32.1 C
Jakarta
23 July 2024 - 15:18
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Masuk H-10 Lebaran, TERMINAL KAMPUNG RAMBUTAN Mulai Dipadati Pemudik & Siap Tinggalkan Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Meski baru memasuki H-10 Lebaran (Hari Raya Idhul Fitri 1445 H), Terminal Bus AntarKota/AntaProvinsi (AKAP) di Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, mulai dipadati oleh pemudik, Minggu (31/3/2024). Mereka pun sepertinya ingin pulang kampung lebih dini, tentu untuk  meninggalkan Jakarta dan sekitarnya.

Dari hasil pantauan langsung POSBERITAKOTA di lapangan, tercatat ada ratusan penumpang yang siap-siap berangkat dengan menggunakan bus AntarKota/AntarProvinsi (AKAP). Mereka dengan tujuan, bukan cuma di sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tidak sedikit yang bertujuan ke wilayah Pulau Sumatera (Padang, Palembang, Lampung).

Nampak pula puluhan Bus AntarKota/AntarProvinsi (AKAP) dan Bus Antarkota dalam Provinsi (AKDP), terlihat terparkir di selasar keberangkatan. Namun tidak terlihat adanya penumpukan penumpang maupun antrean di Terminal Kampung Rambutan.

Seperti dikatakan Warno (38), warga Pasar Minggu (Jaksel) yang harus pulang lebih dulu ke kampung halamannya di Semarang (Jateng). Kebetulan, kata dia, pekerjaannya sebagai kuli bangunan sudah rampung. Istri dan anak-anak sudah menunggu, karena harus buru-buru belanja untuk kebutuhan Lebaran.

“Hampir setiap tahun, saya memilih pulang H-10 sebelum jatuh Hari Raya Idhul Fitri. Alasan lain ya karena takut tak kebagian tiket dan harus berdesak-desakan,” tutur bapak dari 2 anak tersebut yang 3 bulan belakangan tak pulang ke kampung halaman.

Jika memilih naik bus, menurut dia, karena dua kali lipat lebih murah daripada harga tiket pesawat. Saya memilih Mudik Lebaran lebih awal, takutnya kehabisan tiket kalau di akhir-akhir,” katanya.

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan memprediksi puncak arus Mudik Idhul Fiitri 1445 Hijriah akan jatuh pada 5-7 April 2024. Sedangka untuk  arus balik diprediksi terjadi pada 14-15 April 2024.

Selanjutnya, Kementerian Perhubungan memprediksi akan ada 193.6 juta orang atau 71,7% penduduk Indonesia menjalani pergerakan Mudik selama masa angkutan Lebaran 2024. © RED/PBK/THONIE AG/ EDITOR : GOES

Related posts

Program Rumah DP 0 Rupiah, ANIES Akui Bukan Untuk Warga Miskin

Redaksi Posberitakota

Dirawat di RS Mitra Keluarga Kemayoran Jakpus, PEGAWAI DPRD DKI JAKARTA Positif Kena COVID-19

Redaksi Posberitakota

Ditengah Pandemi COVID-19, PELAYANAN PUSKESMAS BABELAN Tegas Pakai Protokol Kesehatan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang