PosBeritaKota.com
Megapolitan

Agar Jadi Budaya Bagi Generasi Muda Kita, DISPUSIP DKI Rilis Buku Pemenang Hari Anak Jakarta Membaca

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – .Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta merilis buku dari pemenang lomba menulis Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba), Selasa (21/5/2024) kemarin di Auditorium Lantai 4, Gedung A, Gedung Dispusip DKI Jakarta, Jakarta Timur.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadispusip) Provinsi DKI Jakarta, Firmansyah, karya tulis dari para pemenang yang diterbitkan dalam bentuk buku ini ditujukan sebagai apresiasi dalam memicu semangat anak-anak lainnya agar tertarik dalam dunia menulis. Berbagai upaya dihadirkan untuk memupuk antusiasme anak-anak, orang tua, dan tenaga pendidik agar ikut serta membudayakan kegemaran membaca kepada anak sedini mungkin.

“Terkait buku-buku ini diterbitkan sebagai upaya mendukung pengembangan budaya gemar membaca kepada generasi muda, khususnya anak-anak usia sekolah. Pada acara perilisan buku, kami juga mengundang seluruh sekolah yang siswa-siswinya terpilih menjadi pemenang. Harapannya, anak-anak semakin semangat membaca dan mengembangkannya melalui karya tulis yang baik,” katanya.

Masih menurut Firmansyah pihaknya bersinergi dengan penerbit Hikam Media Utama dalam menerbitkan 21 judul buku dari pemenang lomba menulis. Adapun total awal pemenang lomba menulis di tiga kategori sebanyak 45 tim dan menjadi 39 tim pemenang yang karyanya bersedia untuk diterbitkan.

“Upaya pengembangan literasi khususnya di kalangan generasi muda merupakan kunci dari pembudayaan kegemaran membaca. Selain itu, perkembangan teknologi yang terus berkembang dan hadir secara nyata di seluruh lapisan masyarakat menjadikan perkembangan literasi memiliki dampak yang perlu disertai dengan pengawasan yang memadai,” ucap Firmansyah, lagi.

Namun sebelumnya, pada 2023, Dispusip DKI Jakarta menghadirkan kegiatan Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba) dengan mengusung tema ‘Dari Baca Jadi Karya Untuk Jakarta’. Kegiatan ini mendapatkan apresiasi positif dari generasi muda, khususnya anak-anak usia sekolah untuk meningkatkan minat baca, menulis, dan kreativitas anak melalui berbagai kegiatan. Terdapat 3 (tiga) kategori lomba berdasarkan tingkatan sekolah, yaitu kelompok SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA.

“Langkah pelibatan anak-anak untuk menuangkan ide dan imajinasi mereka pada lomba menulis ini, diharapkan dapat menjadi wadah sekaligus memperkuat keterampilan literasi dasar pada anak,” ujar Firmansyah, mengakhiri. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Bupati Neneng Tak Peka, JALAN RAYA BABELAN Bekasi Dibiarkan Rusak

Redaksi Posberitakota

Mirip Pasar Malam, PEDAGANG Kawasan BKT Beromzet Ratusan Juta

Redaksi Posberitakota

Meski Jajaran Direksi Berganti, PAM JAYA Pastikan Soal Pengakhiran Swastanisasi Air Tidak Berubah

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang