Platform Startup yang Fokus Pembayaran Transaksi, QASIR.ID Digandeng BSI Guna Dorong Digitalisasi 24 RIBU UMKM

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sebagai upaya konsistensi mendorong pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) salah satunya tak bisa mengabaikan aspek digital. Kali ini, BSI menggandeng Qasir.id sebagai platform startup yang fokus bergerak dari sisi pembayaran transaksi bagi UMKM.

Menurut Direktur Sales & Distribution BSI, Anton Sukarna, BSI akan berperan memfasilitasi UMKM dalam hal peningkatan skill dan akses permodalan melalui pembiayaan. Sedangkan Qasir.id akan mensinergikan UMKM untuk akses ke perbankan syariah.

Namun untuk kerjasama itu sendiri, nantinya mensinergikan 24 ribu UMKM yang sudah bekerjasama dengan Qasir.id. Tujuannya agar dapat dioptimalisasi memperoleh akses permodalan dari BSI.

“Untuk fokus utama dari kerjasama ini adalah memberikan dukungan bisnis yang lebih luas kepada pelaku UMKM. Langkah ini diharapkan dapat mempercepat digitalisasi UMKM dan meningkatkan efisiensi operasional para pelaku UMKM,” tegas Anton, lagi.

Dijelaskan bahwa sampai dengan posisi Mei 2024, pembiayaan UMKM BSI tumbuh positif mencapai Rp 46,60 triliun, tumbuh 13,41% secara year on year dan mampu menyerap UMKM lebih dari 321 ribu nasabah

Selanjutnya, Anton menekankan bahwa kolaborasi ini juga diharapkan dapat menjadi model kerjasama yang sukses antara institusi keuangan syariah dan penyedia teknologi digital dalam mendukung sektor UMKM.

Hal senada juga dikatakan CEO Qasir.id, Rachmat Anggara. Menurutnya peran Qasir.id akan semakin optimal jika menjalin sinergi dengan stakeholders salah satunya adalah lembaga keuangan semacam, bank.

“Bahkan melalui kerjasama dengan BSI ini, kami sepakat dan komitmen untuk bersama memajukan UMKM melalui manajemen pengelolaan yang baik, transparan dan terukur serta secara langsung memberikan peluang akses permodalan syariah,” kata Anton, mengunci keterangannya. © RED/REL/AGUS SANTOSA

Related posts

Di 2018-2023, BANK DKI Raih Penghargaan ‘The Excellent Performance Bank in 5 Consecutive Years’

Data Center Aman & Andal Pegang Peran Kunci, TRANSFORMASI DIGITAL Merevolusi Industri Keuangan

Banyak Negara Afrika & Asia Justru Gagal, KOMPETISI INOVATOR MUDA 2.0 Harus Bisa Menjawab Tantangan Bonus Demografi 2045 di Indonesia