PosBeritaKota.com
Sport

Menang 4-2 Lewat Drama Adu Penalti, ITALIA Kubur Impian Spanyol ke Partai Final Euro 2020

LONDON (POSBERITAKOTA) – Bravo. Akhirnya, Timnas Italia berhasil lolos ke final Euro 2020, setelah dalam laga semifinal menang lewat drama adu penalti 4-2 atas Spanyol. Pertarungan cukup sengit hingga 90 menit pertama dan dua kali babak tambahan namun tetap dengan hasil seri 1-1. Hasil adu penalti 4-2 bagi Italia sekaligus mengubur impian Spanyol untuk melaju ke puncak juara.

Nampak terlihat kualitas permainan Tim Italia dalam
semifinal Rabu (7/7/2021) dinihari WIB di Stadion Wembley, London. Italia lebih dahulu unggul melalui gol Federico Chiesa. Setelahnya, Alvaro Morata berhasil menyamakan skor. Setelah tambahan waktu, kedua tim masih berbagi skor imbang 1-1.

Giliran dalam drama adu penalti, nampak pemain Italia yang sukses mencetak gol. Mereka adalah Andrea Belotti, Leonardo Bonucci, Federico Bernardeschi dan Jorginho. Sedangkan penembak pertama Manuel Locatelli sempat gagal.

Sementara di kubu Timnas Spanyol, hanya dua pemain berhasil mencetak gol dari titik putih yakni Gerard Moreno dan Thiago Alcantara. Apes bagi Dani Olmo dan Alvaro Morata, sepakannya terbukti gagal.

Dikatakan Roberto Mancini, pelatih Italia, skuadnya menurunkan formasi 4-3-3. Bahkan, Italia tak diperkuat bek kiri Leonardo Spinazzola yang harus menjalani operasi di Finlandia karena mengalami cedera saat melawan Belgia. Mancini menunjuk Emerson sebagai penggantinya untuk memperkuat lini pertahanan.

Yang jelas, bek Chelsea tersebut harus mendampingi Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci serta Giovanni Di Lorenzo di bagian belakang. Jadi, strategi yang dipasang adalah keempatnya diminta untuk mengawal kiper Gianluigi Donnarumma.

Sedangkan trio Federico Chiesa, Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne pegang peran di barisan depan. Untuk barisan tengah, Mancini menurunkan Marco Verratti, Jorginho dan Nicolo Barella.

Sama dengan pelatih Spanyol, Luis Enrique. Ia juga mengusung formasi serupa dengan Italia, 4-3-3. Salah satu dari trisula lini depan Pablo Sarabia, urung dipasang karena masih cedera. Dan, Dani Olmo diturunkan sebagai penggantinya.

Selain itu, Enrique juga tak menurunkan Avaro Morata sebagai starter di lini depan kali ini. Posisinya digantikan Mikel Oyarzabal. Olmo dan Oyarzabal akan bermain bersama Ferran Torres pada barisan penyerang.

Yang bertugas membantu barisan tengah antara lain Koke, Sergio Busquets, dan Pedri. Sedangkan duet Eric Garcia dan Aymeric Laporte menjaga jantung pertahanan. Keduanya didampingi Cesar Azpilicueta di sisi kanan dan Jordi Alba di sisi kiri. Untuk penjaga gawang dikawal Unai Simon.

Ketika peluit dibunyikan sebagai pertanda pertandingan dimulai, Italia langsung menekan pertahanan Spanyol melalui Nicolo Barella yang memanfaatkan umpan Emerson sejak menit ke-5. Barela sempat melepaskan tendangan ke arah gawang namun mengenai tiang. Asisten wasit juga mengangkat bendera karena Ciro Immobile terperangkap offside.

Namun begitu sepuluh menit kemudian, giliran Spanyol mengancam. Ferran Torres melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti yang nyaris menjadi gol seandainya tidak melenceng ke sisi kiri.

Justru di menit ke-25, Spanyol memiliki peluang emas melalui Dani Olmo. Pemain RB Leipzig ini mendapat sodoran dari Oyarzabal. Hanya sayang tendangannya dari tengah kotak penalti berhasil diblok penjaga gawang Donnarumma.

Pertandingan di babak pertama ini bola lebih banyak dikuasai Spanyol. Namun serangan mereka kerap dipotong Italia sebelum sampai ke pertahanan. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga babak pertama berakhir.

Beda lagi begitu memasuki
babak kedua, Italia menekan melalui Ciro Immobile. Namun tendangan penyerang Lazio ini melenceng dari sasaran.

Italia akhirnya mengakhiri kebuntuan pada menit ke-60. Berawal sukses kiper Donnarumma menggagalkan serangan Spanyol. Dia lalu melepaskan umpan yang menjadi awal serangan balik.

Tak berapa lama, Federico Chiesa mendapat sodoran dari Ciro Immobile. Pemain Juventus ini lalu melepaskan tendangan kaki kanan dari kotak penalti. Kiper Unai Simon tak bisa bereaksi dan hanya menyaksikan bola masuk ke gawangnya.

Sayannya, Italia gagal mempertahankan keunggulan hingga pertandingan usai. Pada menit ke-80, Spanyol berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol yang membawa pasukan Luis Enrique menyamakan kedudukan dicetak Alvaro Morata.

Posisi Morata, yang menggantikan Ferran Torres pada menit ke-62, berhasil menyamakan kedudukan setelah mendapat umpan dari Dani Olmo. Dengan tendangan kaki kiri, striker Juventus ini melepaskan tembakan dari tengah kotak penalti. Bola bergulir ke pojok kiri bawah gawang dan tak mampu diselamatkan kiper Gianluigi Donnarumma.

Hasil skor imbang 1-1 dalam 90 menit, membuat partai ini harus dilanjutkan dengan babak tambahan. Begitu masuk perpanjangan waktu babak pertama, Spanyol memiliki dua peluang melalui Dani Olmo dan Alvaro Morata. Lagi, aksi keduanya gagal membuahkan gol lantaran bola tembakan mereka diselamatkan kiper serta diblok.

Timnas Italia sebenarnya berhasil mencetak gol melalui Domenico Berardi pada menit ke-111. Lantaran terjebak offside, gol tersebut pun dianulir. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Sama Taufik Hidayat di Indonesia, LEE CHONG WEI Sebut Belum Ada Penggantinya di Malaysia

Redaksi Posberitakota

Cabut dari Barca, ARTURO VIDAL Teken Kontrak 2 Tahun Resmi Gabung di Inter Milan

Redaksi Posberitakota

Italia ‘Cukur Gundul’ Uruguay dalam Laga Persahabatan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment