Diumumkan Menag RI, PEMERINTAH Resmi Tetapkan Lebaran Jatuh pada Rabu 10 April 2024

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemerintah RI melalui Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas resmi menetapkan Hari Raya Idhul Fitri 2024 atau 1 Syawal 1445 Hijriah, jatuh pada Rabu 10 April 2024.

Untuk penetapan tersebut dikeluarkan berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) dan dipimpin oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas, Selasa (9/4/2024)

“Akhirnya disepakati bahwa 1 Syawal Tahun 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April 2024 M,” kata Yaqut Cholil Qpumas dalam pernyataan resmi usai sidang isbat di Kemenag di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kemenag RI Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Sedangkan dalam sidang isbat dihadiri pimpinan Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, Dirjen Bimas Islam dan perwakilan Ormas Islam lainnya.

Terkait penentuan hari raya Idhul Fitri 2024 menggunakan dua metode, yakni hisab dan rukyat. Metode tersebut digunakan Pemerintah dan juga Ormas Islam seperti Nahdlatul Ulama (NU).

Bahkan Kemenag RI menggunakan gabungan antara metode hisab dan rukyat dengan mengacu pada kriteria (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) yang kemudian ditetapkan melalui sidang isbat.

Sementara dengan ditetapkannya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H jatuh pada Rabu, maka Lebaran 2024 antara Pemerintah dan Muhammadiyah, berbarengan atau sama. © RED/PBK/THONIE AG/EDITOR : GOES

Related posts

Libur Panjang & Cuti Bersama, DIPREDIKSI SEJUTA KENDARAAN Bakal Meninggalkan Jabodetabek

Suhu Sepekan Terakhir 37,8°C, BMKG Beri Info & Pastikan Indonesia Justru Tidak Diterjang Gelombang Panas

Arab Saudi Keluarkan Fatwa, MENAG & DPR RI Setuju Jamaah Haji Indonesia Harus Gunakan Visa Resmi