebesar 3,18 juta transaksi dan nominal transaksi mencapai Rp 1,72 triliun.

Lain lagi dengan pengguna JakOne Merchant yang menyediakan layanan pembayaran secara real time dengan menggunakan QRIS pada periode Q4 2023 mencapai 31,47 ribu merchant.

Untuk angkanya mengalami pertumbuhan sebanyak 101,39% (YoY) dibanding periode yang sama tahun sebelumnya,dengan volume transaksi sebesar 3,25 juta transaksi dan nominal transaksi mencapai Rp 533,55 miliar.

Yang terbaru di penghujung tahun 2023, Bank DKI memperkenalkan Jakarta Tourist Pass yang merupakan solusi digital berbasis kartu elektronik (JakCard Bank DKI) dan aplikasi (JakOne Pay Bank DKI) yang dapat digunakan untuk mempermudah wisatawan dalam mengakses layanan pariwisata di Jakarta.

JakOne Mobile – Jakarta Tourist Pass memiliki sejumlah fitur, yakni Maps yang menyajikan daftar lokasi destinasi wisata, fitur Event yang digunakan sebagai sumber referensi lokasi, waktu dan harga tiket destinasi wisata di Jakarta, fitur pembayaran dengan metode scan to pay, update balance hingga Top Up JakCard.

Dalam hal kebutuhan tiket elektronik transportasi terintegrasi di Jakarta seperti KRL Commuter Line, Transjakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta hingga LRT Jabodebek, dapat diakses dengan JakCard Bank DKI.

Terkait hal itu semua Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, mengatakan bahwa pihaknya terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dan inovatif demi kenyamanan transaksi, serta mendukung sinergi dengan berbagai pihak dalam mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global.

“Soal produk dan layanan Bank DKI akan terus diperluas seiring dengan visi Bank DKI untuk mendukung pertumbuhan Jakarta melalui pengembangan UMKM, kemudahan bertransaksi dan mewujudkan sistem transaksi non-tunai,” tegas Arie kepada media di Jakarta, Jumat (29/3/2024).

Sebelumnya, Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah. Penghargaan ini diserahkan langsung pada gelaran 5th Anniversary Indonesia Best CEO Awards 2024 yang diselenggarakan  Kamis (21/03) yang baru lalu di Jakarta.

Sementara itu Direktur Teknologi dan Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono melalui keterangan resmi, mengucapkan rasa syukur atas penghargaan yang diterima dan turut mendedikasikannya kepada seluruh tim Manajemen dan insan karyawan Bank DKI yang terus memberikan kinerja terbaik bagi Perseroan.

“Penghargaan yang diraih pastinya menjadi dorongan bagi Bank DKI untuk terus meningkatkan kinerja sehingga mampu meraih visi menjadi bank pilihan masyarakat dan berimplikasi terhadap perekonomian Jakarta,” ucap Amirul.

Penghargaan Indonesia Best 50 CEO Awards 2023 merupakan bentuk apresiasi kepada para Chief Executive Officer (CEO) dan pemimpin lembaga pemerintahan/publik pilihan panelis dan The Iconomics dari berbagai sektor, baik BUMN, BUMD, swasta nasional dan internasional.

Penilaian dilakukan melalui riset dengan beberapa kriteria, diantaranya (1) Popularity, (2) Competency, (3) Personality, dan (4) Crisis Leadership. Riset dilakukan terhadap 10.000 responden dan CEO yang meraih penghargaan merupakan peraih nilai tertinggi pada masing-masing industri atau minimal memenuhi skor 3,00 dari skala 4,00.

Founder & CEO The Iconomics, Bram S Putro pada saat membuka acara penghargaan mengatakan, bahwa Indonesia Best 50 CEO 2024 (Employees Choice) merupakan rangkaian acara dari Indonesia Popular CEO, dan Indonesia Public Leader 2024.

“Indonesia Best 50 CEO 2024 yang digelar setiap tahun ini telah memasuki tahun kelima, penghargaan ini adalah penghargaan yang sangat bergengsi untuk para pemimpin di Indonesia,” tutup Bra. © RED/PBK/AGUS SANTOSA

Related posts

Program Nasional, KAPOLRI Dukung Penuh Penertiban Kawasan Bebas Batam & Pesisir Timur Sumatera

Redaksi Posberitakota

Di Kawasan Puncak Bogor, FADLI ZON Tinjau Lokasi Musibah Longsor

Redaksi Posberitakota

Usung Slogan Promoter, POLDA PAPUA BARAT Gerakan Masyarakat Melalui Kreasi Bhabinkamtibmas

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang