Bagi yang Tak Mudik, WARGA JAKARTA Pilih Ajak Keluarga Libur Lebaran ke Kebon Binatang Ragunan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Tak semua warga Jakarta bisa Mudik Lebaran ke kampung halaman masing-masing. Mereka dengan alasan faktor masih kesulitan ekonomi, kemudian memilih tinggal di Jakarta saja. Namun demi membahagiakan keluarga (istri dan anak-anak), kalau sekadar ‘plesiran‘ alias jalan-jalan ke tempat wisata yang ada di Jakarta – masih bisa dilakukan.

Salah satu pilihan terutama bagi warga Jakarta yang tak Mudik Lebaran, justru memilih mengajak keluarga untuk mengunjungi Taman Margasatwa atau lebih dikenal dengan Kebon Bintang (KB) Ragunan yang berlokasi di wilayah selatan Jakarta. Jika tidak menggunakan motor pribadi, warga kelas menengah dan bawah, bisa menggunakan transportasi umum sejenis Busway, Mini Trans JakLinko, Mikrolet maupun Angkot.

Ibu muda bernama Rohana (35 tahun) bersama suami dan ketiga anaknya yang masih kecil-kecil, setiap Lebaran paling bisa ‘plesiran‘ di tempat wisata yang ada di Jakarta. Tujuannya untuk menyenangkan anak-anak, karena memang sebelum Lebaran, mereka minta agar bisa berkunjung ke Kebon Binatang Ragunan.

“Tiap tahun gantian. Kalau tidak ke Taman Impian Jaya Ancol, ya paling ke Taman Mini Indonesia. Di Lebaran 2024 kali ini, giliran berkunjung ke KB Ragunan. Kendaraan umum gampang, tiket masuk murah dan makanan maupun minuman nggak terlalu mahal,” aku perempuan asli Betawi yang bersuamikan pria asal Pemalang itu, lagi.

Hal senada juga diakui Rasdjo (39 tahun) pengunjung KB Ragunan yang diwawancarai POSBERITAKOTA, Sabtu (13/4/2024) sore. Ia bilang datang bersama istri dan kedua anaknya. Kebetulan, kata dia, di Hari Raya Idhul Fitri 1445 H tak Mudik ke Kebumen, Jawa Tengah.

“Tak pulang ke kampung halaman, karena sebulan lalu sudah ketemu orangtua. Selain itu, keluarga saya memang lagi banyak kebutuhan. Sebab untuk pulang kampung, ongkos bolak-baliknya, bisa Rp 2 jutaan lebih. Belum lagi untuk kebutuhan lainnya,” ucap Rasdjo yang bekerja di perusahaan percetakan tersebut.

Sementara itu Ismail (45 tahun), warga Babelan (Bekasi), juga mengunjungi KB Ragunan, saat libur Lebaran keempat. Ia bersama keluarga, tiba pukul 11.00 WIB. Pulangnya sekitar pukul 16.00 WIB. “Ya, kebetulan istri dan anak-anak, kepengen plesiran ke KB Ragunan,” katanya kepada POSBERITAKOTA.

Mayoritas pengunjung di KB Ragunan berdatangan antara pukul 10.00 atau 12.00 WIB. Mereka keliling wahana yang dihuni beraneka ragam hewan. Mulai dari ular, kuda, orang hutan, buaya sampai gajah dan banyak lagi. Tak sedikit pengunjung yang berbagi makanan ke hewan-hewan yang mereka sukai.

Menurut petugas keamanan di KB Ragunan situasinya cukup tertib dan aman. Pengunjung di hari pertama dan kedua Lebaran pada Rabu – Kamis (10 dan 11 April) bisa mencapai 25.000 – 75.000 orang. Sedangkan untuk libur Jumat dan Sabtu (12 dan 13 April) meningkat lagi jumlah pengunjungnya, antara 50.000 – 100.000 orang.

Bisa jadi untuk hari Minggu dan Senin (14 dan 15 April) besok, bakal semakin membludak. Sebab, Selasa (17/4/2024) mendatang, anak- anak sudah harus masuk sekolah lagi. © RED/PBK/AGUS SANTOSA

Related posts

Sebagai Kewajiban Pengembang, HERU BUDI Ingatkan Fasos – Fasum Triwulan I Agar Percepat Penyelesaian ke Pemprov DKI

Ramalan BMKG Harus Direspon, POLITISI KEBON SIRIH Desak Dinas LH Antisipasi Polusi Udara Jelang Puncak Kemarau

Canangkan Kampung Siaga, PJ GUBERNUR DKI HERU BUDI Minta & Muncul Kesadaran Bersama Tanggulangi TBC