PosBeritaKota.com
Nasional

Jelang Dimulainya Panen Padi, WARGA DESA TENAJAR KIDUL INDRAMAYU Rutin Gelar & Lestarikan Upacara Adat Mapag Sri

INDRAMAYU (POSBERITAKOTA) – Warga masyarakat Desa Tenajar Kidul, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terus berupaya melestarikan upacara adat Mapag Sri yang dilaksanakan setahun sekali menjelang dimulainya panen padi.
Upacara adat Mapag Sri tahun 2024 ini digelar Rabu (24/4/2024).

Sejumlah tokoh masyarakat baik pria maupun wanita serta aparat Pemerintah Kecamatan dan Desa Tenajar Kidul hadir di Aula Kantor Kepala Desa (Kuwu) Tenajar Kidul, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu.

Kegiatan itu dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat khususnya para petani kepada Tuhan Yang Maha Esa karena tanaman padi sebagai sumber mata pencaharian mereka sebentar lagi akan dipanen.

Sebelum waktu panen padi dimulai, masyarakat dikoordinir Pemerintah Desa Tenajar Kidul menggelar upacara adat Mapag Sri dengan menampilkan hiburan Wayang Purwa (Wayang Kulit) Tunggal Budaya dengan Dalang Ki Anom Ato Saputra.

Camat Kertasemaya, Ade Sukma Wibowo bersama jajaran aparat Pemerintah Kecamatan Kertasemaya tampak hadir di tengah-tengah Kepala Desa, Perangkat Desa, Tokoh Tani dan Tokoh Masyarakat. Mereka duduk lesehan di alas plastik menghadap panggung Wayang Kulit Tunggal Budaya.

Upacara adat Mapag Sri di Desa Tenajar Kidul diawali doa bersama, dipimpin ulama atau tokoh masyarakat setempat dilanjutkan sambutan-sambutan dan tak lama terdengar irama gamelan wayang kulit.

Para tamu dan undangan yang hadir sempat mencicipi hidangan nasi tumpeng yang disediakan panitia. Nasi tumpeng dengan lauk ayam panggang, rumbah, tahu dan tempe goreng dan aneka sayuran itu disantap bersama-sama di Aula Kantor Desa Tenajar Kidul.

“Ini merupakan kegiatan adat masyarakat, khususnya yang ada di Desa Tenajar Kidul. Setiap tahun menjelang masa panen padi masyarakat dikoordinir Kepala Desa atau Kuwu menyelenggarakan upacara adat Mapag Sri,” ujar Camat Kertasemaya, Ade Sukma Wibowo kepada POSBERITAKOTA.

Dikatakan dia bahwa maksud diselenggarakannya upacara adat Mapag Sri ini sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat khususnya para petani yang telah menanam padi dan sebentar lagi akan dipanen. Diharapkan hasil panennya maksimal.

“Mudah-mudahan hasil panen padi maksimal, sehingga kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,” ujar Camat Ade Sukma.

Selain Pemerintah Desa Tenajar Kidul, upacara adat Mapag Sri itu juga diselenggarakan oleh Pemerintah Desa lain di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. © RED/TARYANI

Related posts

Pilkades Serentak, KAPOLRES SERANG Minta Fungsikan Deteksi Dini

Redaksi Posberitakota

Diusulkan Kemensos, GUS DUR Berpeluang Menerima Gelar Pahlawan Nasional

Redaksi Posberitakota

TIAP HARI JUMAT SELAMA RAMADHAN, HKTI PEDULI BERBAGI 250 PAKET TAKJIL & NASI KOTAK UNTUK WARGA KURANG MAMPU

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang