23.5 C
Jakarta
16 June 2024 - 07:42
PosBeritaKota.com
Business

Potensi Pasarnya di Asia Tenggara, BDDC Dorong Pembentukan Lanskap Bisnis & Revolusi Digital

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Patut diketahui bahwa Indonesia turut berperan penting, terutama di dalam ekonomi digital global. Dan, karena itulah yang membuat data center ikut berperan besar dalam transformasi tersebut.

Bahkan seiring bertambahnya ketergantungan bisnis dan konsumen pada teknologi digital, permintaan atas infrastruktur data yang kuat, dapat terukur dan aman juga meningkat secara tajam.

Sedangkan lokasi geografis strategis Indonesia dan populasi yang terbiasa dengan teknologi membuatnya menjadi pusat ideal untuk data center yang ingin memanfaatkan potensi pasar digital Asia Tenggara.

“Kita berada di pusat revolusi digital. Dengan berkembangnya ekonomi digital, kebutuhan infrastruktur data center di Jakarta dan Indonesia yang aman dan efisien jadi lebih penting daripada sebelumnya,” kata Direktur Business & Commercial Bersama Digital Data Centers (BDDC) A Yudha Permana, di Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Ditambahkan A Yudha bahwa kehadiran data center yang canggih merupakan keuntungan bagi bisnis lokal berskala besar dan usaha kecil menengah (UKM) yang sudah berkembang.

Namun dengan menyediakan akses data andal dan cepat, fasilitas ini membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi operasional serta berinovasi lebih cepat.

Kendati investasi awal untuk infrastruktur data center biasanya lebih besar ketimbang solusi cloud, manfaat jangka panjangnya bisa dirasakan perusahaan yang membutuhkan kendali penuh atas data dan operasinya. Selain itu, integrasi layanan cloud yang difasilitasi oleh data center lokal memungkinkan untuk meningkatkan kemampuan analitik data.

“Untuk perubahan ini tidak hanya membantu pengambilan keputusan lebih baik, tapi juga menyamakan kedudukan bagi pelaku pasar yang lebih kecil guna bersaing dengan perusahaan yang sudah mapan,” ujar dia.

Selanjutnya, A Yudha memaparkan bahwa pasar data center tier III dan data center tier IV di Indonesia seperti BDDC secara strategis diposisikan untuk pertumbuhan substansial, dengan memanfaatkan kekuatan geografis dan ekonomi untuk memenuhi permintaan layanan digital yang berkembang baik secara lokal maupun regional.

Sejumlah keunggulan BDDC dalam industri data center Indonesia antara lain ialah lokasi strategis. Beberapa data center berposisi di dalam Kota Jakarta, ideal untuk konektivitas domestik dan internasional. Kemudian, pertumbuhan ekonomi digital. Ekspansi layanan digital cepat seperti e-commerce serta komputasi awan didorong oleh ekonomi digital Indonesia yang berkembang.

“Juga, perkembangan teknologi dan kemitraan. Inovasi serta kolaborasi dalam AI (artificial intelligence), big data, dan aplikasi internet of things (IoT) memperkuat infrastruktur teknologi Indonesia,” ujarnya.

Berkaitan dengan itu, data center seperti BDDC memberikan serangkaian manfaat strategis yang dapat mengoptimalkan operasi bisnis.

“Yakni dari sisi skalabilitas, keamanan tingkat tinggi, koneksi yang lebih baik, efisiensi biaya, dan terakhir dari sisi dukungan teknis,” tegas A Yudha, mengakhiri. © RED/AGUS SANTOSA


 

Related posts

Direktur Keuangan & Strategi Bank DKI, ROMMY WIJAYANTO Sabet ‘Indonesia Best CFO Award 2024’

Redaksi Posberitakota

Gandeng Pemprov & OJK BI, BANK DKI Gelar ‘Pesta Rakyat Digital Island’ Guna Tingkatkan Inklusi Serta Literasi Keuangan

Redaksi Posberitakota

Diterima Dirut Amirul Wicaksono, BANK DKI Raih Sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Sistem Manajemen Mutu Audit Internal

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang