PosBeritaKota.com
Megapolitan

Menuju Kota Global, SEKDA JOKO AGUS Tegaskan Pendidikan Ciptakan SDM Unggul untuk Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono membuka Seminar Internasional ’Jakarta: Kota Global Menuju Indonesia Emas’ yang diselenggarakan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta, Selasa (14/5/2024) di Balai Agung, Balaikota, Jakarta.

Dalam pelaksanaan seminar tersebut, diisi oleh narasumber dari dalam dan luar negeri yang membahas beragam tantangan serta peluang untuk memajukan pendidikan ditengah Jakarta yang sedang dipersiapkan menjadi Kota Global.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Joko menegaskan bahwa dunia pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di tengah perkembangan teknologi dan informasi. Sehingga, seminar tersebut penting untuk merumuskan kebijakan dalam menciptakan SDM berkualitas.

“Seminar ini turut memberikan kontribusi yang sangat berharga untuk meredefinisikan atau mentransformasikan layanan pendidikan, khususnya di Kota Jakarta agar setara dengan kota-kota maju di dunia. Seminar ini adalah ikhtiar yang akan bermuara pada terciptanya SDM yang berkualitas,” kata Sekda DKI Jakarta.

Joko Agus melanjutkan bahwa sesuai amanat Undang-undang (UU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Daerah Khusus Jakarta (DKJ), SDM unggul diperlukan untuk mempersiapkan Jakarta sebagai kota bisnis berskala global dan Indonesia Emas 2045.

“Tanpa SDM yang unggul, maka kita tidak bisa mencapai apa yang dicita-citakan dalam UU No 2 Tahun 2024, yaitu menjadikan Jakarta sebagai kota bisnis yang berskala global. Kemudian mempersiapkan sarana dan prasarana, serta anggaran yang efektif, efisien, dan ekonomis,” ujarnya.

Dikatakan Joko Agus dari situ diperlukan kompetensi, kreativitas, dan konektivitas untuk menciptakan SDM unggul. Untuk itu, ia ingin sekolah di Jakarta dapat membina peserta didik agar memiliki kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja, seperti menciptakan kurikulum pendidikan yang disesuaikan untuk dunia kerja dan menjalin hubungan baik dengan perusahaan calon dunia kerja.

Lebih jauh Joko Agus mengingatkan, terdapat tiga hal penting dalam membangun Jakarta sebagai Kota Global yang memprioritaskan peningkatan kualitas hidup warga. Pertama, menjadikan kota layak huni yang mencakup aspek perumahan hingga kesehatan warga. Kedua, memperhatikan aspek lingkungan yang mencakup pengolahan sampah, sanitasi, dan air limbah. Ketiga, melengkapi aspek aksesibilitas yang mencakup pembangunan transportasi umum dan jalan. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Emak-emak Sumringah, FERI FARHATI Hadir di Gebyar Posyandu Cempaka Putih Barat

Redaksi Posberitakota

Saat IWO Gelar FGD, PJ WALIKOTA R GANI Nyadar Kalau Kota Bekasi Masih Belum Ramah bagi Kaum Disabilitas

Redaksi Posberitakota

Gairahkan Minat Baca, DINAS PUSIP DKI Gelar ‘Festival Literasi Jakarta 2023’ di Taman Ismail Marzuki

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang