31.7 C
Jakarta
19 July 2024 - 12:09
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Dampingi Jokowi Buka PRJ Kemayoran 2024, PJ GUBERNUR DKI HERU BUDI Sebut Jakarta Katalisator Ekonomi Indonesia

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Perhelatan akbar tahunan dari Pemprov DKI Jakarta kembali digelar. Bahkan, Rabu (12/6/2024) petang kemarin, sudah resmi dibuka Presiden Jokowi. Tak ketinggalan, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono, ikut mendampingi saat Jakarta Fair 2024 di JIEcpo Kemayoran, Jakarta Pusat, sudah secara resmi dibuka.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengapresiasi terkait penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran 2023 yang ke-55. Ia menyampaikan, Jakarta Fair Kemayoran merupakan event yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat, baik warga Jabodetabek maupun warga dari berbagai wilayah di Indonesia.

Dikatakan Jokowi bahwa event Jakarta Fair Kemayoran dapat menarik minat masyarakat lantaran menyuguhkan berbagai acara, mulai dari berbelanja dengan potongan harga hingga konser musisi tanah air.

“Bahkan, masyarakat bisa mendapatkan hiburan dan berbelanja dengan harga yang terjangkau. Inilah yang menarik dari Jakarta Fair Kemayoran yang sudah diselenggarakan untuk ke-55 kali. Dan tahun lalu dikunjungi lebih dari 6 juta pengunjung. Ini juga sebuah prestasi yang luar biasa,” ucap Jokowi.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menambabkan bahwa Jakarta Fair Kemayoran memiliki sejarah panjang yang mengakar dalam budaya Jakarta. Berawal dari pameran kecil di kawasan Monas, Jakarta Fair kini bertransformasi menjadi ajang pameran modern di Kemayoran serta panggung berbagai produk unggulan Indonesia.

“Sedangkan di tahun 2023, Jakarta Fair Kemayoran telah diikuti oleh 2500 peserta pameran yang terdiri dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah serta pelaku usaha swasta. Dalam waktu 32 hari penyelenggaraan, telah menghasilkan transaksi ekonomi senilai Rp 7,3 triliun, dengan total pengunjung sebanyak 6 juta orang,” terangnya.

Heru Budi juga menjelaskan bahwa di tahun ini Jakarta Fair Kemayoran mengangkat tema ‘Jakarta Fair Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional di Indonesia dan Mampu Bersaing di Pasar Dunia‘. Sejalan dengan tema tersebut, Pj Gubernur Heru Budi menekankan peran Jakarta sebagai katalisator ekonomi Indonesia dan mendukung transformasi menuju Kota Global.

“Berdasarkan laporan Global City Indeks tahun 2023 yang diterbitkan oleh Kearney, Jakarta menduduki peringkat 74 dari 156 kota di dunia. Hal ini menjadi penyemangat Pemprov DKI Jakarta untuk terus berupaya mengoptimalkan potensi kota agar sejajar dengan kota maju lainnya di dunia,” ujar dia.

Maka itu untuk kedepannya, harap Heru Budi, penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran terus menjadi sarana dalam mempromosikan keunggulan dan inovasi industri lokal berkualitas internasional. Ia juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk datang ke Jakarta dan memeriahkan Jakarta Fair Kemayoran 2024.

“Partisipasi perusahaan dan pelaku usaha dari berbagai negara dalam event Jakarta Fair ini juga terbukti nyata memberikan kontribusi pada perekonomian Indonesia dan menciptakan peluang kerja sama internasional,” ujarnya.

Sementara itu Direktur PT Jakarta Internasional Expo Karuna Murdaya, mengutarakan, pihaknya kembali menyelenggarakan event akbar Jakarta Fair Kemayoran 2024, mulai 12 Juni sampai dengan 14 Juli 2024.

“Kita diizinkan merayakan Jakarta Fair Kemayoran 2024 dengan penuh semangat dan menciptakan ajang pameran yang spektakuler untuk promosi perdagangan dan industri kreatif berbagai produk unggulan dari pasar dalam dan luar negeri. Sekaligus, sarana hiburan bagi rakyat Jakarta dan Indonesia serta para peserta dari dalam dan luar negeri,” tutupnya. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Senator DKI Jakarta Prof Dailami Firdaus Tampung Keluhan Soal Modal dan Asuransi dari Pedagang Pasar Klender Jaktim 

Redaksi Posberitakota

Sebagai Upaya Kurangi Kemacetan, DISHUB DKI BERSAMA POLDA METRO JAYA Terapkan Rekayasa Lalu Lintas

Redaksi Posberitakota

Tertibkan Pergub Pengelolaan Pulau, SGY Nilai Anies Tak Antipati Reklamasi Pantai

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang