Kampanye Jalan Kaki, PEMPROV DKI Ingin Warga Jakarta Sehat & Perbaikan Kualitas Udara

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Kampaye pembiasaan dengan berjalan jalan kaki, dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai, agar warga masyarakat Jakarta sehat dan kualitas udara pun yang lebih baik.

Juga disebutkan bahwa kampanye tersebut merupakan puncak selebrasi Jakarta Berjaga (Bergerak, Bekerja, Berolahraga dan Bahagia) yang merupakan sinergi antara Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, serta bagian dari rangkaian HUT ke-497 Kota Jakarta.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati, melalui kegiatan tersebut sebagai upaya mendorong masyarakat untuk menjalani gaya hidup sehat melalui kampanye Jakarta Berjaga menuju sumber daya manusia berkualitas sebagai Kota Global.

“Melalui momen ini, kami mengajak seluruh masyarakat untuk menjalani gaya hidup sehat melalui kampanye Jakarta Berjaga. Dan, ini bukan hanya tentang berolahraga, tetapi juga tentang menjaga keseimbangan antara aktivitas fisik dan kebahagiaan,” tegas Ani kepada media, Sabtu (8/6/2024).

Kampanye tersebut secara khusus menargetkan usia produktif untuk melakukan jalan kaki sebanyak 7.500 langkah per hari. Selain itu, para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemprov DKI diwajibkan menjadi pelopor yang disebut sebagai ‘Agent of Change‘ bagi warga Jakarta.

“Jadi dengan mendorong ASN sebagai Agent of Change, kami berharap mereka dapat menjadi contoh bagi masyarakat luas dalam menerapkan gaya hidup sehat dan peduli lingkungan,” ucap Ani, mengakhiri keterangannya.

Seperti diketahui bahwa Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta bersinergi menyelenggarakan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 & Selebrasi Jakarta Berjaga: Integrasi Hebat, Hidup Berkualitas, Minggu, 9 Juni 2024 besok, di Area Parkir Selatan Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta.

Untuk rangkaian acaranya meliputi pameran lingkungan hidup, Funwalk Jakarta Berjaga, gelar wicara, nonton bareng, dan berbagai hiburan. Rencananya, acara ini akan dihadiri oleh Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan lebih dari 5000 peserta serta akan mendapatkan penghargaan MURI untuk memecahkan rekor jalan kaki 7.500 langkah.

Gerakan Jakarta Berjaga bertujuan membentuk kebiasaan berjalan kaki 7.500 langkah per hari selama 14 hari. Hal itu selain membuat hidup lebih sehat, juga dapat berkontribusi terhadap perbaikan kualitas udara.

“Ini merupakan terobosan dari Pemprov DKI Jakarta untuk menyongsong statusnya sebagai kota global. DLH berkomitmen menciptakan lingkungan hidup yang berkualitas agar warganya bisa hidup dengan sehat,” tambah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Asep Kuswanto.

Selanjutnya, ditegaskan Asep Kuswanto, salah satu komitmen DLH dalam menciptakan lingkungan hidup yang berkualitas dengan memperbaiki kualitas udara agar warga bisa melaksanakan aktivitas dengan sehat.

“Langkah-langkahnya sudah ada, Pempov DKI Jakarta mengimplementasikan Strategi Pengendalian Kualitas Udara (SPPU) hingga 2030, termasuk strategi untuk mencapai kesehatan warganya,” ucapnya menambahkan.

Karena itulah, Asep berharap bahwa dengan mengintegrasikan kampanye di kedua bidang ini bisa mencapai hasil yang lebih maksimal untuk kebaikan warga Jakarta. “Sedangkan tujuan kampanye ini, bisa membuat warga Jakarta bergaya hidup sehat dan lebih peduli dengan lingkungan,” pungkasnya. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Sukses Gelar IMF 2024, PEMPROV DKI JAKARTA Berharap Akselerasi Pencapaian Agenda 2030

Total Mencapai 521 Anak, DHARMA WANITA PAM JAYA Melebihi Target Saat Gelar Program Khitanan Massal 2024

Di Pulau Tidung Kep. Seribu, BAZNAS BASIS DKI Panen Perdana Ikan Kerapu Cantang Hasil dari Program ‘Senyum Teluk Jakarta’