Selain Gratis Masuk Ancol, SERBA-SERBI HUT KE-497 DKI Bakal Dimeriahkan Jakarta Internasional Marathon

JAKARTA (POSBERITAKOTA – Semaraknya HUT ke-496 Kota Jakarta bakal memanjakan warganya lewat sejumlah kegiatan. Tak cuma bakal menggratiskan masuk ke kawasan Taman Impian Jaya Ancol (TIJA), tapi juga beragam acara menarik lainnya dan termasuk gelaran Jakarta Internasional Marathon.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI, Joko Agus Setyono kepada media di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakpus, seusai mendampingi Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di acara pencanangan HUT ke-497 Kota Jakarta yang sudah dimulai sejak Minggu (19/5/2024).

“Dalam hal ini, Pemprov DKI Jakarta bersinergi dengan berbagai pihak dalam menghadirkan beragam kegiatan menarik sebagai rangkaian HUT ke-497 Kota Jakarta. Maka itu, marilah bersama-sama kita meriahkan peringatan HUT Kota Jakarta 2024 dan dukung kota ini menjadi Kota Global,” ucap Sekda DKI Jakarta yang dikenal kurang care terhadap wartawan peliput Balaikota Pemprov/DPRD DKI Jakarta tersebut.

Menurut Joko Agus guna menyongsong Jakarta sebagai Kota Global, Pemprov DKI Jakarta juga bakal menghadirkan ajang Jakarta International Marathon (Jakim) pada 23 Juni 2024 memdatang. Kegiatan ini dihadirkan sebagai upaya meningkatkan peran kota sport tourism di Jakarta.

Ditambahkan bahwa pada kegiatan tersebut, jumlah peserta ditargetkan mencapai 15.000 pelari. Baik itu dari dalam maupun luar negeri dengan total hadiah sekitar Rp 3 miliar serta grand prize rumah untuk peserta khusus Warga Negara Indonesia (WNI) yang berhasil memecahkan rekor marathon.

Sedangkan untuk kategori yang dilombakan, yaitu Marathon (42,195K), Half Marathon (21,0975K) dan 10K. Para peserta akan lari dari silang Barat Laut Monas dan finishnya di Stadion Utama GBK.

Pada bagian lain lagi, dijelaskan Joko Agus, ada pula Kite Festival di Plaza Lagoon Ancol, Jakarta International Java Jazz (24-26 Mei 2024), acara ‘Gowes’ yang diikuti para guru di Jakarta (25 Mei 2024), Jakarta Sky Fun Run di atas koridor 13 Transjakarta (26 Mei 2024), Ekspo Pendidikan di Plaza Selatan Monas (27 Mei 2024), serta Kejuaraan Olahraga bagi Penyandang Tunadaksa dan Tunanetra di GOR Soemantri Brodjonegoro (28-29 Mei 2024).

Belum lagu kegiatan pasar kreatif UMKM yang dikurasi oleh Tim Semasa (Semasa Piknik di Lapangan Banteng) berisi aneka kuliner, fashion, kerajinan tangan, area bermain dan piknik, serta mini live music akan digelar pada 31 Mei-2 Juni 2024. Pembebasan biaya masuk Ancol Taman Impian juga diberlakukan untuk seluruh warga di Jakarta (1-21 Juni 2024).

Untuk konser musik ‘Wonders of Jakarta‘ di Ecopark Ancol (22 Juni 2024), Festival Jakarta Great Sale di 94 Pusat Perbelanjaan Jakarta (5 Juni-10 Juli 2024), Jakreatifest di Mall Kota Kasablanka (7-9 Juni 2024), hingga acara rutin yang diadakan Pemprov DKI Jakarta, seperti Upacara Peringatan HUT ke-497 Kota Jakarta, Ziarah Taman Makam Pahlawan dan Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta.

“Bukan hanya itu saja. Bakal ada juga Lomba Fotografi ‘Color of Jakarta 2024’, Gebyar Seni Budaya Betawi di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Khitanan Massal, Jakarta Light Festival di Taman Fatahillah, Festival Sastra Jakarta di Perpustakaan Jakarta, Funwalk Jakarta Berjaga, dan Turnamen Woodball Jakarta Piala Gubernur,” terang Joko Agus.

Dalam acara tahunan Jakarta Fair di JIExpo Kemayoran juga kembali dihadirkan (12 Juni-14 Juli 2024), Pekan Olahraga JIEP 2024, Festival DKJ (14 Juni 2024), Harvesting Ceremony Gernas oleh BBI dan BBW (Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia) Provinsi DKI Jakarta (21-23 Juni 2024), Jamming at Station: Edisi HUT DKI Jakarta di Stasiun MRT, Bazar UKM Tingkat Provinsi di berbagai pusat perbelanjaan, hingga acara puncak ‘Malam Jaya Raya‘ yang akan menampilkan beragam hiburan di Monas pada 22 Juni 2024.

Sementara itu untuk informasi lebih lanjut seputar rangkaian acara HUT ke-497 Kota Jakarta, masyarakat dapat memantau media sosial Instagram Pemprov DKI Jakarta @dkijakarta dan Tiktok @jakartakotakita. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Digelar Sebelum Azan Shubuh, SENATOR DKI DAILAMI FIRDAUS Kritik Pedas Event ‘BTN JAKIM 2024’ karena Abaikan Fundamental Waktu Ibadah

Jaring Peserta 15 Ribu Pelari, BTN JAKIM 2024 Sukses Digelar Untuk Memeriahkan HUT ke-497 Kota Jakarta

PR Pemprov, KETUA DPRD DKI PRASETIO EDI Nilai Banyak Kemajuan tapi Soal Kemacetan Lalulintas & Banjir Harus Dituntaskan