PosBeritaKota.com
Megapolitan

Ketua Komisi D DPRD DKI, IDA MAHMUDAH Menilai Pencapaian Kinerja OPD di Tahun 2023 Ada Kemajuan Dibanding Sebelumnya

BOGOR (POSBERITAKOTA) – Dalam pencapaian kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi mitra kerja di tahun 2023 lalu, ternyata ada kemajuan dibandingkan sebelumnya. Salah satunya melalui kinerja jajaran Dinas Lingkungan Hidup (LH) bersama stakeholders, terkait atas prestasi Adipura untuk 5 Wilayah Kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Penilaian tersebut diungkapkan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah, disela-sela Rapat Kerja Pembahasan LKPJ (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono di Grand Cempaka Megamendung, Cipayung, Bogor, Sabtu (27/4/2024).

“Untuk penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI tersebut, diberikan terkait dengan penanganan sampah dari sumber,” katanya, menambahkan.

Selanjutnya, diingatkan Ida, atas pencapaian kinerja dan prestasi bagus yang sudah diraih oleh OPD mitra kerja, justru harus menjadi motivasi sekaligus penyemangat agar kedepan dapat lebih baik lagi.

“Makanya, saya ingatkan semua untuk terus memberikan kinerja terbaik. Termasuk masalah sampah dan saya ingin pembangunan Refuse Derived Fuel (RDF) skala perkotaan yang sudah dianggarkan tahun ini bisa direalisasikan sesuai target,” harapnya.

Di sisi lain lagi, Ida juga menambahkan bahwa Komisi D selalu mendorong agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bisa menyelesaikan masalah sampah melalui sistem pengelolaan dan pengolahan sampah kawasan atau skala perkotaan. Artinya supaya tidak terlalu bergantung lagi kepada Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang di Bekasi, Jawa Barat.

Nah, kalau sampah ini bisa diselesaikan langsung di Jakarta, tentu bakal jauh lebih efektif dan efisien. Maksudnya mulai dari bisa mengurangi kemacetan hingga meminimalisir biaya yang dikeluarkan,” paparnya.

Tak lupa Ida mengingatkan bahwa agar pencapaian kinerja lebih terukur, mitra kerja di Komisi D yang membidangi pembangunan diminta untuk membuat laporan progres pencapaian yang sudah dilakukan. “Tentu semua ada target yang dituju. Kami di Komisi D dan semua OPD, pasti berharap semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata dia, lagi.

Ida mengungkapkan bahwa dengan adanya pelaporan progres tersebut, kita juga bisa mengetahui jika ada kendala-kendala di lapangan untuk bisa dicarikan solusi bersama.

“Kemarin, saat pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban atau LKPJ Tahun 2023 tiap OPD mitra kerja di Komisi D sudah saya minta menyampaikan contoh laporan. Contohnya, Dinas Sumber Daya Air itu juga sudah membuat,” terang dia.

Dikatakan bahwa terkait dengan tindak lanjut dari hasil Reses masih perlu menjadi perhatian karena merupakan aspirasi dan kebutuhan riil warga yang disampaikan secara langsung kepada Legislator DPRD DKI Jakarta.

Kemudian, identik halnya dengan Reses, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang secara faktual sudah dibahas mulai dari tingkat RT/RW hingga provinsi. Namun ada yang bisa direalisasikan maupun tidak diakomodir.

“Hal ini juga menjadi catatan kami agar semua OPD bisa menyampaikan laporan terkait Reses dan Musrenbang yang bisa dan tidak diakomodir. Nah, kalau tidak bisa, alasannya apa?” Begitu tanya.

Sementara yang tidak kalah penting,   diungkapka Ida, Komisi D menginginkan agar Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat dapat difungsikan untuk menjawab kebutuhan hunian bagi warga Jakarta.

“Namun berdasarkan data dari Kementerian PUPR di tahun 2023 itu kan backlog hunian di Jakarta mencapai 1,3 juta atau 10,3 persen. Kami ingin agar Wisma Atlet, bisa menjadi salah satu solusi hunian yang layak bagi warga Jakarta,” tutupnya. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Masak Kalah dari JIS, PENGAMAT PERKOTAAN ‘SGY’ Ingatkan Agar Proyek ITF Sunter Jangan Sampai Mandeg

Redaksi Posberitakota

Di Tangerang, ADA 5 PERPUSTAKAAN ‘Mati Suri’ Kini Digiatkan Lagi

Redaksi Posberitakota

Kuras Dana Sebesar Rp 2 Triliun, ANIES Resmikan Sejumlah Fasilitas Lembaga Pendidikan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang