Gelar Patroli Cipta Kondisi, SATPOL PP DKI Gerak Cepat Antisipasi Gangguan Keamanan & Ketertiban Jelang Lebaran

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Keamanan dan ketertiban Kota Jakarta menjadi concern besar bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Apalagi menjelang Lebaran tiba. Dengan begitu, warga Jakarta pun bisa menyambut dengan perasana suka cita di hari kemenangan Idhul Fitri 1445 Hijriyah.

Karena itu pula, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI bekerjasama dengan jajaran Kepolisian dan TNI, menggelar patroli cipta kondisi di wilayah DKI Jakarta.

Dikatakan Kepala Satpol PP DKI, Arifin, langkah pengamanan secara intensif dilakukan untuk mencegah tindakan yang dapat merugikan masyarakat. Salah satunya adalah aksi motor atau mobil konvoi yang berpotensi terjadinya tawuran.

“Maka itu, pengamanan dilakukan oleh Satpol PP bersama aparat Kepolisian dan TNI, yakni terhadap aksi konvoi para pelajar di jalanan. Perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya tawuran antarpelajar atau remaja,” tegas Arifin dalam keteranganny di Jakarta, Senin (8/4/2024).

Masih menurut keterangan Arifin, sebelumnya Satpol PP bersama TNI-Polri berhasil mengamankan 132 pelajar dan mengamankan barang bukti yang terdiri dari 51 sepeda motor, 17 petasan dan delapan bendera, Minggu (7/4/2024.

Menurutnya terhadap ratusan pelajar tersebut, diamankan karena terbukti membawa petasan dan bendera. Selain itu juga melakukan aksi konvoi dengan kendaraan bermotor dan berpotensi terjadinya, aksi tawuran.

“Untuk ratusan pelajar dan barang bukti tersebut, dibawa ke Polsek Tanah Abang, Jakarta Pusat dan Polsek Cengkareng, Jakarta Barat. Mereka bakal dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kami mengamankan pelajar paling banyak di wilayah Kota Jakarta Pusat sebanyak 107 pelajar dan Kota Jakarta Barat sebanyak 25 pelajar,” jelas Arifin, lagi.

Dalam kegiatan tersebut, Satpol PP DKI Jakarta berhasil membubarkan konvoi kendaraan yang berada di Jalan Kyai Tapa dan Jalan Lada, Jakarta Barat. Patroli petugas Satpol PP Kota Jakarta Timur bersama unsur TNI-Polri juga berhasil membubarkan konvoi sekumpulan pemuda di sekitar kawasan Jalan Pemuda dan Jalan Matraman Raya.

Oleh karenanya, Arifin menghimbau agar baik para pelajar serta pemuda di Jakarta, harus ikut menjaga suasana tetap kondusif, aman dan tertib. Baik itu selama bulan Ramadan maupun menjelang Hari Raya Idhul Fitri 1445 H.

“Ayo marilah kita menahan diri dan saling menghormati dalam pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. Bersama kita jaga situasi tetap tertib dan kondusif dalam menghadapi perayaan Idhul Fitri dan libur Lebaran,” kata Arifin, memungkasi keterangannya. © RED/PBK/AGUS SANTOSA

Related posts

Beri Layanan Merata & Berkualitas, PEMPROV DKI Targetkan Secara Prima Proses PPDB Tahun Pelajaran 2024 /2025

Jadi Proyek Strategis Nasional, WASEKJEN FPPJ ANDRI RUKMANA Sebut Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B Selayaknya Didukung

Gelar Upacara Harkitnas ke-166, JAKARTA Diharapkan Jadi Leader Kota Global di Tingkat Dunia