PosBeritaKota.com
Megapolitan

Raih Provinsi Terbaik dari Bappenas, DKI JAKARTA Kembangkan Inovasi Demi Wujudkan Kota Berketahanan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pencapaian terbaik dengan meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024 kategori Provinsi Terbaik dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI diraih oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Sedangkan penghargaan itu sendiri diberikan bagi daerah yang menyusun perencanaan berkualitas dan mencapai target pembangunan daerah dengan baik.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono menerima langsung penghargaan tersebut dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2024). Pemprov DKI Jakarta menerima penghargaan atas upayanya dalam meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi.

Dikatakan Heru Budi bahwa penghargaan yang diterimanya sebagai wujud komitmen Pemprov DKI agar terus dapat menyusun perencanaan dan melaksanakan pembangunan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kota. Karena itulah, pihaknya mengapresiasi seluruh jajaran yang telah bersinergi bersama dalam merancang strategi dan kebijakan untuk mendorong Jakarta menjadi kota berketahanan yang berdaya saing global dan mencapai sasaran pembangunan daerah yang mendukung pembangunan nasional.

“Tentunya ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi hari ini, dimana menegaskan bahwa sinkronisasi menjadi kunci dalam mewujudkan rencana kerja pemerintah pusat yang juga didukung pemerintah daerah. Pembangunan yang dilakukan pemerintah pusat dan daerah dapat dilakukan secara berkelanjutan dan hasilnya benar-benar bisa dirasakan oleh rakyat,” tegas Heru Budi.

Menurutnya bahwa capaian hasil pembangunan Pemprov DKI Jakarta sepanjang tahun 2023 berfokus dalam beberapa prioritas, seperti transportasi, penanggulangan banjir, penanganan stunting, kemiskinan dan peningkatan indeks demokrasi. Dalam penilaian PPD 2024 ini, Pemprov DKI Jakarta mengajukan program dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta yang berinovasi menghadirkan ’Gerai Memulai Usaha’.

Namun untuk inovasi tersebut berguna untuk memberikan kepastian kepada masyarakat pelaku usaha dalam perizinan berusaha. Pelayanan meliputi pendampingan dan konsultasi yang diberikan kepada pelaku usaha, mulai dari pengajuan hingga izinnya terbit. Gerai Memulai Usaha terdapat di kantor DPMPTSP baik tingkat kelurahan, kecamatan, kota, maupun provinsi, termasuk sarana publik seperti stasiun MRT, pasar dan mall yang ada di DKI Jakarta.

Sementara itu Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa, mengatakan bahwa penilaian penghargaan pembangunan daerah tersebut terdiri dari dua tahap. Untuk tahap pertama adalah penilaian dokumen perencanaan dan dokumen inovasi daerah. Tahap kedua dilakukan wawancara dan verifikasi melalui forum grup diskusi dan kunjungan lapangan.

“Melalui penghargaan ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah bekerja dengan baik dalam pembangunan daerah,” tutup Suharso Monoarfa. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Anies Resmikan 32 TPA & SPS Negeri, PEMPROV DKI Fokus Tingkatkan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini

Redaksi Posberitakota

Batal Jaring Wagub DKI, WAKIL KETUA DPD GERINDRA Bantah Isu Tak Mesra Hubungan dengan PKS

Redaksi Posberitakota

Beri Bantuan ke Panti Asuhan, HERU BUDI Berharap Semangat Paskah Harus Jadi Motivasi Pengabdian Bagi Masyarakat

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang