29.1 C
Jakarta
26 June 2024 - 11:15
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Selain Meresmikan Kebun Hidroponik, BANK DKI Serahkan  Bantuan Pendidikan ke Penyandang Cerebral Palsy di YPAC Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dukungan terhadap tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals, tak kendor terus dilakukan secara konsisten oleh Bank DKI. Langkah tersebut dibuktikan melalui perwujudan 2 program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang sekaligus meresmikan Kebun Hidroponik di Rusunawa Pasar Rebo, Jakarta Timur dan Bantuan Pendidikan Bagi Penyandang Cerebral Palsy di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Jakarta.

Tentang program CSR Kebun Hidroponik di Rusunawa Pasar Rebo, juga merupakan kelanjutan dari Program Tanggung Jawab Sosial (TJSL) Bank DKI di bidang lingkungan yaitu Jakarta Koperasi Hidroponik (JAKONIK). Demikian diutarakan Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono lewat keterangan tertulis, Selasa (30/4/2024) kemarin di Jakarta.

Menurut Amirul bahwa melalui Program Kebun Hidroponik di Rusunawa Pasar Rebo, Jakarta Timur menjadi upaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, yakni melalui peningkatan ketahanan pangan berbasis lingkungan di sekitar tempat tinggal.

“Dalam hal ini, Bank DKI mendukung pembangunan Kebun Hidroponik secara teknis hingga pembinaan. Tujuannya agar masyarakat dapat berperan aktif dalam mengoptimalkan lahan pekarangan menjadi perkebunan dengan tanaman konsumsi produktif yang sehat,” jelas Amirul, menambahkan.

Perlu sebagai tambahan informasi bahwa Program Kebun Hidroponik Bank DKI merupakan salah satu program TJSL yang secara konsisten dilaksanakan sejak tahun 2017. Bahkan, program itu merupakan hasil kolaborasi Bank DKI bersama sejumlah komunitas warga Rusun. 

Namun, sebelumnya program TJSL Kebun Hidroponik Bank DKI telah diimplementasikan di 9 (sembilan) Rusun, yakni Rusun Jatinegara Kaum, KS Tubun, Jatirawasari, Daan Mogot, Cipinang Besar, Pondok Bambu, Tipar Cakung, Tambora Tower serta Pulo Gebang.

Untuk seluruh program Kebun Hidroponik tersebut terintegrasi menjadi Program Jakarta Koperasi Hidroponik yang berpusat di Rusunawa Pulo Gebang, Jakarta Timur pada tahun 2022 lalu.

Disamping melaksanakan peresmian program TJSL Kebun Hidroponik di Rusunawa Pasar Rebo. Pada saat yang bersamaan Bank DKI juga menyerahkan bantuan dana pendidikan kepada anak-anak penyandang Cerebral Palsy yang berada di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Jakarta.

Masih terkait bantuan tersebut, diterima langsung oleh Lukitaningsih selaku Sekretaris dari YPAC Jakarta. Pemberian bantuan dana pendidikan ini menjadi bentuk perhatian dan dukungan Bank DKI di bidang pendidikan, serta memberikan kesempatan bagi anak-anak penyandang Cerebral Palsy di Jakarta dan sekitarnya, yang bertujuan untuk meraih kualitas pendidikan yang lebih tinggi.

Pada kesempatan yang berbeda Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, mengutarakan bahwa Program CSR Kebun Hidroponik, serta Bantuan Dana Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas merupakan bagian dari Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) PT Bank DKI yang dilaksanakan pada tahun 2024.

“Jadi, program TJSL yang dilakukan Bank DKI ini merupakan bentuk upaya perusahaan dalam penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG), mengingat peranan Bank DKI bukan hanya sebagai entitas bisnis, namun juga memberikan nilai tambah bagi perkembangan Kota Jakarta dan warganya secara berkelanjutan,” kata Arie, mengakhiri. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Ketemu Imam Besar Masjid Istiqlal, PJ GUBENUR DKI HERU BUDI HARTONO Bahas Umat Beragama di Ibukota

Redaksi Posberitakota

Didirikan Pos Terpadu, TERMINAL KAMPUNG RAMBUTAN Jamin Beri Pelayanan Terbaik bagi Pemudik

Redaksi Posberitakota

Dapat Apresiasi Anies, KAFILAH DKI Raih Juara Umum MTQ XXVII di Medan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang